Percaya Deh! Lombok Adalah Tempat Liburan Yang Nggak Pernah Membosankan!

WISATADILOMBOK.com - Dulu, mungkin orang akan berpikir dua kali sebelum liburan ke Lombok. Selain dulu transportasi ke Lombok itu lumayan susah, destinasi liburan di Lombok ini masih banyak yang belum kenal. Namun semua itu sepertinya banyak berubah setelah lombok mempunyai Bandara Internasional baru di Praya. Lombok semakin ngehits, baik dikalangan traveler Indonesia ataupun turis mancanegara.

Memang Lombok sebagai salah satu pulau terbesar di Provinsi Nusa Tenggara Barat ini terkenal memiliki panorama alam yang indah, dan belum terlalu ramai sesak oleh turis. Di Lombok ini, kalian tidak hanya bisa menemukan pesona bawah laut yang super cantik, pantai eksotis dengan pasir putih halus menawan namun kalian juga bisa menemukan kuliner khas Lombok yang lezat dan nikmat.

Panorama keindahan Pantai di Lombok NTB
Salah Satu keindahan Pantai di Lombok (c) blog.reservasi.com
Nah, destinasi – destinasi liburan di Lombok yang ini tentu akan membuktikan kalau Lombok adalah pulau yang tidak pernah membosankan untuk di kunjungi di Indonesia. Pantas saja, banyak orang yang bilang kalau kalian bisa menemukan Bali di Lombok, namun tidak untuk sebaliknya.

1. Tiga Gili Di Lombok Dengan Pesona Bawah Lautnya Yang Mempesona


Indonesia adalah negara dengan sebagian besar reanya lautan, karena itu wajar jika memiliki kekayaan laut yang luar biasa. Tiga Gili di Lombok adalah satu dari banyak tempat di Indonesia yang yang memiliki pesona bawah laut yang indah.

Selain air laut disekitarnya begitu jernih, Kehidupan bawah laut disekitar tiga gili tadi begitu mengagumkan. Mulai dari berbagai jenis hewan laut, hingga terumbu karang warna-warni yang cantik. Kalian bisa menikmati semuanya dengan berenang, snorkeling atau menyelam di sekitar tiga Gili di Lombok. Tiga gili tadi adalah Gili Trawangan, Gili Meno, Gili Air.

Lokasi Tiga Gili di Lombok ini mudah untuk dijangkau dari Pulau Lombok atau kalian bisa juga sekaligus menginap di Gili Trawangan, pulau terbesarnya. Penyeberangan ke Tiga Gili di Lombok ini bisa dari Senggigi, atau dari Pelabuhan Bangsal.

Disana sudah terdapat agen wisata yang menyediakan layanan paket tur diving atau snorkeling. Dari Bandara Udara Internasional Lombok Praya, kalian bisa menuju Senggigi yang hanya berjarak 45 menit dengan menggunakan taksi atau damri.

2. Nikmati Segarnya Desa Tetebatu, Tempat Dimana Kalian Bisa Berelaksasi Dengan Maksimal!

Tetebatu Rice Terrace (c) lombokpermai.com
Lombok nggak hanya punya pantai, tetapi memiliki tempat yang nyaman yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai dan relaksasi. Salah satunya adalah Desa Tetebatu, sebuah desa indah yang berada di kaki Gunung Rinjani. Disini tentunya kalian bisa mendapatkan pengalaman Lombok yang berbeda dong :D

Bayangkan hamparan sawah yang menghijau hijau, semilir udara yang perlahan menyejukkan kulit, dan segarnya udara khas pegunungan. Selain itu masyarakatnya yang bersahabat, dan suasana sekitar yang masih tenang, menjadikan desa ini cocok untuk kalian yang memang sedang mencari tempat tenang, lengkap dengan pemandangan indah.

Desa Tetebatu Ini berjarak 12 kilometer dari kota Mataram. Untuk bisa sampai ke desa ini, kalian bisa menggunakan bus dari terminal utama Mataram menuju Pemotong. Sesampainya di Pasar Pauk Motong, kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan cidomo, andong khas Lombok. Setelah kira-kira menempuh dua kilometer dan menempuh waktu kurang dari setengah jam kalian akan sampai Desa Tetebatu.

3. Pura Batu Bolong, Pura Di Lombok Dengan Sunsetnya Yang Menawan

Pura Batu Bolong di Senggigi Lombok (c) baliblog.com
Meskipun tidak sebanyak di bali, Lombok ini juga memiliki pura keren yang lokasina di tepi pantai. Pura Batu Bolong yang terletak di dekat Pantai Senggigi ini memang keren karena pemandangan sunsetnya yang menawan. Pura ini berlokasi persis berhadapan dengan Selat Lombok dan Gunung Agung di Bali.

Karena itu Pura Batu Bolong ini menjadi salah satu tempat terbaik untuk melihat sunset di Lombok selain di Pantai Senggigi. Disini kalian bisa menyaksikan keindahan matahari tenggelam perlahan dengan latar belakang siluet Pura Batu Bolong. Keren kan?

Lokasi Pura Batu Bolong ini berada tidak jauh dari Senggigi, paling gampang sih jika menuju ke Pura Batu Bolong dengan dengan kendaraan bermotor. Kunjungilah pura ini menjelang sunset, setelah seharian lelah snorkeling atau diving. Menikmati sunset sembari berelaksasi dan beristirahat tentu akan menyenangkan bukan?

4. Cicipi Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung, Citarasa Khas Lombok


Sudah bukan rahasia kalau Indonesia itu punya kuliner yang kaya akan cita rasa. Lombok adalah salah satu pulau yang melengkapi cita rasa Indonesia yang bervariasi itu. Cita rasa khas lombok yang paling terkenal adalah ayam taliwang. Ayam taliwang ini adalah masakan khas lombok yang terkenal pedas, rasanya unik, dan bumbunya begitu beraroma.

Bumbu pedas yang meresap dengan pas pada daging ayamnya sudah pasti membuat mulut tidak berhenti mengunyah, lidah yang selalu bergoyang hingga keringat bercucuran. Mungkin juga kalian akan berhenti sesekali karena pedasnya begitu bergelora.

Jika masih kurang pedas, kalian juga bisa menambahkan plecing kangkung sebagai hidangan pendamping. Niscaya, kalian akan mendapatkan rasa pedas Lombok yang sesungguhnya! Satu porsi plecing kangkung ini biasannya terdiri dari kangkung yang direbus plus sambal tomat yang terbuat dari racikan cabai rawit, garam, terasi dan tomat. Hemm, tanpa terasa air liur pasti menetes!

Tentunya selain Ayam Taliwang dan Plecing kangkung masih ada banyak sekali kuliner khas Lombok yang unik dan lezat. Antara lain adalah sate bulayak, sate daging sapi dengan bumbu khas suku Sasak, atau nasi balap puyung. Nasi Balap Puyung ini adalah kuliner khas Lombok yang berisi nasi dengan lauk berupa suwiran daging ayam yang diolah bersama cabai, kacang kedelai, taburan udang kering, abon serta belut goreng. Makanan yang satu ini juga lezat dan banyak ditemukan di Desa Puyung, Lombok Tengah.

5. Pantai Selong Belanak, Pantai Asik Untuk Surfing Dan Bersantai

Pantai Selong Belanak (c) noerzakha.com
Mungkin kalian adalah tipe traveler yang suka tantangan. Tenang saja, Lombok ini punya segudang destinasi yang penuh dengan tantangan. Misalnya saja, ada Pantai Selong Belanak di Lombok selatan yang merupakan tempat favorit untuk berlatih surfing! Iya, berselancar dengan ombaknya yang cocok untuk para peselancar pemula hingga yang sudah professional!

Memang Pantai Selong Belanak memiliki ombak yang lebih tenang, dari pada pantai lainnya di Lombok. Karena itu Pantai Selong Belanak ini adalah bikin pantai yang populer di kalangan peselancar pemula. Selain itu lansekap pantai ini juga begitu indah dengan pasirnya yang sehalus tepung.

Garis Pantai Selong Belanak sendiri kurang lebih sepanjang satu kilometer, tekstur pasirnya sehalus tepung, dan suasanaanya yang menyenangkan. Disini kalian juga bisa membeli ikan segar hasil tangkapan dari penduduk setempat yang berprofesi sebagai nelayan.

Pantai Selong Belanak berada di Lombok Selatan, sekitar 60 kilometer dari Kota Mataram. Kalian bisa menggunakan kendaraan umum untuk menuju kesini, namun cara paling mudah adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Alternatifnya, kalian bisa menginap di daerah Kuta yang hanya berjarak 15 menit berkendara dari Pantai Selong Belanak.

***

Mataram adalah tempat paling sempurna untuk mengeksplorasi atraksi kebudayaan Lombok. Dengan sejumlah atraksi untuk dinikmati, Mataram tidak akan berhenti memukau Anda. Merupakan satu lokasi yang menakjubkan, Lombok telah bereputasi sebagai salah satu markah tanah yang paling sering dikunjungi dan keramahtamahan yang luar biasa. 

Menemukan penawaran terbaik telah dipermudah dengan kehadiran agoda.web.id yang menawarkan hotel-hotel murah di Mataram atau daerah mana saja di Lombok. Ekplorasilah daftar penuh akomodasi di Lombok dan temukan pilihan sempurna yang paling cocok dengan Anda. Lihatlah penawaran hotel terfavorit di Mataram dengan memasukkan tanggal perjalanan Anda di kotak pencarian. Klik disini untuk memulai !

Source : Blog Reservasi

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top