41 Tempat Wisata di Lombok yang Lagi Hits

Wisata Lombok - Sejak kemenangan Lombok dalam Kontes Wisata Halal Nasional dan Internasional di tahun 2015 - 2016 secara berturut - turut  kini Lombok menjadi primadona destinasi wisata di bagian Indonesia timur yang bisa dikatakan mengalahkan popularitas Bali. Namun dengan terkenalnya Pulau Lombok melalui Wisata Halal tersebut para wisatawan banyak yang belum mengetahui berapa banyak sih Tempat Wisata di Lombok yang lagi Hits saat ini .? yang mereka ketahui hanya Gili Trawangan, Pantai Kuta, Gunung Rinjani padahal di Pulau Lombok ini begitu banyak destinasi wisata yang bisa di explore. Melalui artikel ini kami akan jabarkan secara lengkap dan detail seluruh Tempat Wisata Lombok yang bisa menjadi pedoman para wisatawan yang ingin liburan di Pulau Lombok.
Objek Wisata di Lombok
Tempat Wisata di Lombok 

Tak Sabaran kan ingin mengetahui secara detail 41 Tempat Wisata di Lombok..? Sebelumnya kita jabarkan dulu pembagian wilayah Pulau Lombok secara administrasi oleh pemerintah setempat yang perlu anda ketahui saat berkunjung ke Lombok.
Pulau Lombok terbagi menjadi 5 wilayah yang di mana setiap wilayah memiliki objek atau tempat wisata yang unik, khas dan menarik. Berikut Pembagian Wilayah dan jumlah Tempat Wisatanya.

  • 11 Tempat Wisata di Lombok Tengah  
  • 9 Tempat Wisata di  Lombok Utara
  • 10 Tempat Wisata di Lombok Barat 
  • 7 Tempat Wisata di Lombok Timur
  • 4 Tempat Wisata di Kota Mataram  

Dengan Penjelasan di atas tentu anda akan tahu mana objek atau tempat wisata yang dekat dengan lokasi anda stay dan mana Tempat Wisata Lombok yang di prioritaskan untuk di kunjungi jika waktu anda sedikit di Pulau Lombok. Dan berikut ini akan kami jabarkan secara detail perwilayah dan tempat wisatanya.

Tempat Wisata Populer di Lombok Tengah 

Wisata Lombok Tengah - Kabupaten Lombok yang memiliki berbagai jenis objek wisata mulai dari Objek wisata Pantai, Budaya dan Air Terjun bayangkan dalam satu kabupaten begitu banyak destinasi yang menarik untuk di kunjungi.
Sebagian Objek Wisata di Kabupaten Lombok Tengah merupakan Tempat Wisata Lombok Dekat Bandara karena Lombok Tengah adalah tempat awal anda menginjakaan kaki di Pulau Lombok jika anda datang ke Lombok menggunakan pesawat karna lokasi Airport Lombok berada di Kabupaten Lombok Tengah.

Bagian selatan wilayah ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia sehingga tidak heran kalau dipenuhi  dengan pantai-pantai cantik  dengan ombak yang menderu. Kamu pun bisa melihat pemandangan garis pantai dan horizon lautan yang tak nampak batasnya dari atas bukit-bukit eksotis. Dan di bagian Utara kabupaten Lombok Tengah berbatasan dengan kaki gunung rinjani yang dimana terdapat wisata alam yang menyejukkan. Lombok Tengah bisa jadi tujuan wisata pilihanmu bagi yang ingin cari tempat liburan yang tidak terlalu ramai dan masih asli lingkungannya.

Foto-foto yang Kamu lihat seliweran di Instagram atau artikel travelling tidak bisa menggambarkan keindahan Tempat Wisata di Lombok Tengah yang sesungguhnya. Untuk bisa merasakan sendiri sensasinya main snorkeling, berselancar, hingga menikmati kehidupan masyarakat lokal di desa-desa tradisional, Lombok Tengah dijamin tidak akan membuat acara wisatamu jadi membosankan.
Berikut 11 Tempat Wisata Lombok Tengah yang akan membuat kamu terkagum dengan keindahannya.

1. Keseruan Liburan di Pantai Kuta Mandalika Lombok Tengah

Pantai Kuta Mandalika
Wisata di Lombok Tengah

Pantai Kuta Mandalika, Lombok Tengah

Wisata Lombok juga dipadati dengan pantai-pantai cantik nan molek. Tak kalah dari pulau Dewasa Bali. Dimana di Lombok Anda juga bisa menemukan pantai Kuta dengan pemandangan menakjubkan. Dinamakan pantai Kuta karena lokasi pantai berada di desa Kuta, Lombok Tengah.
Pantai Kuta adalah Tempat Wisata Lombok Tengah dengan hamparan pasir lembut. Pemandangan alam yang disuguhkan masih asri, dimana pantai dikelilingi dengan pegunungan yang ditumbuhi pepohonan rindang. Sebuah tempat wisata favorit yang pas dipilih untuk refreshing.

Kegiatan di Pantai Kuta Mandalika

Seharian liburan di pantai Kuta dijamin tidak akan membosankan. Banyak kegiatan seru yang bisa dipilih untuk mengisi waktu luang. Misalnya di pagi hari Anda bisa memanfaatkan ombak pantai yang bersahabat untuk berlatih selancar. Anda juga bisa berenang atau snorkerling guna menikmati alam bawah laut Pantai Kuta Mandalika Lombok yang menawan. Pengalaman yang tak kalah seru dengan liburan ke Wisata Lombok Kota Mataram.
Bagi wisatawan disediakan fasilitas penunjang. Seperti tempat persewaan peralatan snorkeling, selancar, atau sewa perahu. Sehingga Anda bisa menyewa perahu untuk menikmati pantai dari sisi lain. Mengapa tidak mencoba berlayar ke tengah laut dan mencoba memancing ikan yang ada di kawasan Tempat Wisata Lombok ini?

Selesai dengan kegiatan berlibur seharian, manjakan diri dengan menikmati sunset di pantai Kuta. Suasana pantai seketika akan menjadi lebih romantis. Menjelang malam Anda pun bisa menikmati hidangan khas pantai di sejumlah warung makan yang bukan. Ada juga homestay nyaman yang bisa dipilih sebagai tempat tinggal. Selagi liburan manjakan diri Anda dengan baik. Kunjungi pula tempat-tempat menarik di kawasan Wisata Lombok Barat, Wisata Lombok Utara, ataupun Wisata Lombok Timur.

Lokasi 

Pantai Kuta Lombok yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah dan di Desa Kuta. Lokasinya sangat mudah untuk di dapati karna letak pantainya ada pinggir jalan raya pariwisata pantai kuta.

Map Pantai Kuta Madalika. 



Akses dari Airport Lombok :

Jarak dari Airport Lombok menuju ke Pantai Kuta adalah 18.8 Km dengan waktu tempuh sekitar 30 menit menggunakan kendaraan. Klik Rute

Wisata di Lombok Tengah

Tiket Masuk : 

Free hanya dikenakan biaya parkir kendaraan. 5000 - 10.000 Rupiah.

Fasilitas Umum :

Di Pantai Kuta Lombok  terapat beberapa fasilitas umum yang bisa di temui dengan mudah antara lain adalah ATM, Mini Market, Restaurant, Masjid, Penyewaan Motor, Penginapan dan Tourism Information. Saat ini juga akan di bangun beberapa Toilet Umum untuk wisatawan.

Fakta Unik : 

Pasir Pantai Kuta Mandalika ini bentuknya seperti Butiran Merica yang menjadikan pantai ini berbeda dengan pantai manapun.

Hotel di Pantai Kuta Lombok :

Untuk Saat ini hotel dan penginapan di Area Pantai Kuta Lombok terbilang lumayan banyak, tersedia dari harga 150.000 sampai 1.000.000 yang layak di tempati wisatawan.
Berikut ini daftar hotel dan penginapan di Pantai Kuta.
  • Jerra Home Stay. Alamat : Jln. Pantai Kuta, Lombok Tengah, NTB, Indonesia, Kuta, Kuta Lombok, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83573. No Telepon : 0819-1708-9129. Harga Mulai dari Rp. 150.000/Malam. Koordinat di sini 
  • Sekar Kuning Bungalow and Restaurant. Alamat : Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83573. No Telepon : 0853-3936-2214. Harga mulai dari Rp. 225.000/Malam. Koordinat di sini.
  • Surfers Inn. Alamat : JL Pantai Kuta, Kuta, Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83573. No Telepon : (0370) 655582. Harga mulai dari Rp. 250.000/Malam. Koordinat di sini. 
  • Segara Anak Hotel. Alamat : Jl. Pariwisata Pantai Kuta, Kuta, Praya Bar., Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83573. No Telepon : (0370) 6158544. Harga mulai dari Rp. 390.000/Malam. Koordinat di sini.
  • Family Beach Hotel. Alamat : Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83573. No Telepon : (0370) 6158618. Harga mulai dari Rp. 400.000/Malam. Koordinat di sini. 
  • Puri Rinjani Bungalows. Alamat : Jl. Pariwisata Pantai Kuta, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83573. No Telepon : (0370) 6154849. Harga mulai dari Rp. 700.000/Malam. Koordinat di sini.
  • Aerotel Tastura Lombok. Alamat : Jl. Raya Pantai Kuta, Kec. Pujut, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83562. No Telepon : (0370) 6155540. Harga mulai dari Rp. 350.000/Malam. Koordinat di sini. 

Lihat Ulasan Wisatawan : Klik disini


2. Pantai Tanjung Aan dan Monumen Alam

Objek Wisata Lombok Tengah
Wisata Lombok Tengah - Tanjung Aan

Wisata Lombok – Objek Wisata Lombok Tengah yang satu ini merupakan pantai yang bersih dengan ombak yang lembut. Ombak di sana cocok untuk berlatih selancar bagi pemula. Pantai Tanjung Aan yang lokasinya lebih jauh dari pantai kuta namun tanjung aan tak pernah sepi di datangi wisatawan. Akses menuju pantai Tanjung Aan tidaklah sulit. Lokasi Pantai Tanjung Aan sendiri hanya 3 km dari Pantai Kuta, Lombok Tengah. Tersedia kendaraan umum yang bisa Anda naiki. Namun, untuk kenyamanan memang dianjurkan menyewa mobil atau motor, sehingga Anda bisa mampir ke obyek wisata menarik lain di kawasan Wisata Lombok Tengah.
Jika pantai Tangsi di kawasan Wisata Lombok Timur memiliki pasir warna pink, maka pantai Tanjung Aan memiliki hamparan pasir dengan butiran seperti merica. Meski demikian tidak mengurangi keseruan liburan anda di pantai Tanjung Aan.
Cobalah untuk snorkeling dan manjakan diri Anda dengan menyaksikan biota laut yang beragam di sana. Untuk peralatan snorkeling sendiri sudah tersedia di tempat persewaan di sekitar pantai. Tentu memberi pengalaman baru bagi anda dan keluarga.

Monumen Alam

Salah satu daya tarik lain di Tanjung Aan yaitu boat trip menuju ke bebatuan karang. Warga setempat menyediakan penyewaan boat menuju bebatuan karang yang indah. Dimana ada sebuah batu karang yang menjulang tinggi tampil mencolok di tengah pantai. Yaitu Monumen alam batu payung yang sukses menarik perhatian para pengunjung.
Monumen alam batu payung ini menjadi salah satu spot foto terbaik di kawasan Wisata Lombok.

Wisata di Lombok Tengah
Objek Wisata Lombok Tengah

Lokasi 

Desa Pengembur, Sengkol, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83573. Bisa melalui Jalan Baru kawasan Madalika dan posisinya di ujung jalan baru.

Map Pantai Tanjung Aan



Akses dari Airport Lombok :

Jarak dari Airport Lombok menuju ke Pantai Tanjung Aan adalah 25.8 Km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit menggunakan kendaraan. Klik Rute

Tiket Masuk : 

Free hanya dikenakan biaya parkir kendaraan. 5000 - 10.000 Rupiah.

Fasilitas Umum : 

Di Pantai Tanjung Aan untuk saat ini masih minim fasilitas umum, fasilitas yang tersedia di Pantai Tanjung Aan adalah beberapa Restoran Lokal, Warung serta beberapa Cafe, Penyewaan Boat Trip,  tak lupa di Pantai ini tersedia Toilet Umum dan tempat Parkir yang Luas.

Fakta Unik : 

Pantai Tanjung Aan pernah masuk dalam penghargaan 10 Pantai Terbaik di Indonesia di situs Tripadvisor.com

Hotel di Pantai Tanjung Aan :

Untuk saat ini Hotel di Area Pantai Tanjung Aan belum tersedia namun wisatawan bisa memilih stay di hotel area Pantai Kuta yang jaraknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Aan.

Lihat Ulasan Wisatawan : Klik disini


3. Berburu Sunset Romnatis di Bukit Merese

Bukit Merese - Wisata di Lombok

Wisata Lombok Tengah - Bukit Merese banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara. Apa daya tarik Bukit Merese? Mungkin Anda sempat bertanya-tanya apa serunya naik bukit sehingga banyak orang datang ke sana.
Bukit Merese termasuk Tempat Wisata Lombok perbukitan yang ramah bagi pemula. Dimana Anda bisa mendaki santai melalui medan yang cukup bersahabat. Hanya dengan berjalan kaki sebentar saja Anda bisa sampai di puncak bukit.
Puncak Bukit Merese seperti sebuah lapangan pandang. Adapun dari atas bukit terlihat pemandangan garis pantai Tanjung Aan. Malah Anda juga bisa melihat monument alam batu payung dari atas bukit. Tak heran jika banyak wisatawan betah bersantai di Bukit Merese. Terlebih karena hijaunya rumput di sana nyaman dan mendukung untuk duduk santai.

Bukit Merese Wisata Lombok Tengah

Berburu Sunset Lombok

Satu hal lain yang menjadi alasan banyak wisatawan mau mendaki Bukit Merese adalah berburu sunset. Tempat wisata di area Lombok Tengah ini termasuk spot terbaik untuk menunggu sunset Lombok yang fenomenal. Dimana Anda bisa mendapati momen romantis nan eksotis. Tentu akan memberi pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi jika Anda menikmatinya bersama orang terkasih.

Karenanya jangan lupa membawa perbekalan Wisata Anda. Jangan lupakan kamera Anda dan dapatkan bidikan gambar terbaik.

Lokasi

Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83573. Aksesnya menelusuri jalan pinggir pantai kuta lombok dan perkampungan.

Map Bukit Merese



Akses dari Airport Lombok :

Jarak dari Airport Lombok menuju ke Parkiran Bukit Merese adalah 25.8 Km dengan waktu tempuh sekitar 44 menit menggunakan kendaraan. Klik Rute

Tiket Masuk : 

Free hanya dikenakan biaya parkir kendaraan. 5000 - 10.000 Rupiah.

Fasilitas Umum : 

Untuk Fasilitas Umum di Bukit Merese sementara tidak tersedia karna Lokasi Bukit Merese berada di perbukitan yang penduduknya masih sepi.

Hotel di Sekitar Bukit Merese :

Untuk saat ini Hotel di Area Bukit Merese belum tersedia namun wisatawan bisa memilih stay di hotel area Pantai Kuta yang jaraknya tidak jauh dari Pantai Tanjung Aan. Dan Info terbaru dekat Area Bukit Merese ada lokasi yang akan siap di bangun hotel berbintang dalam waktu dekat.

Lihat Ulasan Wisatawan : Klik disini


4. Wisata Budaya Lombok di Rumah Adat Sade/Ende

Wisata Budaya Lombok

Wisata Lombok tidak hanya memanjakan Anda dengan pemandangan alam atau wisata pantai. Ada juga wisata budaya yang sangat mengedukasi. Seperti wisata ke rumah adat Sade di desa Sade.
Liburan ke desa Sade di kawasan Wisata Lombok Tengah mengajak Anda belajar budaya Lombok. Budaya di sana masih dijaga dan dilestarikan baik. Dimana salah satunya dibuktikan dengan rumah-rumah adat yang masih berdiri kokoh dan dihuni. Rumah adat Sade dibangun dengan tiang kayu sebagai penyangga dan dinding bambu. Sementara bagian atap menggunakan alang-alang kering dan yang unik adalah lantainya dari Kotoran Kerbau.

Belajar Menenun Kain

Rumah Adat Sade ditinggali orang asli desa Sade dan keturunannya. Penduduk setempat diketahui melakukan perkawinan antar saudara. Sehingga bisa dibilang mereka masih satu keturunan.
Adapun penduduk desa Sade membuat kain tenun dan menjualnya. Kain ditenun secara tradisional diawali dari peoses memintal kapas kering yang dijadikan benang. Agar lebih menarik benang-benang tersebut diwarnai menggunakan bahan alami.
Setiap wisatawan bisa belajar membuat kain tenun menggunakan alat-alat tradisional yang tersedia. Bila ingin membeli kain yang sudah jadi juga banyak pilihan. Namun jangan heran jika harga oleh-oleh khas Wisata Lombok ini mahal. Kain dibandrol tinggi karena memang proses pembuatannya yang cukup lama dan asli menggunakan tangan.

Wisata Suku Sasak Lombok

Lokasi Rumah Adat Sade : 

Desa Rembitan, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83573. Posisinya tepat berada di Pinggir Jalan Raya Kuta Lombok.

Map Rumah Adat Sade :



Akses Dari Airport Lombok :

Desa Adat Sade bisa menjadi tujuan Wisata Lombok yang pertama saat anda tiba di Lombok karna lokasinya yang sangat dekat dari Airport Lombok hanya menempuh waktu 17 menit saja dengan jarak 10.7 KM. Lihat Rute

Tiket Masuk : 

Gratis hanya dikenakan biaya parkir kendaraan. 5000 - 10.000 Rupiah.

Fasilitas Umum :

Di Desa Sade saat ini untuk fasilitas umumnya tersedia yaitu Mini Market, Toilet Umum, Tempat Parkir yang Luas dan beberapa warung - warung kecil milik masyarakat setempat.

Hotel di Dekat Rumah Adat Desa Sade :

Untuk saat ini Hotel di area Objek Wisata Desa Sade belum tersedia namum anda bisa memilih Hotel yang berdekatan dengan Airport Lombok sebagai Alternatifnya. Berikut daftar Hotelnya :
  • D'MAX Hotel dan Convention :  Hotel Bintang  3 yang beralamat di Jl. Raya Bypass BIL Km.2 Penujak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83572. No Telpon :  (0370) 6158888. Harga mulai dari Rp. 480.000/Malam dan Koordinatnya di sini
  • D Praya Hotel : Hotel Bintang 3 yang beralamat di Jalan Raya No.88, Penujak, Praya Barat., Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83572. No Telepon : (0370) 6158555. Harga mulai dari Rp. 420.000/Malam. Koordinatnya disini.
  • Grand Royal BIL Hotel : Hotel Bintang 3 ini beralamat di Jalan Bypass Bandara Internasional Lombok, Batujai, Praya Barat, Batujai, Praya Bar., Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83516. No Telepon : 0370 - 6158666. Harga mulai dari Rp. 410.000/Malam. Koordinat disini. 

Lihat Ulasan Wisatawan : Klik disini


5. Pantai Semeti, Pantai Cantik nan Unik dengan Formasi Batu Karang Kristal

Wisata Lombok Tengah - Pantai Semeti by @dewipuspitasari994

Wisata di Lombok - Lombok memang surganya wisata pantai yang cantik dan masih perawan. Dimana Anda bisa menemukan lautan biru bening dengan pemandangan menyegarkan.
Adapun pantai Semeti menyuguhkan pemandangan yang beda yang tidak akan Anda temukan di pantai-pantai lain. Baik di kawasan Wisata Lombok Barat, Wisata Lombok Timur, Wisata Lombok Utara, atau lainnya. Pantai Semeti tampil unik dengan formasi bebatuan dan karang yang menjulang tinggi. Bebatuan karang di sana tampak berlapis-lapis dan meruncing seperti bebatuan kristal. Ada pula bebatuan karang berbentuk seperti piramida yang seolah timbul dari dasar laut.
Jadi memang tak sama seperti kebanyakan pantai. Anda tidak akan menemukan hamparan pasir. Sejauh mata memandang tampak lautan luas yang dikelilingi dengan tebing karang tinggi. Keberadaan pantai di balik tebing karang setinggi 20 meter pun menunjukkan betapa istimewanya pantai Semeti. Dengan kondisi pantai yang penuh bebatuan terjal akan lebih baik jika Anda melengkapi diri dengan alas kaki anti selip saat mampir ke Destinasi Wisata Lombok yang kekinian ini.

Lokasi Pantai Semeti

Pantai Semeti berada di Jl. Pantai Mawi, Desa Mekar Sari, Selong Belanak, Praya Barat., Kabupaten Lombok Tengah. Jalur yang perlu Anda tempuh cukup terjal dan berliku. Tak perlu khawatir karena perjalanan Anda akan terbayar lunas setibanya di Tempat Wisata Lombok Tengah yang populer ini.
Bagi Anda yang ingin liburan ke pantai Semeti lebih baik memilih kendaraan roda dua. Kondisi menuju pantai sudah cukup bagus tetapi terbilang sempit. Sehingga sekiranya akan lebih mudah dilalui naik sepeda motor. Agar tidak tersesat lebaih baik di temani Local Guide sebagai penujuk arah.

Wisata Lombok - Pantai Semeti by @rudy_rudedz

Map Pantai Semeti : Klik disini

Akses dari Airport Lombok.

Waktu yang di tempuh jika dari Airport Lombok ke Pantai Semeti adalah 53 Menit dengan jarak 27  KM tentunya dengan kendaraan motor atau mobil. Lihat Rute

Tiket Masuk : Gratis hanya dikenakan biaya parkir kendaraan. 5000 - 10.000 Rupiah.

Fasilitas Umum :

Di Pantai Semeti saat ini belum tersedia fasilitas penunjang untuk wisatawan di karenakan Objek Wisata Lombok yang satu ini baru di populerkan dan aksesnya pun yang terbilang cukup dalam dari jalan raya.

Hotel Dekat Pantai Semeti.

Untuk Saat ini Hotel yang berdekatan dengan Pantai Semeti belum ada karna objek wisata lombok yang satu ini yaitu pantai semeti tebilang masih baru.

Lihat Ulasan Wisatawan : Klik disini


6. Desa Sukarara Pusat Kerajinan Tenun di Lombok

Wisata Lombok Tengah - Sukerare by @simayang

Wisata Pulau Lombok Desa Sukarara (Sukarare) merupakan pusat kerajinan tenun di Lombok. Di desa ini Anda akan mendapati banyak toko. Toko-toko tersebut menawarkan produk kain tenun yang dbuat oleh masyarakat setempat.
Ada bermacam kain tenun dengan varian harga berbeda. Menariknya di Desa Sukarara Anda tidak hanya disuguhi produk jadi. Melainkan Anda berkesempatan melihat proses menenun yang dilakukan para wanita desa Sukarara menggunakan alat tradisional. Kesempatan ini tidak akan Anda dapati di tempat lain, baik itu saat Anda berkunjung ke Tempat Wisata Lombok Barat atau lainnya.
Kain tenun yang dibuat di desa Sukarara adalah kain tenun dengan benang emas. Kain ini populer disebut kain songket yang dibuat dengan teknik yang tidak mudah. Proses tenun kain meliputi teknik menambah benang pakan, membuat hiasan dengan cara menyisipkan benang emas, perak, atau warna lainnya. Cocok untuk oleh-oleh khas Wisata di Pulau Lombok.

Desa Sukerare by @indrawati.ds

Kain Tenun Warisan Nenek Moyang

Masyarakat setempat khususnya kaum wanita bekerja sebagai penenun untuk melestarikan budaya. Ada tradisi wanita desa Sukarara belum boleh menikah jika belum pintar menenun. Wajar jika sepanjang jalan area Wisata Lombok Tengah desa Sukarara banyak wanita bisa menenun, mereka melakukannya di teras rumah masing-masing.
Kain tenun dari Desa Sukarara memiliki motif berbeda dengan kain tenun dari daerah lain. Dimana kain songket Desa Sukarara identik dengan motif tokek, rumah adat, dan lumbung. Benang yang digunakan sutera emas, sutera perak, sutera, dan katun. Sebagai pewarna digunakan bahan alami. Seperti biji asam untuk warna cokelat tanah, batang jati untuk warna cokelat muda, kulit manggis untuk warna ungu, dan lainnya.

Lokasi Desa Sukerare 

Kecamatan Jonggat, Kabupaten Lombok Tengah.

Peta Desa Sukerare 



Akses dari Airport Lombok.

Untuk menuju ke Desa Tenun Sukeare dari Airport Lombok hanya membutuhkan waktu sekitar 18 menit saja dengan jarak tempuh 11.8 KM. Klik Rute

Tiket Masuk : Tidak dikenakan biaya apa pun.. Gratis.

Fasilitas Umum : 

Di Desa Sukerare terdapat berapa ATM, Mini Market dan fasilitas umum lainnya.

Fakta Unik : 

Hasil Tenun Para Pengerajin di Tempat Wisata Lombok Desa Sukerare ini banyak di Expor ke beberapa negara bagian Eropa dan pernah mengikuti ajang Fashion Show di mancanegara.

Hotel di Sekitar Tempat Wisata ini : 

Saat ini belum terdapat hotel di area desa sukerare sebagai alternatifnya wisatawan bisa memilih hotel yang dekat dengan Airport Lombok yang sudah di smapaikan di atas.

Ulasan Objek Wisata Desa Sukerare : Klik disini


7. Berburu Air Awet Muda di Air Terjun Benang Kelambu

Wisata Air Terjun Lombok Tengah

Tempat Wisata Lombok Tengah satu ini tak boleh Anda lewatkan. Aliran air terjun dari ketinggian tebing tidak langsung jatuh dihempas ke bawah. Melainkan air mengalir deras melalui celah-celah tanaman yang tumbuh subur di dinding tebing air terjun Benang Kelambu. Tanaman merambat tersebut seperti kelambu atau tirai yang menyelimuti tebing.
Air yang mengalir di air terjun Benang Kelambu diketahui berasal dari Danau Segara Anak, Gunung Rinjani. Karenanya tak heran jika air di sana terasa segar. Warga setempat meyakini mandi di sana dapat membuat awet muda dan bebas dari bermacam penyakit. Pantas jika obyek wisata ini populer dan sejajar dengan beberapa Destinasi Wisata yang ada di Pulau Lombok ini.
Tak jauh dari lokasi air terjun Benang Kelambu, ada pula air terjun dengan pemandangan cantik. Yakni Wisata Lombok Tengah air terjun Benang Stokel yang hanya berjarak 500 meter saja dari air terjun Benang Kelambu. Anda bisa berjalan kaki menuju lokasi.


Akses ke Air Terjun Benang Kelambu


Akses jalan menuju Air Terjun Benang Kelambu sudah beraspal. Meski memang belum bisa dikatakan mulus sekali, tetapi masih mudah dijangkau. Untuk sampai di lokasi Tempat Wisata Lombok Air Terjun Benang Kelambu Anda diajak melewati jalan pedesaan.
Sesekali Anda harus mengikuti jalan yang berliku atau naik-turun. Tetapi dijamin seru karena di kanan dan kiri jalan terdapat hamparan sawah yang menyuguhkan pemandangan menyegarkan. Sebelum tiba di lokasi Anda juga akan mendapati kawasan perkebunan cokelat dan kopi dengan udara sejuk. Jadi sudah tidak sabar untuk refreshing di tempat ini bukan?

Wisata di Lombok Tengah

Lokasi Air Terjun Banang Kelambu : 

Desa Aik Berik, Kecamatan Batukeliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah.

Peta Air Terjun Benang Kelambu. 



Akses Dari Airport Lombok ke Air Terjun Benang Kelambu. 

Jarak tempuh yang akan di lalui untuk menuju Air Terjun Benang Kelambu dari Airport Lombok adalah 36 KM dengan memakan waktu sekitar 1 Jam 2 menit. ( Airport Lombok - Tempat Parkir + Jalan menuju ke lokasi Air Terjun Benang kelambu ). Klik Rute

Tiket Masuk : 

Untuk Tempat Wisata Lombok Tengah yang satu ini Pengelola atau Warga Setempat memberlakukan Tiket Masuk dengan biaya Rp. 10.000 untuk Domestik dan Rp. 15.000 untuk Wisatawan Asing. Tak lupa Biaya Parkir Rp. 5000 untuk kendaraan roda empat.

Fasilitas Umum : 

Di kerenakan Lokasi Air Terjun Ini di pelosok desa dan di tengah hutan untuk fasilitas penunjang wisatawan belum tersedia. sementara ini tersedia. Toilet Umum, Tempat Parkir dan beberapa Warung milik warga setempat.

Fakta Unik : 

Air Terjun ini Airnya bersumber dari Gunung Rinjani dan akan segera di Buka Jalur Pendakian Gunung Rinjani dari daerah Air Terjun Benang Stokel dan Kelambu.

Hotel di Lokasi Air Terjun Benang Kelambu dan Stokel :

Saat ini untuk hotel atau penginapan berbintang di tempat ini belum tersedia namun beberapa warga setempat membuat penginapan/home stay untuk wisatawan yang ingin mendaki gunung rinjani melalui jalur ini.

Ulasan tentang Air Terjun  Benang Kelambu. Klik disini


8. Menjamah Pantai Mawun Lombok

Pantai Mawun Lombok by @marta.j.moreno

Pantai Mawun
Wisata Lombok dan pantai memang tidak bisa dipisahkan. Salah satu pantai indah di Pulau Lombok yakni Pantai Mawun. Pantai yang masih menjadi bagian dari teluk ini memiliki garis pantai seperti tapal kuda. Dimana terdapat bukit-bukti cantik di sisi Barat dan Timur.
Pantai Mawun tampil beda dengan pasir bertekstur kasar dan bercampur pecahan karang. Meski demikian, Pantai Mawun tetap menarik untuk dijamah. Setiap hari pantai ini pun selalu dikunjungi wisatawan. Anda bisa berenang, berjemur, berfoto, atau sekedar bersantai menikmati pemandangan pantai.
Namun, tentu sayang jika hanya bermalas-malasan bukan? Adapun pantai bagian tengah aman untuk berenang. Anda juga bisa bermain air bersama keluarga di bagian tersebut. Setelah puas bermain air Anda bisa mendaki bukit di sisi pantai untuk menikmati pemandangan laut dari ketinggian. Bagaimana sudah tidak sabar ingin mengunjungi Tempat Wisata Lombok ini bukan?

Lokasi Pantai Mawun

Pantai Mawun mudah dijangkau dari pusat kota. Pantai ini berada di 60 km dari Kota Mataram dan relatif dekat dengan Tempat Wisata Lombok lainnya. Kondisi medan menuju pantai cukup nyaman untuk diakses menggunakan kendaraan pribadi.
Tepatnya pantai Mawun berlokasi di desa Tumpak, Lombok Tengah. Untuk fasilitas tersedia area parkir, toilet, penjual kain dan beberapa warung milik warga sekitar. Anda tidak perlu membayar uang masuk untuk bisa menikmati pemandangan indah di kasawan Wisata Lombok Tengah ini.

Pantai Mawun Lombok Tengah by @riyantiaszury

Peta Pantai Mawun Lombok Tengah.



Akses Dari Airport Lombok :

Pantai Mawun adalah Salah Satu Objek Wisata Pantai yang dekat dengan Airport Lombok, hanya berjarak 40 Km saja dari Aiprot Lombok dan waktu yang di tempuh menuju Pantai Mawun hanya 40 menit dengan berkendara.



Tiket Masuk : 
Hanya di kenakan biaya Parkir Rp. 5000 - 10.000/Kendaraan


Fasilitas Umum : 


Tersedia beberapa warung makan, cafe, mushola, toilet umum dan fasilitas umum lainnya.


Fakta Unik Pantai Mawun : 


Ditengah perairan Pantai Mawun terdapat palung yang dalam sehingga di sarankan untuk tidak terlalu dari bibir pantai saat berenang.

Hotel Dekat Pantai Mawun.

Karna Tempat Wisata Lombok yang satu ini tergolong baru sementara Hotel di Lokasi Pantai Mawun Belum tersedia banyak namun ada beberapa Hotel alternatif yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Pantai Mawun.
  • Case Verdi Cottages. Penginapan bintang 3 ini beralamat di Jalan Pariwisata Pantai Mawun-Areguling, Tumpak, Kuta Lombok, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat 83573. No Telepon :  0822-3651-1727. Webiste : https://case-verdi-cottages-kuta.booked.net.  Harga Mulai dari Rp. 350.000/malam. Koordinat disni. 
  • Owa Lodge. Hotel dengan bintang 3 ini beralamat di Tumpak, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83572. No Telepon : 0812-4652-2952. Website : http://www.owa-lombok.com.  Harga mulai dari. Rp. 650.000/Malam. Koordinat disini. 
  • Blue Monkey Villa & Ocean View Restaurant. Hotel bintang 3 ini beralamat di Jl. Pantai Mawun, Tumpak, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83572. No Telepon :  0853-3775-6416. Website : - Harga mulai dari Rp. 1.300.000/Malam. Koordinat di sini. 

Ulasan Wisatawan Tentang Pantai Mawun : Klik disini


9. Pantai Seger dan 4 Spot Menarik

Wisata Pantai Seger Lombok Tengah

Pantai Seger
Tempat Wisata Lombok yang satu ini termasuk pilihan favorit. Pantai ini terdiri dari lautan hijau bening, hamparan pasir panjang, dan perbukitan hijau. Di Pantai Seger Anda juga bisa menemukan karang yang terjaga lestari menambah daya tarik alami.
Kawasan pantai di area Wisata Lombok Tengah ini terbilang luas. Dimana akhirnya pantai Seger dibagi menjadi beberapa spot yang menawarkan keindahan berbeda. Di setiap titik Anda juga akan dimanjakan dengan aktivitas berbeda.

Empat Spot Menarik Pantai Seger

  • Spot pertama ada di sisi utara. Di bagian ini Anda bisa mendapati laut yang jernih dan tenang. Lautan di bagian ini cukup landai, cocok untuk berenang, snorkeling, atau main kano. Anda bisa menemukan monumen Putri Mandalika yang banyak dipilih sebagai spot berfoto yang instagramable.
  • Spot kedua di bagian tengah diapit perbukitan dan ladang. Di sana Anda bisa bersantai di atas pasir putih dan melihat tumpukan batu laut hitam di tengah laut. Tersedia jalan setapak yang mudah dilalui. Spot ini banyak dikunjungi untuk menikmati lautan luas sembari bersantai di gazebo kecil yang sudah disediakan.
  • Spot ketiga merupakan perbukitan yang mudah didaki. Dari atas bukit semua pemandangan pantai Seger nan indah bisa Anda nikmati. Bukti ini nampak landai saat dilihat dari ketinggian dan menyajikan pengalaman seru tak kalah dengan pengalaman liburan ke Tempat Wisata Lombok Utara, Lombok Timur atau Wisata di Lombok Barat.
  • Adapun spot terakhir ada di sisi selatan. Bagian ini memiliki pantai dengen ombak yang sangat cocok untuk berselancar,  Dilokasi bagian selatan ini banyak wisatawan mancanegara yang menghabiskan waktu mereka untuk melakukan aktivitas surfing. Sesekali Anda boleh mencoba bermain surfing di tepat ini. 
Pantai Seger Wisata Lombok


Alamat Pantai Seger


Pantai Seger berada di lokasi yang mudah dijangkau. Yakni desa Sukadene, Kuta, Pujut, Lombok Tengah.

Peta Pantai Seger :


Akses Dari Airport Lombok

Waktu yang di butuhkan untuk menuju ke Pantai Seger dari Airport Lombok adalah 42 Menit dengan Jarak sekitar 25,5 KM.



Tiket Masuk : Untuk Objek Wisata Lombok yang satu ini tidak di kenakan biaya Tiket masuk alias Gratis hanya di kenakan biaya Parkir Kendaraan saja.

Fasilitas Umum : 

Lokasi Pantai yang masih alami dan belum terjamah ini belum terdapat fasilitas umum seperti Toilet, tempat bilas. Hanya tersedia beberapa warung milik warga dan pedagang pernak pernik kerjainan khas Lombok. Namun Untuk fasilitas ATM bisa menggunakan ATM CIMB Niaga yang berlokasi di Hotel Novotel Lombok.

Fakta Unik : 

Setahun sekali di pantai ini diadakan Festival Bau Nyale dan di Pantai ini juga terdapat momen Sejarah Patung Putri Mandalika.

Hotel Dekat Pantai Seger

Saat ini hanya berdiri 1 Hotel saja yang sangat dekat lokasinya dengan Pantai Seger yaitu Hotel Novotel dan tersedia juga 2 Homestay yang jaraknya tidak telalu jauh dari Pantai Seger.
  • Novotel Lombok Resort and Villas : Hotel Bintang 4 ini beralamat di Pantai Putri Nyale, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83001. No Telepon :  (0370) 6153333. Web : www.novotellombok.com Harga mulai dari. Rp. 1.650.000/Malam. Koordinat di sini. 
  • Hery Homestay. Peginapan ini berlokasi di Jl. Mandalika Resort Pantai Putri Nyale, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83573. No Telepon : 0877-6503-2924. Harga mulai dari Rp. 150.000/Malam. Koordinat di sini. 
  • Ujung Indah Homestay. Penginapan yang satu ini beralamat di  Jl. Mandalika Resort Pantai Putri Nyale, Kuta, Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. 83573. No Telepon : - Web - Harga mulai dari Rp. 150.000/Malam. Koordinat di sini.

Ulasan Wisatawan tentang Pantai Seger Lombok : Klik disini


10. Menikmati Pesona Alam di Wisata Alam Gunung Tunak

Wisata Gunung Tunak Lombok by @twagunungtunak

TWA Gunung Tunak
Wisata di Lombok apakah cuma pantai, siapa bilang? Ada taman wisata alam (TWA) Gunung Tunak yang menunggu untuk Anda jamah. Di TWA Gunung Tunak Anda berkesempatan melihat pemandangan yang masih alami.
TWA Gunung Tunak di area Wisata Lombok Tengah sebenarnya lebih mirip dengan sebuah bukit. Dimana Anda tidak perlu bersusah payah mendaki untuk menikmati pemandangan alam di sana. Memasuki TWA Gunung Tunak Anda disambut jalanan setapak yang bisa dijejaki. Jalanan tersebut mengantar Anda melewati hutan menuju hamparan rumput hijau. Karena inilah banyak wisatawan memilih Gunung Tunak sebagai lokasi tracking seru.
Di ketinggian Anda disuguhi pemandangan lengkap. Sejauh mata memandang terdapat hamparan rumput hijau dan lautan biru luas. Pemandangan indah yang tentu tidak akan Anda temukan di pusat kota.

Akses Menuju Gunung Tunak

TWA Gunung Tunak beralamat di dusun Tunak, Mertak, Pujut, Lombok Tengah. Untuk menuju lokasi direkomendasikan naik kendaraan pribadi, baik motor ataupun mobil. Perjalanan Anda tidak membutuhkan waktu lama. Kurang lebih hanya 1,5 jam dari bandara. Sehingga relatif lebih dekat dibanding obyek Wisata di Lombok Barat dan Lombok Utara.

Pantai TWA Tunak by @tarinaminusta

Tiket Masuk : 

Untuk Tempat Wisata Lombok yang satu ini tidak di kenakan biaya Tiket masuk sebesar 15.000/Orang

Fasilitas Umum : 

Mengenai fasilitas masih terbilang cukup minim. Mengingat trek yang harus Anda lalui, dianjurkan melengkapi diri dengan bekal makanan dan minuman cukup. Pasalnya cukup jarang ditemui pedagang makanan atau minuman di Tempat Wisata Lombok yang satu ini. Meski demikian tidak mengurangi keseruan liburan kamu ke TWA Gunung Tunak.

Peta Lokasi TWA Gunung Tunak : 




Hotel di TWA Gunung Tunak :


Hotel yang paling dekat berlokasi di Objek Wisata ini hanya 1 Hotel saja yaitu Tunak Cottage. Harga permalamnya mulai dari Rp. 500.000,

Ulasan Wisatawan : Klik disini


11. Liburan ke Hawai ala Lombok, Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak by @iscausycw

Pantai Selong Belanak
Liburan ke Tempat Wisata Lombok dengan menikmati pantai yang masih perawan, mengapa tidak? Lombok punya banyak pantai yang memenuhi daftar pantai wajib Anda kunjungi. Satu diantaranya Pantai Selong Belanak yang dikenal sebagai Hawai ala Lombok.
Wisata Lombok Tengah Pantai Selong Belanak siap menyambut Anda dengan hamparan pasir putihnya yang hangat. Dimana banyak pula pepohonan tumbuh yang menambah suasana sejuk di sana. Kondisi pantai masih terjaga asri dan bersih. Dijamin membuat Anda betah, terlebih warga setempat menyambut ramah setiap wisawatan.
Anda bisa bersantai di tepi pantai menikmati pemandangan yang ada. Bila belum puas tersedia perahu dengan ongkos naik murah yang akan mengantar Anda berkeliling memutari lautan. Kegiatan lainnya menyusur pantai juga tidak kalah seru, dimana ada spot menarik dengan tumpukan batu besar yang bisa Anda capai dengan berjalan kaki. Liburan yang seru seperti halnya liburan ke Wisata Lombok Barat.
Bagi para pengunjung tidak perlu khawatir. Karena tersedia frasilitas penginapan dan hotel di sekitar pantai. Seperti yang banyak disediakan di spot Wisata Lombok Utara atau Wisata Lombok Timur. Banyak pula inaq penjual ikan bakar yang bisa dibeli untuk menggoyang lidah Anda.

Akses Jalan ke Pantai Selong Belanak

Medan menuju Pantai Selong Belanak sudah beraspal. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi motor atau mobil menuju lokasi. Hanya dibutuhkan waktu 2 jam saja dari Kota Mataram menuju Pantai Selong Belanak. Tepatnya pantai ini berlokasi di desa Selong Belanak, Lombok Tengah. 

Lokasi : Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah

Peta : 


Akses Dari Airport Lombok :


Tiket Masuk : Tidak dikenakan Biaya Masuk untuk berkunjung ke Objek Wisata Pantai Selong Belanak hanya di kenakan biaya Parkir Kendaraan saja.

Fasilitas Umum : 

Wisatawan atau pengunjung bisa menikamti keindahan pantai ini dengan berbagai fasilitas seperti Warung makan, lokal Restaurant, penyewaan papan surfing dan beberapa fasilitas lainnya.

Fakta Unik : 

Saat anda berkunjung di pantai ini Anda bisa melihat atau menjadi moment yang keren untuk fotoan yaitu gerombolan kerbau yang melintasi bibir pantai manjadi pemandangan yang unik dan indah.

Pantai Selong Belanak Lombok Tengah by @devisonya

Hotel di Objek Wisata Ini : 

Hotel yang berada di Pantai Selong Belanak terbilang Cukup banyak dan memadai bagi para wisatawan baik domestic dan international. Berikut Daftar Hotel di Pantai Selong Belanak.

  • Selong Selo Resort & Residences. Hotel ini beralamat di Jl. Batu Jangkih Sepi, Mungkung, Mangkung, Praya Barat., Kabupaten Lombok Tengah. No Telpon : 0812-3682-3141. Webiste : www.selongselo.com , Harga pemalamnya mulai dari 2 juta dengan fasilitas mewah.
  • Selong Belanak Bungalow & Restaurant : Alamat hotel ini Jl.Datu Lopan Selong Belanak, Selong Belanak. Lombok Tengah. No Telpon : 0852-5373-0199, Harga kamar mulai dari Rp 201.750
  • Seven Havens Residence : Alamat Jl. Selong Belanak, Selong Belanak, Lombok. No Telpon : 0813-3738-8339. www.sevenhavens.com. Harga kamar mulai dari : Rp. 1.480.000/malam.
  • Ola Ola Lombok : Alamat: Jl. Selong Belanak - Kuta, Selong Belanak, Praya Barat. No Telpon : 0853-3813-4195, www.olaolalombok.com, Harga kamar mulai dari Rp. 220.000/malam.
  • Jo Homestay : Alamat Jl. Datuk Lopan, Selong Belanak, Praya Barat., Kabupaten Lombok Tengah. No Telpon : - , Website : -, Harga kamar mulai dari 400.000/malam.
  • Surya Villa : Alamat di Selong Belanak, Praya Barat., Kabupaten Lombok Tengah, No Telpon : 0819-3676-5505, Website : -, Harga kamar mulai dari Rp. 500.000/Malam.
  • Mango Lodge : Alamat di Selong Belanak, Praya Barat, Kabupaten Lombok Tengah, No Telpon : 085 337 7704 51, Website : www.mango-lombok.com, Harga kamar mulai dari Rp. 480.000/Malam.

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik Lihat Ulasan


Pesona Lombok Utara yang Terkenal Hingga Dunia

Saat menjelajahi keindahan Destinasi Wisata di Lombok, jangan lewatkan untuk datang ke Lombok Utara, ya. Sebagai kota kabupaten, Lombok Utara memang menjadi yang paling muda. Meski begitu jangan sekalipun meremehkan potensi wisata yang dimilikinya. Bukan hanya masyarakat lokal, bahkan wisatawan luar menganggap keindahan alam yang ada di Lombok Utara luar biasa indahnya. Pastikan untuk tidak melewatkan satu pun keindahannya.

Letaknya yang berada di bawah kaki Rinjani, membuat Maluku Utara memiliki pesona pemandangan alam yang luar biasa. Itu kenapa Lombok Utara juga dipenuhi dengan bentuk alami Gunung Rinjani yang masih terjaga kelestariannya. Hampir di banyak tempat, Lombok Utara menawarkan keindahan bernuansa hijau yang masih dipenuhi dengan hutan-hutan asli. Gagahnya Rinjani sendiri membuat kekaguman wisatan lokal dan luar semakin tersita.

Kabupaten Lombok Utara sendiri berbatasan langsung dengan Laut Jawa di bagian utara. Sementara bagian selatan berbatasan dengan Lombok Barat dan Lombok Tengah. Sebelah barat berbatasan dengan Selat Lombok dan Lombok Barat. Sementara bagian timur berbatasan dengan Lombok Timur. Lokasinya sendiri memang di jalur strategis sebagai jalur Wisata Lombok Utara yang melewati jalur Selat Lombok dan perdagangan di bagian timur dari Australia.

Dari sisi geografisnya, Lombok Utara tidak perlu ditanya lagi. Sebagai salah satu tujuan wajib wisata Lombok, tentunya Lombok Utara dipenuhi dengan berbagai tempat menarik. Kondisi geografisnya mmebuat Lombok Utara tersusun dari beberapa gugusan pulau kecil. Sehingga Lombok Utara ini memiliki banyak pantai-pantai indah dari mulai Gili Trawangan, Gili Air, Gili Meno dan masih banyak pilihan Tempat Wisata Lombok Utara lainnya yang harus masuk rencana perjalanan Anda.

12. Gunung Rinjani, Surga Keindahan Dunia

Gunung Rinjani Lombok by @planete3w

Menaklukkan Rinjani menjadi agenda wajib bagi para trakker saat mengexplore Tempat Wisata di Lombok. Asal Anda tahu ya, gunung dengan ketinggian 3726 meter di atas permukaan laut ini, menjadi salah satu ikon Wisata di Lombok yang popularitasnya hingga dunia. Bukan hanya dipenuhi pendaki lokal, namun Rinjani juga menjadi rujukan pendaki dari luar negeri. Sebagai pemilik Rinjani, tentu Anda tidak ingin ketinggalan kan, melihat kecantikannya dari dekat?

Selain pesona alamnya yang luar biasa, Gunung Rinjani sebagai ikon Wisata di Lombok juga terkenal karena medan pendakian yang tidak terlalu sulit. Untuk kenyamanan pendakian, Anda dapat memilih jalur pendakian yang paling mudah. Jalur Sembalun lebih mudah dilalui. Pendaki  kebanyakan juga lewat Sembalun. Meski begitu ada pula jalur pendakian yang ekstrim menantang seperti Torean. Jangan sekalipun mencoba sebelum Anda memiliki kemampuan mendaki profesional.

Meski mudah dilewati, tidak berarti perjalanan melalui Sembalun akan membosankan. Justru lewat Sembalun akan membuat Anda bertemu indahnya padang savanah. Meski panas matahari cukup terik, namun cantiknya savanah dengan Rinjani berdiri kokoh di depan mata, akan membuat Anda semangat mendaki. Belum lagi pemandangan Selat Alas dan Pulau Sumbawa dari puncak lebih tinggi, Anda akan tidak sabar menuju puncak.

Rinjani Wisata Lombok by @s.t.m.j.r

Mendaki Rinjani, jangan lewatkan surga dunia yang tersebunyi di dalamnya. Segara Anak adalah ikon surga tersembunyi dari Wisata di Pulau Lombok. Setelah pendakian melelahkan, melihat Segara Anak akan membuat lelah hilang seketika. Bermalam dan dirikan tenda untuk melihat bintang di langit Segara Anak. Esoknya jangan lupa melihat matahari terbit berpadu dengan air danau berwarna tosca, akan menjadi pengalaman tidak terlupakan seumur hidup.

Peta Gunung Rinjani :



Akses Dari Airport Lombok


Waktu yang di tempuh yaitu sekitar 2 jam 34 menit untuk bisa ke Sembalun yaitu Camp Pendakian Gunung Rinjani.


Tiket Masuk : 

Pengunjung lokal dikenakan tarif Rp 5.000 per orang per hari jika hari biasa. Hari libur Rp 7.500 per orang per hari. Untuk wisatawan asing Rp 150.000 per orang per hari jika hari biasa dan Rp 250.000 per orang per hari jika hari libur.

Fasilitas Umum : 

Untuk fasilitas di kaki Gunung Rinjani banyak tersedia untuk para wisatawan yang akan melakukan pendakian ke Gunung Rinjani seperti, Hotel / Penginapan, Restaurant, Pusat Informasi Wisata, Money Canger, ATM dan lain sebagainya. 

Fakta Unik : 

Gunung Rinjani pernah didaftarakan menjadi salah satu Global Geopark di UNESCO, Segara Anak di Gunung Rinjani menjadi salah satu danau vulkanik terbesar di dunia. 

Hotel di Kaki Gunung Rinjani : 

Tersedia banyak Hotel/Penginapan di Sekitar Senaru dan Sembalun. 

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik Lihat Ulasan

13. Pantai Menakjubkan, Gili Trawangan

Wisata Lombok Utara Gili Trawangan

Salah satu destinasi wajib yang harus masuk daftar Tempat Wisata Lombok Utara adalah Gili Trawangan. Diantara pulau-pulau kecil lainnya di Lombok, Gili Trawangan termasuk yang paling besar. Dengan batas-batasnya yang berupa lautan, Gili Trawangan bukan saja menjadi destinasi wisata NTB yang sangat menakjubkan. Surga tropis ini juga berhasil membuat wisatawan asing tergila-gila dengan keindahan yang dimilikinya.

Keindahan paling khas yang selalu membuat para turis asing rindu adalah suasana pantai Gili Trawangan yang luar biasa keren. Dengan pasir putihnya yang berkilauan tertimpa matahari, sunrise dan juga sunset hingga jernihnya air laut yang tenang membuat semua orang rindu kembali ke Wisata Lombok Utara ini. Jangan lupa untuk menikmati semua pemandangan keren tersebut dengan banyak kegiatan berkesan dan pastinya bakal tidak terlupakan.

Aktivitas Snorkling dan Diving

Salah satunya dengan menyewa peralatan snorkling. Lautnya yang jernih akan sia-sia jika tidak Anda manfaatkan untuk melihat keindahan bawah lautnya. Sembari berenang santai, nikmati pesona flora dan fauna di  Gili Trawangan. Ingin sensasi yang lebih seru dan menantang untuk melihat keindahan bawah laut Tempat Wisata Lombok ini? Coba menyelam lebih dalam dengan scuba diving. Beragam jenis ikan keren sedang menunggu Anda.

Wisata Snorkeling di Gili Trawangan

Ada beberapa spot diving yang dapat Anda coba untuk eksplorasi bawah laut Gili Trawangan. Dari melihat habitat hiu karang hingga sea walk yang seru. Pastikan bukan cuma menikmati kerennya Tempat Wisata Lombok ini dengan hanya melihat pesona alamnya, namun juga mencoba kulinernya. Gili Trawangan memiliki beberapa kuliner istimewa yang harus Anda coba selama menjelajahi keindahan Tempat Wisata yang ada di Lombok.

Lokasi : 

Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara

Map Gili Trawangan : 


Akses Dari Airport Lombok : 

Waktu yang di tempuh dari Airport ke Gili Trawangan sekitar 1 jam 50 menit. Yaitu 1 jam 30 menit perjalanan darat dan 20 menit perjalan laut menggunakan boat dari pelabuhan teluk kode/nare.


Tiket Masuk : Untuk biaya tiket masuk ke Gili Trawangan yaitu 5000 untuk wisatawan domestik dan 10.000 untuk wisatawan mancanegara. 

Fasilitas Umum : 

Di Gili Trawangan tersedia berbagai macam fasilitas umum yang akan memanjakan Anda berlibur di Pulau Kecil ini. Fasilitas yang tersedia berupa, Hotel / Penginapan berbagai jenis, Restaurant berbagai jenis, Pusat Hiburan seperti Bar dan Club Malam, Transportasi darat berupa cidomo dan berbagai jenis fasilitas lainnya.

Fakta Unik : 

Pulau kecil yang tersedia banyak hotel / penginapan, di pulau ini juga Anda tidak akan menemukan motor dan mobil karna di pulau ini alat trasnportasi yang di gunakan yaitu cidomo dan sepeda.

Hotel di Gili Trawangan : 

Seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa Anda akan dengan mudah menemukan hotel / penginapan dengan berbagai jenis dari harga 150.000/malam sampai harga 3 juta permalam.

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik disini


14. Gili Air, Tempat Liburan Indah dan Tenang

Wisata Lombok Gili Air by @timsierens

Selain ke Gili Trawangan, Tempat Wisata Lombok yang wajib Anda datangi selanjutnya adalah Gili Air. Diantara pulau-pulau kecil yang menyusun Lombok, Gili Air adalah salah satu dari tiga yakni Gili Trawangan dan Gili Meno. Jika dibandingkan dengan Trawangan, pesona keindahan alam di Gili Air tidak kalah indah. Terutama untuk Anda yang lebih menyukai liburan rileks, santai dan tenang, maka Gili Air adalah pilihan yang tepat.

Meski popularitas Gili Air tidak sehebat Gili Trawangan, namun Tempat Wisata Lombok Utara ini juga diperkenalkan secara besar-besaran oleh pemerintah daerah Nusa Tenggara Barat. Tidak banyak orang tahu jika pesona pantai Gili Air sangat keren. Dengan kondisi pulau lebih sepi, suasana damai akan sangat terasa begitu Anda sampai di Gili Air. Deburan ombak yang tenang sampai lambaian nyiur kelapa yang tertiup angin, membuat suasana damai semakin kuat terasa.

Dengan suasana pantai yang sepi, tenang dan damai tidak lantas membuat Anda kehilangan sensasi selama liburan. Gili Air sebagai Tempat Wisata Lombok andalan, sudah dilengkapi banyak fasilitas publik untuk menjamin liburan Anda menyenangkan. Bukan cuma berkejaran dan bermain di atas pasir, namun Anda juga dapat melakukan kegiatan snokling hingga scuba diving. Melihat bagaimana indahnya kondisi bawah laut Gili Air tidak akan pernah membosankan.

Wisata di Lombok Gili Air by @axelauriant

Puas dengan keindahan pantai Gili Air? Saatnya berkeliling ke banyak sudut Gili Air dan merasakan keunikan dari pulau kecil di Lombok ini. Tidak ada kendaraan yang dapat disewa, kecuali sepeda kayuh dan andong untuk berkeliling Gili Air. Coba saja merasakan keduanya, berkeliling sembari menikmati keramahan dan keunikan budaya masyarakat lokal. Coba juga kuliner Gilir Air yang bisa jadi cocok di lidah dan membuat Anda betah tinggal di Gili Air.

Lokasi : 

Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara

Maps Gili Air : Koordinat

Akses Dari Airport Lombok : 

Waktu yang di tempuh dari Airport ke Gili Air sekitar 1 jam 50 menit. Yaitu 1 jam 30 menit perjalanan darat dan 20 menit perjalan laut menggunakan boat dari pelabuhan teluk kode/nare.


Tiket Masuk : 

Untuk biaya tiket masuk ke Gili Air yaitu 5000 untuk wisatawan domestik dan 10.000 untuk wisatawan mancanegara. 

Fasilitas Umum : 

Di Gili Air untuk fasilitas umumnya sama seperti di Gili Trawangan hanya saja tak seramai Gili Trawangan. 

Fakta Unik : 

Selain Anda bisa menikmati keindahan Pantai Serta Trumbu karang yang indah di Gili Air tersedia juga Wisata Mangrove atau danau di tengah Pulau Gili Air. 

Hotel di Gili Air : 

Tersedia berbagai macam pilihan Hotel / Penginapan dari harga 200.000 sampai 2juta/malam.

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik melihat ulasan


15. Romantisme Tempat Wisata Lombok Gili Meno

Gili Meno - Wisata di Lombok by @mygueldossantos

Gili Meno menjadi Tempat Wisata Lombok yang terkenal sangat romantis. Jika dibandingkan dengan Trawangan, Gili Meno lebih disukai para pasangan pengantin baru sebagai tempat bulan madu terbaik. Suasana alam di Gili Meno lebih mirip Gili Air, jadi sangat mendukung suasana lebih romantis. Keindahan alam dibalut ketenangan membuat Gili Air sangat direkomendasikan untuk para pasangan yang sedang memadu romantisme awal pernikahan.

Spot yang sangat menarik dari salah satu tempat Wisata Lombok Utara terbaik ini, ada di pantainya yang sangat luar biasa keren. Tepian pantainya berisi hamparan pasir putih bak tumpukan permata. Berkilauan, lembut dan menyenangkan saat jari-jari kaki Anda menyentuhnya. Belum lagi jernihnya air laut Gili Meno menjadikan siapa saja ingin mencoba masuk dan melihat keindahan bawah lautnya. Jangan sampai deh, ketinggalan merasakan romatisme Gili Meno.

Dengan jumlah wisatawan yang tidak lebih dari 50 persen, Tempat Wisata Lombok Gili Meno ini masih sangat terjaga kelestariannya. Anda dapat menikmati keindahan bawah lautnya yang masih sangat alami. Dipenuhi banyak biota laut dengan warna-warna terbaik sehingga keindahannya melebihi yang ada di Gili Trawangan. Nikmati keindahan bawah laut Wisata Lombok sembari menjajal wahana air seperti glass bottom, snorkling, diving, transparant kayaking dan banyak lagi.
Posisinya yang diapit Gili Trawangan dan Gili Air, tidak lantas menjadikan Wisata Lombok Gili Meno hanya berisi indahnya pantai. Namun juga ada bentukan alam berupa danau yang sangat indah di Gili Meno. Di danau ini, Anda  dapat berjalan berkeliling di atas jembatan yang pemdangannya tidak kalah indah dari pantai Gili Meno. Juga dapat mengambil foto selfie untuk memastikan liburan ke Tempat Wisata Lombok Utara Gili Meno menjadi kenangan tidak terlupakan seumur hidup.

Wisata Lombok Gili Meno by @kelvin.wenas

Lokasi : 

Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara

Map Gili Meno : Koordinat 

Akses Dari Airport Lombok : 

Waktu yang di tempuh dari Airport ke Gili Meno sekitar 1 jam 50 menit. Yaitu 1 jam 30 menit perjalanan darat dan 20 menit perjalan laut menggunakan boat dari pelabuhan teluk kode/nare.



Tiket Masuk : 

Untuk biaya tiket masuk ke Gili Meno yaitu 5000 untuk wisatawan domestik dan 10.000 untuk wisatawan mancanegara. 

Fasilitas Umum : 

Di Gili Meno untuk fasilitas umumnya sama seperti di Gili Trawangan hanya saja tak seramai Gili Trawangan. 

Fakta Unik : 

Di Gili Meno memiliki pantai yang indah dan alami dan Pantai di Gili Meno pernah mendapatkan penghargaan Sebagai Pantai terbaik di Indonesia.

Hotel di Gili Meno : 

Tersedia berbagai macam pilihan Hotel / Penginapan dari harga 200.000 sampai 2juta/malam.

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik melihat Ulasan


16. Eksotisme Air Terjun Sendang Gile

Wisata Lombok Utara by @tommy.nyu7

Jika menjelajah pantai sudah Anda lakukan, bukan berarti petualangan Wisata di Lombok akan berakhir begitu saja. Lombok masih menyimpan banyak tempat-tempat indah, yang akan membuat Anda kembali pada waktu liburan berikutnya. Salah satu sudut di Lombok Utara yang menyimpan pesona alam tidak kalah keren adalah Air Terjun Sendang Gile. Mirip namanya, para wisatawan yang datang dibuat tergila-gila dengan eksotismenya.

Masyarakat lokal selalu menyarankan jika Air Terjun Sendang Gile ini harus dijelajahi bersama pendakian Rinjani. Lebih lelah memang, namun percayalah Anda tidak akan rugi karena singgah di Senaru, lokasi air terjun ini. Dari kota Mataram, Air Terjun Sendang Gile berjarak 60 kilometer. Kurang lebih 3 jam perjalanan harus Anda lewati jika memasukkan destinasi ini saat sedang menyusuri Wisata Lombok kota Mataram.

Sebelum menikmati indahnya air terjun setinggi 30 meter ini, Anda harus melalui medan jalan yang cukup ekstrim. Ada anak tangga yang jumlahnya ratusan siap membuat lutut Anda sedikit ngilu. Namun jangan khawatir karena bersama anak tangga yang curam itu, ada pemandangan hutan yang luar biasa keren. Warna hijaunya menyejukkan mata dan aroma menyegarkan. Sama sekali tidak rugi memasukkan Sendang Gile dalam list kunjungan Wisata Lombok saat Anda liburan kali ini.

Air Terjun Sendang Gile by @rynmoe

Sampai di air terjun, hanya satu yang akan terlintas dalam benak, takjub. Air yang berasal dari kaki gunung Rinjani ini sangat dingin. Belum lagi saat memercik ke segala arah, dinginnya semakin terasa. Pastikan telah ada kamera terbaik yang akan mengabadikannya. Bukan hanya selfie tapi juga wefie dengan kawan-kawan seperjalanan. Jangan lupa basuh muka di kolam air bawahnya, untuk membuktikan kebenaran mitos awet muda setelah membasuh dengan air dari Sendang Gile ini.

Lokasi : 

Desa Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara.

Maps : Koordinat 

Akses Dari Airport Lombok : 

Perjalanan yang akan di tempuh jika berangkat dari Airport Lombok sekitar 3 jam perjalanan untuk sampai di lokasi Air Terjun Sendang Gile. Klik Melihat Rute

Tiket Masuk : 

Tiket Masuk ke Lokasi Air Terjun ini yaitu 5000/orang untuk wisatawan domestic dan 10.000/orang untuk wisatawan mancanegara. Serta di kenakan biaya parkir kendaraan.

Fasilitas Umum : 

Terdapat berbagai fasilitas penunjang untuk parang pengunjung ke Air terjun ini yaitu Local Restaurant, Penginapan, ATM dan beberapa fasilitas umum lainnya.

Fakta Unik : 

Hotel di Sekitar : 

Untuk Anda yang ingn menikamati keindahan alam Rinjani dan ingin stay di kaki Gunung Rinjani tersedia banyak penginapan di sini.

  • Dragonfly Senaru Lodge : Alamat Jl. Pariwisata, Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara. No Telpon : 0853-3733-8119, Website : https://dragonfly-senaru-lodge.business.site/ tarif kamar mulai dari 200.000/malam
  • Blue Mountain Cottage Senaru : Jl. Pariwisata, Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara. No Telpon : 0877-6542-1056, Website : - , Harga kamar mulai dari 150.000/malam.
  • Rinjani Lodge Villa & Hotel : Jl. Pariwisata, Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara. No Telpon : 0819-0738-4944, Website : http://rinjanilodge.com/ Harga kamar mulai dari 1.200.000/malam.
  • Rinjani Lighthouse Cottages : Jl. Pariwisata, Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara. No Telpon : 0853-3707-6655, Website : http://www.rinjanilighthouse.com/ Harga kamar mulai dari 450.000/malam. 

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik disini


17. Trek Menantang Menuju Air Terjun Tiu Kelep

Air Terjun Tiu Kelep - Wisata Lombok by @juanpe_rodriguez

Lutut sudah cukup ngilu setelah perjalanan panjang menuju Wisata Lombok Air Terjun Sendang Gile. Namun lutut Anda akan kembali ditantang untuk menuju ke Air Terjun Tiu Kelep. Lokasi keduanya berdekatan, sehingga sayang jika Anda melewatkannya hanya karena lelah dalam perjalanan. Letak air terjun Tiu Kelep sedikit di atas Sendang Gile. Bisa dibayangkan perjalanan ekstrim seperti apa yang sedang menunggu Anda demi Air Terjun Tiu Kelep.

Ada dua jalur trekking menuju Air Terjun Tiu Kelep. Jalur pertama membuat lutut Anda cukup ngilu karena harus melewati anak tangga curam yang cukup banyak. Jalur kedua melalui jalur irigasi yang tidak kalah menantang namun lebih ringan. Jangan dikira tidak bisa mendapatkan apa-apa di jalur irigasi. Karena ada bentang alam yang indah dan keren. Sawah-sawah milik penduduk Senaru membentang panjang yang membuat perjalanan jalur irigasi sangat menyenangkan dilewati.

Menuju Tiu Kelep, ada tantangan hutan lebat menunggu di depan mata. Jika tidak berpengalaman, hutan lebat ini dapat membuat Anda tersesat. Sangat direkomendasikan membawa pemandu Wisata Lombok Utara sebagai penunjuk jalan. Menuju Tiu Kelep ada perjalanan melalui tangga beton curam yang sedikit menakutkan namun tetap mengasyikkan dilewati. Selain tangga curam, Anda juga akan melewati aliran-aliran sungai kecil yang juga sangat keren dalam perjalanan.

Wisata Air Terjun Tiu Kelep Lombok by @danielberbentea

Sampai di Tiu Kelep, dalam jarak cukup jauh ada percikan-percikan air terjun yang beterbangan. Debit airnya sangat besar membuat percikan airnya melompat ke sana ke mari serasa terbang. Tingginya 45 meter menjadikan Tiu Kelep sangat gagah di tengah pemandangan hijau di sekelilingnya. Ambil kamera terbaik Anda, pastikan mengambil sudut terbaik dari Wisata Lombok Utara ini. Jangan lupa berenang dan mandi bersama dinginnya percikan Air Terjun Tiu Kelep. 

Alamat : 

Desa Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara

Maps : Klik Koordinat

Akses Dari Airport Lombok : 

Perjalanan yang akan di tempuh jika berangkat dari Airport Lombok sekitar 3 jam perjalanan untuk sampai di lokasi Air Terjun Tiu Kelep. Klik melihat Rute

Tiket Masuk : 

Tiket Masuk ke Lokasi Air Terjun ini yaitu 5000/orang untuk wisatawan domestic dan 10.000/orang untuk wisatawan mancanegara. Serta di kenakan biaya parkir kendaraan.

Fasilitas Umum : 

Terdapat berbagai fasilitas penunjang untuk parang pengunjung ke Air Terjun ini yaitu Local Restaurant, Penginapan, ATM dan beberapa fasilitas umum lainnya di sekitar area Parkir.

Fakta Unik : 

Air terjun ini bersumber dari pengunungan Rinjani dan di percaya dapan menjadikan awet muda.

Hotel di Sekitar : 

Untuk Anda yang ingn menikamati keindahan alam Rinjani dan ingin stay di kaki Gunung Rinjani tersedia banyak penginapan di sini.

  • Dragonfly Senaru Lodge : Alamat Jl. Pariwisata, Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara. No Telpon : 0853-3733-8119, Website : https://dragonfly-senaru-lodge.business.site/ tarif kamar mulai dari 200.000/malam
  • Blue Mountain Cottage Senaru : Jl. Pariwisata, Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara. No Telpon : 0877-6542-1056, Website : - , Harga kamar mulai dari 150.000/malam.
  • Rinjani Lodge Villa & Hotel : Jl. Pariwisata, Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara. No Telpon : 0819-0738-4944, Website : http://rinjanilodge.com/ Harga kamar mulai dari 1.200.000/malam.
  • Rinjani Lighthouse Cottages : Jl. Pariwisata, Senaru, Bayan, Kabupaten Lombok Utara. No Telpon : 0853-3707-6655, Website : http://www.rinjanilighthouse.com/ Harga kamar mulai dari 450.000/malam. 

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik disini


18. Pantai Tebing dan Bekas Letusan Gunung Tambora Sumbawa

Wisata Lombok - Pantai Tebing by @krisma_wardana

Ada tempat keren yang tidak biasa di Lombok. Jika Anda menginginkan jelajah Wisata di Lombok yang berbeda, masukkan Pantai Tebing ke dalam rencana perjalanan Anda. Tempat wisata ini dijamin unik dan keren. Bukan hanya membuat Anda terpana, tapi juga membuat Anda tidak habis pikir dengan keunikan yang dimilikinya. Datang ke Lombok hanya beberapa hari saat libur akhir pekan, akan terasa kurang dengan banyak keindahan yang ditawarkan.

Pantai Tebing Tinggi terletak di kawasan Gangga. Dari namanya saja membuat banyak orang merasa penasaran dengan bentuknya. Sampai di Tebing Tinggi, rasa penasaran Anda akan ditebus dengan kekaguman luar biasa. Pasirnya bukan putih melainkan berwarna hitam. Tebing yang menjulang tinggi, tidak akan Anda temui di manapun kecuali Pantai Tebing Tinggi yang menjadi destinasi andalan wisata Lombok Utara.

Keberadaan tebing-tebing menjulang tinggi ini disinyalir akibat peristiwa alam letusan Gunung Tambora. Bentuknya yang unik menjadikan tebing-tebing di sekeliling pantai tidak hanya menjadi hiasan. Namun juga menjadi daya tarik Pantai Tebing Tinggi. Banyak wisatawan memanfaatkan tebing ini untuk mendapatkan spot foto terbaik. Anda juga harus melakukan hal yang sama untuk membuat foto yang berbeda selama menjelajah Wisata Lombok kali ini.

Wisata Lombok Utara - Pantai Tebing by @nur_latifah824

Tidak kalah dengan kerennya si tebing yang menjulang tinggi adalah keindahan pantai itu sendiri yang tiada dua. Kondisi pantainya masih sangat alami dan bersih. Indahnya tidak perlu ditanya. Anda pasti akan dibuat betah di Pantai Tebing Tinggi seharian. Akses jalannya yang mudah, menjadikan pantai ini sebagai Destinasi Wisata Lombok yang wajib dikunjungi. Pastikan Anda juga tidak sampai ketinggalan menikmati Pantai Tebing Tinggi yang sangat populer ini.

Alamat : 

Jl. Raya Bayan, Dusun Luk, Rempek, Gangga, Kabupaten Lombok Utara

Maps : Koordinat

Akses Dari Airport Lombok :

Klik Rute Pantai Tebing

Tiket Masuk : 

Gratis hanya di kenakan biaya parkir kendaraan saja.

Fasilitas Umum : 

Karena Pantai Tebing ini merupakan Tempat Wisata Baru di Lombok maka untuk fasilitas penunjang para wisatawan masih belum tersedia dengan lengkap.

Fakta Unik : 

Tebing yang menjulang tinggi di pantai ini merupakan jejak dari letusan gunung berapi Samalas.

Hotel Sekitar Tempat Wisata Ini : 

Sementara untuk Hotel dan penginapan masih belum tersedia di sekitar Objek Wisata ini.

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik disini Untuk Melihat Ulasan


19. Tempat Liburan Keluarga, Pantai Sire

Pantai Sire - Lombok Utara by @juni_2626

Bukan hanya cocok untuk para traveler yang suka dengan tantangan, Tempat Wisata Lombok ini juga menjadi tempat liburan yang nyaman untuk keluarga. Tidak percaya? Datang saja ke Pantai Sire Medana yang ada di Lombok Utara. Di sini Anda akan mendapati banyak spot-spot cantik yang cocok untuk bermain keluarga. Bukan hanya itu, Pantai Sire Medana juga masih sangat alami sangat cocok untuk tempat liburan asyik dan sehat keluarga.

Tidak perlu jauh ke tengah, bahkan di bibir pantai saja, keindahan Sire Medana sudah dapat dilihat dengan kasat mata. Pasirnya yang putih membuat buah hati dapat berlarian dengan aman tanpa takut kakinya terluka. Belum lagi warna biru air lautnya yang menawan, akan membuat liburan keluarga kali ini lebih nyaman. Anda dan buah hati dapat bermain pasir hingga berenang seharian sampai puas.
Keunggulan salah satu destinasi wisata Lombok Utara yang terjaga kelestariannya ini bukan karena pemandangannya saja yang keren. Namun jika beruntung, Anda juga dapat melihat warisan budaya dari masyarakat Medana Lombok Utara. Ada upacara Larung Saji yang digelar satu tahun sekali. Jika Anda memilih waktu liburan yang tepat, Anda dan keluarga dapat melihat upacara adat ini dilakukan. Dijamin bakal menjadi liburan Wisata Lombok yang tidak terlupakan.

Ke pantai tanpa melihat sunset atau sunrise akan terasa tidak lengkap. Pantai Sire Medana memiliki spot sunset yang indahnya tidak terkira. Pastikan cahaya keemasan saat  matahari terbenam ini dapat Anda nikmati bersama keluarga. Takut kemalaman? Jangan khawatir karena ada banyak fasilitas penginapan yang siap memanjakan Anda dan keluarga. Wisata Lombok liburan kali ini akan membuat Anda rindu untuk kembali.

Wisata Lombok Utara - Pantai Sire by @nandaptri__

Alamat : 

Sigar Penjalin, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara

Maps : Koordinat

Akses Dari Airport Lombok : Lihat Rute

Tiket Masuk : 

Rp. 5000/Orang dan di kenakan biaya Parkir

Fasilitas Umum : 

Tidak terlalu banyak fasilitas yang tersedia di tempat ini hanya beberapa warung kecil dan tempat penyewaan kano.

Fakta Unik : 

Hotel Sekitar Tempat Wisata Ini :  

Tersedia beberapa hotel/resort mewah di sekitar Pantai Sire ini.
  • Anema Wellness & Resort Gili Lombok : Alamat Jl. Pantai Sire, Sigar Penjalin, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. No Telpon : 0818-0550-3163. Webiste : anemaresortgililombok.com, Harga Kamarnya mulai dari Rp. 1.800.000/malam.
  • Hotel Tugu Lombok : Alamat Jl. Pantai Sire, Sigar Penjalin, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. No Telpon : (0370) 6120111. Webiste : http://www.tuguhotels.com/hotels/lombok, Harga Kamarnya mulai dari Rp. 2.800.000/malam.
  • The Beach Villa & Joglo House Sire Lombok : Alamat Jl. Pantai Sire, Sigar Penjalin, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara. No Telpon : 0853-3851-2006. Webiste : http://www.joglohouselombok.com/, Harga Kamarnya mulai dari Rp. 5.800.000/malam.

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik Lihat Ulasan


20. Tertua di Lombok, Masji Kuno Bayan

Masjid Kuno Bayan - Wisata Lombok Utara by @radenukowary

Nusa Tenggara Barat menjadi pusat wilayah penyebaran Islam di Nusa Tenggara. Salah satunya di Lombok, memiliki bukti bagaimana Islam dan ajarannya menyebar ke seluruh penjuru Nusa Tenggara. Wisata Lombok seringkali menyertakan Masjid Kuno Bayan ini ke dalam destinasi liburan yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Perlu Anda tahu jika masjid kuno ini menjadi saksi sejarah bagaimana Islam diterima dan berkembang di Nusa Tenggara.

Indahnya pantai-pantai di Lombok, tidak sebanding dengan kagumnya banyak orang dengan masjid kuno Bayan. Nama lengkap masjid ini adalah Bayan Beleq. Merupakan bangunan masjid pertama di Lombok. Seorang ulama besar membangun masjid ini pada abad 15 pada awal penyebaran Islam di Lombok. Sebagai masjid kuno, jangan tanya bagaimana desain bangunan ini. Sangat unik, menarik dan membuat Anda bertanya-tanya bagaimana dulu masjid ini dibangun.

Jangan bayangkan bentuk bangunan yang megah karena masjid ini jauh dari megah. Hanya tersirat kesederhanaan dan bersahaja saat Anda melihat langsung bangunannya. Dinding terbuat dari bambu sementara atapnya jerami. Lantainya masih tanah sehingga membuat masjid kuno ini layak menjadi tujuan religi Wisata Lombok Utara. Berada di masjid kuno Bayan Beleq ini membuat Anda napak tilas perjuangan para ulama menyebarkan Islam ke penjuru nusantara.

Objek Wisata Budaya di Lombok Utara by @yuli.as_shiddiqha

Pemerintah setempat menjadikan masjid Bayan Beleq sebagai cagar budaya yang harus dijaga keaslian dan kelestariannya. Karena itu akses masuk ke dalam masjid sangat terbatas. Masjid kuno ini tertutup untuk umum sehingga Anda hanya dapat melihat bangunan dari luar saja. Meski begitu sama sekali tidak mengurangi kekaguman, bagaimana masjid ini dapat berdiri. Sangat disayangkan jika Anda melupakan Tempat Wisata Lombok ini saat menyusuri berbagai sudut unik dan indah di Lombok.

Alamat  : 

Karang Bajo, Bayan, Kabupaten Lombok Utara


Akses Dari Airport Lombok : 

Klik Rute disini

Tiket Masuk : 

Free / Donasi sejumlah 5000 dan biaya parkir

Fasilitas Umum : 

Karna Lokasinya berada di pedalaman desa jadi untuk sementara belum tersedia secara lengkap fasilitas di objek wisata ini. 

Fakta Unik : 

Objek wisata ini merupakan situs sejarah perkembangan dan penyebaran Agama Islam di Lombok.

Hotel di Sekitar Tempat Wisata Ini : 

Masih belum tersedia Hotel/Penginapan di sekitar tempat wisata ini.

Ulasan Wisatawan / Pengunjung :  Klik disini


Keindahan Alam Tempat Wisata Lombok Barat

Bagi Nusa Tenggara Barat, keberadaan Lombok Barat memiliki arti yang sangat penting. Pusat pemerintah Nusa Tenggara Barat ada di Lombok Barat. Selain itu, Lombok Barat menjadi pusat Wisata di Lombok yang tidak pernah berhenti dieksplorasi. Asal Anda tahu, jika Lombok Barat ini memiliki lebih dari 5 tempat wisata keren yang banyak didatangi anak-anak muda. Bukan hanya anak muda, tapi juga keluarga dan wisatawan asing mancanegara.

Salah satu ciri khas Wisata Lombok Barat adalah keberadaan pantai-pantainya yang luar biasa elok. Batas-batas pinggirnya yang berbatasan dengan perairan Lombok, menjadikan pantai yang dimilikinya memang luar biasa indah. Jika Anda betul-betul meluangkan waktu liburan beberapa lama di Lombok, Anda akan tahu jika keindahan pantai ini tidak tergantikan. Bahkan oleh tempat wisata lain yang juga memiliki potensi pantai sama indahnya.

Tercatat ada 4 kawasan pantai yang siap memanjakan Anda dengan kemilau pasirnya yang luar biasa cantiknya. Juga keadaan pantainya yang masih sangat bersih, menjadi keunggulan tersendiri dari Wisata Lombok Barat ini. Belum lagi untuk para penggemar sunset dan juga sunrise yang akan mengejar pemandangan surgawi tersebut di Lombok Barat. Dijamin liburan Anda kali ini akan lebih berkesan dibanding liburan lainnya.

Selain pantai, wisata Lombok terutama di Lombok Barat ini juga memiliki beberapa destinasi wisata yang tidak kalah indah dari pantai yang dimilikinya. Ada tempat wisata kekinian seperti Taman Narmanda yang menjadi pilihan liburan anak-anak muda dan keluarga. Juga ada konservasi hutan wisata yang akan menjadikan liburan keluarga lebih edukatif. Anda dapat melihat lebatnya hutan hingga beragam flora dan fauna yang menjadikan Wisata Lombok kali ini lebih seru juga edukatif.

21. Pantai Senggigi, Liburan Seperti Di Rumah Sendiri

Pantai Senggigi - Wisata Lombok Barat by @anggunsr1_

Dalam suasana apapun, pantai menjadi Destinasi dan Tempat Wisata Lombok yang sangat favorit. Sisi geografi Pulau Lombok yang lebih banyak disusun oleh pulau-pulau, membuat kecantikan pantainya menjadi tidak biasa. Itu juga yang terjadi saat Anda datang ke Pantai Senggigi. Pantai ini menjadi tujuan favorit banyak wisatawan lokal dan asing yang datang ke Lombok. Selain karena pemandangannya, Pantai Senggigi menjadi favorit karena fasilitasnya yang luar biasa keren.

Pesona pasir putihnya menjadi daya tarik utama saat pertama kali menginjakkan kaki di Senggigi. Terutama saat datang siang hari, pasir putih ini terlihat berkilau-kilau seperti berlian yang tersembunyi di dalam pasir. Kombinasi pasir putih dengan birunya lautan menimbulkan gradasi warna yang sangat menakjubkan. Coba mendaki ke bagian yang lebih tinggi menuju pelabuhan Bangsal, akan tampak cantiknya Pantai Senggigi dari sisi yang berbeda.

Wisata Lombok Barat Pantai Senggigi seringkali disejajarkan dengan Kuta, Bali. Jika dilihat dari segi pesonanya, Pantai Senggigi memiliki ciri khas berbeda dari Kuta. Namun jika dilihat pengembangan fasilitas publik yang ada di Senggigi, pantas saja jika banyak yang menyebutnya mirip Kuta. Di Pantai ini Anda tidak perlu bingung mencari tempat menginap yang nyaman. Sebagian besar pinggiran Pantai Senggigi dipenuhi hotel dan cottage senyaman rumah sendiri.

Wisata Lombok Barat - Pantai Senggigi by @themitchellorth

Manfatkan jernihnya laut Senggigi dengan aktivitas snorkling. Eksplorasi sepuasnya pemandangan bawah laut yang indahnya tidak kalah dengan Kuta. Jangan lewatkan juga cahaya keemasan saat matahari pulang ke peraduan. Warna kuning dan coklatnya akan terlihat sangat indah memenuhi seluruh pandangan Anda. Pastikan saja Anda tidak melewatkan keindahan Senggigi selama berwisata Lombok saat liburan panjang.

Alamat : 

Jalan Raya Senggigi, Senggigi Lombok Barat.


Akses Dari Airport Lombok : 

Waktu yang ditempuh melalui jalur by pass sekitar 1 jam 5 menit. Klik Rute. 

Tiket Masuk : 

Biayanya Rp. 5000/Otang  dan biaya parkir.

Fasilitas Umum : 

Di Pantai Senggigi tersedia banyak fasilitas umum yang sangat memadai seperti Hotel, Restaurant, ATM, Supermarket, Pusat hiburan dan masih banyak lainnya.

Fakta Unik : 

Pantai Senggigi atau Daerah Senggigi merupakan central awal dari dunia pariwisata di Pulau Lombok. 

Hotel di Sekitar Tempat Wisata Ini : 

Saat Anda berkunjung ke Senggigi atau Pantai Senggigi disini Anda akan banyak menemukan Hotel/Penginapan dari berbagai jenis dari yang murah sampai yang private villa.

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik disini 


22. Pura Tepi Pantai, Obyek Wisata Batu Bolong

Pura Batu Bolong - Senggigi by @mataripin2001

Harmonisasi kehidupan masyarakat menjadi salah satu pesona Wisata di Lombok. Islam adalah agama mayoritas yang dianut masyarakat Lombok. Setelah itu Hindu dan beberapa agama lainnya. Sebagai agama terbesar kedua di Lombok, umat Hindu memiliki satu pura istimewa yang tidak hanya sekedar menjadi tempat peribadatan saja. Namun juga menjadi obyek wisata berlatar budaya dan agama yang sudah seharusnya membuat siapa saja penasaran.

Pura Batu Bolong sendiri jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia berarti batu yang berlubang. Ada sejarah yang membuat Pura Batu Bolong ini menjadi unik dan banyak didatangi wisatawan. Dulunya Pura Batu Bolong menjadi jalan pintas penduduk sekitar mencari kayu ke seberang pantai Senggigi. Sekarang jalan pintas ini tidak lagi terpakai karena sudah ada jalan darat yang lebih mudah. Jika air laut sedang surut, Anda wajib melewatinya sekaligus napak tilas.

Selain bentuk batunya yang bolong, Tempat Wisata Lombok Barat Pura Batu Bolong ini juga unik karena bangunan pura di atasnya. Dibangun di atas batu hitam membuat pura tampak lebih megah dan religius. Dari Senggigi hanya berjarak 5 menit. Sementara dari Mataram hanya berjarak 20 menit. Karena itu Pura Batu Bolong ini juga menjadi destinasi wajib Wisata Lombok Barat. Datang ke Lombok Barat, Objek Wisata Pura Batu Bolong wajib Anda lihat langsung keunikannya.

Senggigi - Pura Batu Bolong by @desfaxatado

Kombinasi budaya, adat hingga sejarah Pura Batu Bolong dibalut dengan latar belakang Pantai Duduk yang membuat eksotismenya semakin kuat terasa. Cobalah berburu sunset di sore hari, karena pemandangannya akan sangat indah. Batu Bolong, pura dan sinar keemasan yang datang dari matahari tenggelam akan menjadi paduan sangat sempurna untuk menutup hari Anda selama menjelajah Tempat Wisata di Lombok.

Alamat : 

Desa Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat.


Akses Dari Airport Lombok : 

Untuk sampai ke Lokasi Pura Batu Bolong dari Airport Lombok hanya 1 jam saja. Klik Rute

Tiket Masuk : 

Free / Donasi 5000 dan biaya parkir.

Fasilitas Umum : 

Masih belum banyak tersedia fasilitas umum yang memadai di sekitar Pure Batu Bolong, hanya beberapa warung dan toko di pinggir jalan.

Fakta Unik : 
Di tempat wisata ini Anda akan melihat keunikan Bongkahan batu yang berlubang di bawah Pura dan Pura ini merupakan salah satu pura Agama Hindu yang berlokasi di Pinggir Pantai.

Hotel di Sekitar Objek Wisata Ini : 

Tersedia beberapa hotel di sekitar Objek Wisata ini. 
  • Grand Senggigi Hotel : Alamat Jl. Raya Senggigi No.Km, RW.8, Senggigi, Batu Layar, Kabupaten Lombok Barat. No Telpon : (021) 29707600, Harga kamar mulai dari 200.000/malam

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik Ulasan


23. Replika Gunung Rinjani di Wisata Alam Taman Narmanda

Taman Narmada - Wisata di Lombok by @dytaprylianty

Taman Narmanda bukan sekedar taman yang membuat Anda terpesona dengan tatanan lanskapnya yang keren. Lebih dari itu, taman ini memiliki sejarah penuh makna yang mengikat hati para pemeluk agama Hindu. Di sini ada cerita legenda Sang Raja Anak Agung Ngurah Ngurah Karangasem yang mengawali ide pembangunan Taman Narmanda. Pembangunan ini dilatarbelakangi karena kondisi fisiknya yang tidak lagi mampu mendaki Rinjani.

Buat Anda yang bingung mencari Tempat Wisata Lombok yang kekinian, Taman Narmanda adalah tempat yang paling tepat. Meski telah dibangun sejak puluhan tahun lalu saat zaman kerajaan kuno, namun desain Taman Narmanda sangat kekinian. Di sekelilingnya dipenuhi pohon-pohon besar yang menjulang tinggi. Belum lagi hamparan rumput lembut di sepanjang lahan taman, membuat pesona Taman Narmanda semakin sempurna.

Pembangunan Taman Narmanda ini sendiri dilatarbelakangi nuansa religius yang kuat. Raja Anak Agung membuat taman ini sebagai replika Rinjani. Akibat dirinya tidak lagi mampu mendaki Rinjani untuk upacara doa Pujawali. Larung saji dilakukan di Segara Anakan sementara upacara doa dilakukan raja di Taman Narmanda. Karena itu saat datang ke Taman Narmanda ada ornamen-ornamen peribadatan hingga pura itu sendiri di dalamnya.

Di taman seluas hampir 3 hektar ini, dibangun sebuah danau yang menjadi replika dari Segara Anakan. Saat ini danau ini menjadi tempat Wisata Lombok yang banyak didatangi keluarga untuk bermain perahu kayuh. Sementara di sebelah danau terdapat pemandian Sang Raja dan keluarganya yang sekarang ini telah menjadi pemandian umum. Meski banyak ornamen kuno, namun Wisata Lombok di Taman Narmanda cocok untuk mendapatkan spot foto populer dan kekinian.

Tempat Wisata Lombok - Taman Narmada by @izznailul

Alamat : 

Jalan Raya Narmada, Lembuak, Narmada, Kabupaten Lombok Barat


Akses Dari Airport Lombok : 

Jarak dari Airport Lombok ke Taman Narmada yaitu 26,6 KM dan waktu tempuh untuk lokasi ini yaitu 45 menit saja. Klik Rute

Tiket Masuk :

Rp. 5000/Orang dan dikenakan Biaya Parkir serta di sarankan menggunakan jasa local Guide untuk menjelaskan secara detail tentang Taman Narmada

Fasilitas Umum : 

Terdapat beberapa Warung makan dan penjual sate bulayak di tempat wisata ini. Di luar area objek wisata ini terdapat pasar tradisional dan beberapa ruko dan toko.

Fakta Unik : 

Tempat ini merupakan salah satu Objek Wisata Bersejarah Kerajaan Karang Asem Bali.

Hotel di Sekitar Tempat Wisata Ini : 

Di tempat ini belum tersedia Hotel dan penginapan namun tersedia banyak lesehan dan rumah makan yang bisa Anda kunjungi untuk berwisata kuliner.

Ulasan Wisatawan / Pengunjung :  Klik disini.


24. Simbol Kerukunan Umat Beragama Obyek Wisata Pure Lingsar

Pure Lingsar Wisata di Lombok Barat

Dibandingkan sebagai tempat peribadatan, Pura Lingsar cenderung lebih dekat sebagai cagar budaya yang dikunjungi banyak wisatawan. Tidak heran jika pura ini menjadi tujuan Wisata Lombok yang juga hampir selalu didatangi para pengunjung lokal dan dari luar. Jika Anda liburan ke Lombok, jangan lupa singgah di pura yang dianggap paling suci ini. Selain melihat uniknya arsitektur pura, jika beruntung Anda dapat menyaksikan ritual peribadatan di Lingsar.

Bagi masyarakat Lombok, Pura Lingsar merupakan yang paling besar sekaligus paling suci. Uniknya pura ini bukan saja milik umat Hindu namun juga menjadi tempat peribadatan umat Islam Wetu Telu. Terbayang bagaimana sakralnya upacara kedua umat beragama tersebut saat dilakukan bersama? Sayangnya hanya waktu-waktu tertentu upacara peribadatan mereka dilakukan. Jika beruntung, Anda dapat menyaksikan peribadatan tersebut selama Berwisata di Lombok.

Bagian utara pura dinamakan Gaduh untuk pemeluk Hindu beribadah. Sementara bagian selatan dinamakan Kemaliq untuk tempat peribadatan umat Wetu Telu. Hampir tidak ada gesekan yang terjadi antara keduanya. Karena itu Pura Lingsar ini menjadi simbol kerukunan umat beragama yang sangat kuat. Tentu sangat disayangkan jika Anda melewatkan uniknya pura yang satu ini selama menjelajah dan berwisata Lombok Barat.

Wisata Pure Lingsar Lombok Barat by @tantimastika

Untuk spot foto terbaik, Anda dapat berkeliling pura menuju kolam Dewa Wisnu. Kolam yang dibangun untuk menghormati Dewa Wisnu ini memiliki penghuni berupa ikan ajaib. Ikan-ikan ini tidak akan menampakkan diri sebelum dipanggil dengan menceburkan telur rebus. Ada juga spot foto yang tidak kalah unik yakni Perang Topat. Upacara adat ini dilakukan umat Hindu dan Islam Wetu Telu dengan saling melempar ketupat. Unik bukan? Pastikan tidak melewatkan keunikan ini saat berwisata Lombok.

Lokasi : 

Jl. Raya Lingsar, Batu Kumbung, Lingsar, Kabupaten Lombok Barat

Maps : Klik Koordinat

Akses Dari Airport Lombok : 

Untuk sampai ke Tempat Wisata ini dari Airport Lombok membutuhkan waktu sekitar 53 menit dengan jarak 31,3 KM. Klik Rute

Tiket Masuk : 

Free/Donasi Rp. 5000 dan Jasa Local Guide di tempat ini sekitar 30.000

Fasilitas Umum : 

Masih belum banyak tersedia

Fakta Unik : 

Setahun sekali di tempat ini di adakan upacara adat Perang Ketupat yang di hadiri Umat Hindu dan Islam Pulau Lombok.

Hotel di Sekitar Tempat Wisata Ini : 

Tersedia Penginapan yang terdekat dengan Pure Lingsar yaitu Losmen Ida yang jaraknya hanya beberapa kilometer saja dari Pure Lingsar. Lihat detail Lokasi.

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik disini


25. Pemandangan Cantik dan Gratis di Wisata Bukit Malimbu

Bukit Malimbu - Wisata di Lombok by @zyumaexito

Wisata di Lombok menawarkan keindahan yang lengkap dari pantai, gunung, taman hingga bukit. Seperti keindahan yang ditawarkan Bukit Malimbu yang mampu menyihir semua wisatawan. Hampir semua wisatawan yang Berwisata ke Lombok Barat, selalu menyempatkan diri datang ke Bukit Malimbu. Selain karena pemandangan alam di sekitar bukit yang melimpah cantiknya, juga karena semua keindahan tersebut tidak berbayar atau gratis.

Dari Pantai Senggigi, Bukit Malibu hanya menghabiskan perjalanan selama beberapa menit. Karena itu lebih banyak orang yang datang ke Senggigi akan langsung mendaki ke Malimbu. Dari Malimbu, Anda akan melihat indahnya pemandangan di sekitar termasuk Senggigi yang tampil menawan dari sisi yang berbeda. Bahkan meski udara semakin panas saat siang hari, para wisatawan terutama yang datang dari luar semakin banyak dan asyik mengambil foto.

Ada dua Bukit Malimbu. Malimbu 1 dan Malimbu 2 yang menawarkan keindahan tidak jauh berbeda. Namun entah mengapa banyak wisatawan yang lebih menyukai Bukit Malimbu 2. Dari Kota Mataram hanya berjarak 30 menit. Karena itu setiap kali berwisata Lombok Kota Mataram, pastikan Anda tidak melewatkan berkunjung ke Malibu. Tunggu sampai sore hari untuk melihat indahnya sunset Malimbu. Dijamin pemandangan ini tidak akan Anda jumpai di Tempat Wisata Lombok lainnya.

Wisata di Bukit Malimbu Lombok by @journeylaziza_

Lokasinya yang berada di tepi jalan, membuat Bukit Malimbu ini selalu menjadi tempat singgah para wisatawan. Bahkan banyak komunitas sepeda hingga motor besar yang juga singgah untuk sekedar menyambut sunset yang menjadi pembicaraan banyak orang. Di beberapa spot untuk menikmati sunset, bahkan terdapat kera-kera liar yang muncul dari dalam semak belukar lebat. Pastikan jangan ketinggalan mendapat keindahan Bukit Malibu saat berwisata Lombok.

Alamat  : 

Malaka, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara.


Akses Dari Airport Lombok : 

Waktu yang di tempuh yaitu 1 jam 15 menit dan jaraknya dari Airport Lombok ialah 56 KM. Klik Rute 

Tiket Masuk : 

Gratis hanya biaya parkir

Fasilitas Umum : 

Tersdia banyak lapak penjual makanan ringan, ikan bakar dan oleh - oleh.

Fakta Unik : 

Dari tempat ini Anda bisa menikmati sunset dengan Background Gunung Agung Bali.

Hotel di Sekitar Objek Wisata Ini : 

Tak Terlalu banyak Hotel di tempat ini hanya beberapa saja. 
  • Malimbu Cliff Villa : Alamat Jl. Raya Senggigi Pemenang Dusun Malimbu Senggigi. No Telpon : 0813-5350-0444, Web :  malimbucliffvilla.com, Harga kamar mualai dari Rp. 2.000.000/malam

Ulasan Wisatawan / Pengunjung :  Klik disini. 


26. Terpikat Indahnya Pantai Sekotong

Pantai Sekotong Wisata Lombok by @ulfaeni99

Lombok memiliki banyak pantai-pantai cantik yang masih jarang diekspos kepada khalayak ramai. Menjadikan pantai-pantai nan indah ini lebih sepi, tidak terjamah dan masih alami. Seperti yang terjadi pada Pantai Sekotong, meski publisitas mengenai pantai ini mulai ramai dilakukan, namun masih jarang pengunjung yang datang. Jadi Anda bisa memanfaatkannya sebagai tempat liburan yang menyenangkan sekaligus menenangkan.
Saat pertama kali datang ke Sekotong, pastikan untuk langsung menjejakkan kaki telanjang Anda ke pasir pantainya. Ada keunikan tersendiri dari pasir Pantai Sekotong. Bukan merasakan kelembutan butiran pasirnya, namun Anda akan merasakan butiran-butiran besar yang membuat kaki geli. Asal Anda tahu jika Sekotong ini terkenal sebagai Pantai Merica karena butiran pasirnya yang berukuran lebih besar seperti merica.

Selain pasirnya yang unik, Tempat Wisata Lombok Barat yang masih sangat bersih ini juga memiliki laut yang jernih dengan warna biru tosca. Warna pasir putih berpadu cantik dengan biru tosca menjadi panorama menawan dalam bingkai kamera Anda. Caba datang sehabis subuh  ke bibir pantai untuk menyambut kedatangan sang cahaya emas dari ufuk timur. Pemandangan matahari terbit di Sekotong sangat menakjubkan.

Wisata Lombok Pantai Sekotong by @ifha_latifah

Belum lagi latar belakang Gunung Agung Bali dan juga gugusan pulau kecil di seberangnya, Pantai Sekotong menjadi lebih indah karenanya. Untuk memastikan eksplorasi Anda semakin dalam, jelajahi juga keindahan bawah laut Sekotong. Tempat Wisata Lombok yang satu ini memiliki beragam biota laut yang tidak akan cukup dijelajahi hanya dalam satu hari. Pilih penginapan terbaik di dekat Sekotong untuk menunggu sunset yang tidak kalah indah.

Alamat / Lokasi : 

Dusun Labuan Poh, Desa Batu Putih, Batu Putih, Sekotong Tengah

Maps : Klik disini

Akses Dari Airport Lombok : 

Waktu yang di tempuh yaitu 1 jam 47 menit dengan jarak 78.1 KM melalui jalur Bypass. Klik Rute

Tiket Masuk : 

Gratis Hanya di kenakan biaya Parkir

Fasilitas Umum : 

Tempat ini masih belum terlalu banyak fasilitas yang memadai untuk para wisatawan namun di sekitar objek wisata ini tersedia beberapa Hotel dan Resort.

Fakta Unik : 

Pantai / Jalan di Sekotong sering di jadikan tempat Event besar seperti Lari Maraton dan Balap Sepeda.

Hotel di Sekitar  : 

Tersedia beberapa pilihan hotel dan penginapan di sekitar Pantai Sekotong / Area Sekotong yang mudah di temui.

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik disini 


27. Gugusan Pulau Kecil yang Indah, Gili Nanggu

Wisata Gili Nanggu Lombok

Wisata Gili Nanggu Lombok - Tersusun atas gugusan pulau-pulau kecil menjadikan Lombok sebagai tempat yang istimewa. Salah satunya berdampak pada sektor pariwisatanya yang dipenuhi dengan keindahan pantai-pantai dari gugusan pulau kecil ini. Jika di Wisata Lombok Utara memiliki Gili Trawangan, maka di Lombok Barat memiliki Gili Nanggu. Pesona dan keindahan gili yang satu ini bahkan digadang-gadang menyamai Trawangan yang telah terkenal di pelosok negeri.
Letak Gili Nanggu berada di Selat Lombok. Tepatnya berada di Pesisir Barat Lombok. Secara administratif, Gili Nanggu menjadi bagian dari Kabupaten Lombok Barat. Karena itu dalam masa-masa penjelajahan Wisata Lombok Barat, tujuan seperti Gili Nanggu tidak pernah terlewatkan. Dari Tawun Sekotong, Gili Nanggu hanya berjarak 45 menit melalui penyeberangan laut. Sementara dari Mataram berjarak 27 kilometer.

Jaraknya yang tidak terlalu jauh dari Mataram, menjadikan Gili Nanggu dan keindahannya juga sebagai tempat singgah para wisatawan yang sedang berwisata di Kota Mataram. Pemandangan alam Gili Nanggu sama indahnya dengan Trawangan. Bahkan dianggap lebih baik dari Trawangan karena mirip dengan pantai privat untuk wisatawan tertentu. Padahal Gili Nanggu terbuka untuk umum namun masih tidak banyak yang mengetahuinya.

Gili Nanggu - Wisata di Lombok

Untuk Anda yang ingin berwisata Lombok di tempat yang sepi, Gili Nanggu adalah pilihan yang tepat. Cari tempat penginapan terbaik untuk beristirahat sambil menunggu sunset dan sunrise esok hari. Paduan cahaya keemasan dengan warna air laut yang biru gelap akan terlihat seperti sebuah maha karya. Belum lagi saat siang hari, Anda dapat mencoba beraktivitas melihat keindahan bawah laut Nanggu yang menjadi tempat sangat indah dalam tempat persinggahan Wisata Lombok.

Maps : Koordinat disini

Akses Dari Airport Lombok : 

Waktu yang di tempuh sekitar 1 jam 9 menit dari Airport Lombok ke Pelabuhan Tawun kemudian menaiki boat sekitar 15 menit untuk ke Gili Nanggu. Klik Rute

Tiket Masuk : 

Rp. 5000/Orang dan Biaya parkir kendaraan

Fasilitas Umum : 

Di Objek Wisata ini belum tersedia fasilitas yang lengkap untuk para wisatawan hanya tersedia 1 penginapan saja dan tempat bilas.

Fakta Unik : 

Di Objek Wisata ini pengunjung di larang memancing ikan karna ikan2 yang ada di laut di jadikan hal yang unik bagi wisatawan untuk aktivitas snorkeling.

Hotel di Sekitar  : 

Hanya tersedia 1 hotel / penginapan di tempat wisata ini yaitu Gili Nanggu Cottage. Anda juga bisa stay di Hotel Area Sekotong yang dimana Area Sekotong menrupakan tempat terdekat dengan Gili Nanggu.

Lihat Ulasan Wisatawan : Klik disini


28. Pulau Serasa Milik Sendiri, Gili Kedis

Gili Kedis Wisata di Lombok

Gili Kedis Wisata di Lombok - Menghabiskan liburan di keramaian seringkali membosankan. Ada kalanya Anda membutuhkan tempat untuk menyepi yang tenang seperti Gili Kedis. Tempat Wisata di Lombok yang satu ini menjadikan Gili Kedis sebagai tujuan liburan terbaik untuk Anda yang sedang mencari ketenangan. Gugusan pulau yang ukurannya tidak lebih dari seratus meter ini masih sangat sepi, belum banyak dijamah dan menawarkan suasana sepi juga tenang seperti yang Anda inginkan.
Lebih penting lagi, kedamaian dan juga ketenangan yang ditawarkan didukung dengan keindahan alam yang sangat menawan. Datang ke Gili Kedis sama dengan membuat segala kepenatan Anda hilang bersama semilir angin dan deburan ombak tenang di sekitarnya. Pulau ini berada di Sekotong Tengah dengan pemandangan air laut yang terhampar di sekeliling. Serasa memiliki pulau pribadi saat datang ke Gili Kedis.

Sebagai tempat wisata Lombok Barat yang terbilang baru dieksplorasi, Gili Kedis masih sangat minim fasilitas. Namun justru karena itulah daya tarik Gili Kedis. Anda bisa menjelajahi keindahan setiap sudutnya seolah wisatawan yang terdampar. Pasir putihnya masih sangat bersih sehingga Anda bebas berlarian dan berguling-guling di atasnya. Untuk penyuka snorkling dan diving, Gili Kedis dan keindahan bawah lautnya telah menunggu Anda.

Wisata Pulau Lombok - Gili Kedis

Selain beraktivitas snorkling dan diving seperti biasa, pastikan untuk tidak melewatkan banyak spot foto keren di Gili Kedis. Asal Anda tahu, Gili Kedis yang luasnya tidak lebih dari lapangan bola tersebut memiliki puluhan spot cantik yang dapat menghiasai instagram Anda. Berfoto di atas ayunan hingga mencelupkan kaki telanjang ke dalam air laut Gili Kedis akan menjadi foto yang  keren. Gili Kedis adalah salah satu spot Wisata Lombok terbaik yang harus Anda kunjungi.

Maps : Koordinat disini

Akses Dari Airport Lombok : 

Waktu yang di tempuh sekitar 1 jam 9 menit dari Airport Lombok ke Pelabuhan Tawun kemudian menaiki boat sekitar 10 menit untuk ke Gili Kedis. Klik Rute

Tiket Masuk : 

Rp. 5000/Orang dan dikenakan biaya parkir kendaraan di pelabuhan tawun

Fasilitas Umum : 

Tidak Tersedia Fasilitas Umum karna Pulau kecil ini tidak berpenghuni.

Fakta Unik : 

Di pualu kecil ini terdapat banyak Bintang Laut di sekitar pinggiran pantai serta pulau ini tidak ada penghuninya.

Hotel di Sekitar  : 

Tidak tersedia penginaan di tempat wisata ini namun Anda bisa mengambil Alternatif dengan menginap di sekitar Hotel Area Sekotong dan dengan mudah Anda akan mengunjungi tempat wisata ini.

Lihat Ulasan Wisatawan : Klik disini


29. Surga Bagi Peselancar, Wisata Desert Point Bangko-Bangko

Bangko Bangko Wisata Lombok by @juniorgarcia.br

Selain populer karena keindahan pantai dan gugusan pulaunya yang luar biasa, Wisata Lombok juga memiliki satu lagi spot ternama hingga dunia. Desert Point atau Bangko-Bangko yang menjadi surga bagi para peselancar lokal hingga dunia. Hebatnya desert point di Lombok ini masih jarang diketahui banyak orang sehingga tidak terlalu ramai pengunjung. Sehingga para peselancar dapat dengan puas melakukan hobinya memainkan ombak tinggi.
Popularitas Bangko-Bangko ini bahkan telah diakui secara internasional. Bangko-Bangko berada di posisi keenam dari banyak negara dengan kriteria ombak terganas dan terbaik untuk berselancar versi organisasi Internasional Surfing Association. Belakangan popularitas Bangko-Bangko semakin mendunia sehingga banyak kompetisi dilakukan di sini. Jika Anda memiliki hobi yang sama, jangan lewatkan spot Bangko-Bangko ini saat berwisata Lombok Barat.

Jenis ombak desert point Bangko-Bangko dikategorikan ke dalam Ombak Kiri. Ada waktu saat Anda berselancar Lefthand. Dengan kata lain Anda selalu terdorong ombak ke arah sisi kiri. Jenis ombak dengan dinding cekung sepuluh detik bisa Anda jumpai di Bangko-Bangko. Bahkan jenis ombak dinding cekung 20 detik sepanjang 300 meter juga dapat Anda temui di Bangko-Bangko. Jangan mengaku hobi selancar jika belum menaklukkan tempat Wisata Lombok terbaik desert point Bangko-Bangko.

Wisata Lombok Barat Bangko Bangko

Bagi Anda yang tidak hobi selancar, tidak perlu kecewa saat datang ke desert point Bangko-Bangko. Di sini Anda juga masih bisa menikmati panorama alam hingga kelembutan pasir putihnya yang masih bersih dan alami. Jika ingin merasakan deburan ombaknya yang ganas, masuk sedikit lebih dalam ke laut. Namun Anda harus berhati-hati, pastikan perlengkapan keamanan telah terpakai. Dijamin tidak akan kecewa menjadikan Bangko-Bangko sebagai tempat singgah saat Berwisata di Lombok.

Maps : Klik disini

Akses Dari Airport Lombok : 

Dari Airport Lombok ke Pantai Bangko - Bangko perjalanan berkendara hanya 1 jam 57 menit dan jaraknya sekitar 82,6 km. Klik Rute

Tiket Masuk : -

Fasilitas Umum : 

Tersedia beberapa warung kecil, tempat Parkir dan beberapa penginapan di rumah warga sekitar.

Fakta Unik : 

Pantai ini menjadi surga bagi para peselancar baik itu peselancar domestik maupun mancanegara.

Hotel di Sekitar  : 

Hanya tersedia 1 penginapan di tempat ini yaitu The Bebaleq Resort

Lihat Ulasan Wisatawan : Klik disini


30. Air Terjun Asin, Pantai Nambung

Pantai Nambung Wisata Lombok Barat by @syariefadam1_

Jika Anda pikir keindahan alam yang disuguhkan Tempat Wisata Lombok sudah biasa, coba datang ke Pantai Nambung. Pantai yang satu ini sekilas menawarkan keindahan alam yang ada di banyak pantai-pantai di Lombok. Namun jangan salah, dibalik keindahan alamnya yang banyak Anda saksikan di Lombok, Pantai Nambung memiliki sebuah air terjun. Adakah air terjun di pantai-pantai yang selama ini Anda kunjungi di Lombok?
Saat mendengar tentang air terjun, tentu benak Anda akan terpikir dengan air terjun yang selama ini banyak Anda kunjungi selama berwisata Lombok. Air yang jatuh dari atas tebing tinggi dengan percikan-percikan airnya yang jernih. Air terjun yang terdapat di Pantai Nambung juga tidak berbeda karena jatuh dari tebing tinggi. Demikian pula percikan airnya bertebaran ke banyak tempat dan menjadikannya lebih indah.

Namun Destinasi Wisata Lombok Barat yang sangat fenomenal ini berbeda dari air terjun lainnya. Air terjun Pantai Nambung merupakan air asin. Letaknya berada di ujung Pantai Nambung. Untuk sampai ke sana, Anda harus berjalan kaki lebih dulu melewati hamparan pasir merica yang membuat kaki telanjang Anda geli karena menginjaknya. Sampai di ujung pantai ada berdiri menjulang berjajar batu-batu karang tinggi.

Wisata Lombok Pantai Nambung by @fajjar_pra

Saat air laut pasang, air menembus batu-batuan karang yang berjajar menjulang ini. Menembus hingga menyemburkan air yang membuatnya mirip air terjun. Fenomena ini adalah pemandangan menakjubkan sekaligus ekstrim yang disukai banyak wisatawan. Jangan lewatkan juga kolam air di balik batuan karang menjulang tersebut saat air laut surut. Keindahan alam ini tidak akan pernah dapat dibayar dengan apapun, bahkan saat Anda berkunjung ke tempat Wisata Lombok lainnya

Alamat / Lokasi : 

Dusun Nambung, Desa Buwun Mas, Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat

Maps : Klik Koordinat

Akses Dari Airport Lombok :

Waktu yang di tempuh dari Airport Lombok sekitar 55 menit melalui jalur Jl. Selong Belanak. Untuk detail lihat rute Klik Disini.

Tiket Masuk : 

Hanya di kenakan biaya Parkir kendaraan saja saat Anda berkunjung ke Tempat Wisata ini.

Fasilitas Umum : 

Di tempat Wisata ini belum lengkap tersedia Fasilitas pendukung para wisatawan.

Fakta Unik : 

Di tempat wisata lombok yang satu ini Anda akan melihat fenomena unik dan menarik yaitu Air Terjun yang Airnya Asin dan tempat wisata ini masih tergolong Baru.

Hotel di Sekitar  :

Hanya tersedia satu penginapan saja di tempat wisata ini yaitu Villa Nambung. Untuk melihat detail Lokasi dan Harga kamar permalam di Villa Nambung Klik disini

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik disini 


Tempat Wisata di Lombok Timur

Tempat Wisata Lombok Timur punya pesona yang tidak bisa ditolak oleh para pecinta traveling. Kamu pasti pernah mendengar tentang uniknya Pantai Pink yang pasir pantainya bukan putih bukan hitam, namun berwarna pink. Atau tentang megah dan indahnya Gunung Rinjani yang merupakan gunung berapi aktif dengan salah satu puncak yang tertinggi di Indonesia. Kabupaten yang beribukota di Selong ini meyimpan keindahan tempat wisata yang harus Kamu kunjungi sendiri setidaknya sekali seumur hidup. Mau liburan sendirian sambil mencari jati diri boleh, mau ramai-ramai bersama dengan keluarga atau teman juga ser, mau liburan romantis sambil bulan madu sama pasangan pun dijamin berkesan. 

Tidak heran kalau Lombok Timur punya tempat wisata yang begitu berkesan. Kabupaten ini tiga sisi perbatasannya dibatasi oleh perairan yaitu Laut Jawa pada bagian utara, Samudera Hindia pada bagian selatan, dan pada sisi Timur ada Selat Alas yang merupakan batas antara Pulau Lombok dengan Pulau Sumbawa dan merupakan spot untuk penangkapan cumi-cumi terpenting di Indonesia. Dengan kondisi geografi yang luar biasa, wajar jika Lombok Timur punya tempat wisata yang cukup spesial.
Dua tempat wisata paling ikonik di Lombok Timur sudah disebutkan di atas, yaitu Pantai Pink dan juga Gunung Rinjani. Tapi Lombok Timur tidak hanya punya dua objek wisata saja, masih banyak lho yang bisa Kamu jelajahi. Seperti misalnya Pantai Kaliantan, Tanjung Bloam, Gili Sunut, Tanjung Ringgit, Pantai Surga, Gili Bagek, Gili Sulat, Gili Lawang, dan masih banyak lagi lainnya. 

31. Soft Trekking di Bukit Pergasingan

Wisata Lombok Timur Bukit Pergasingan by @sukryaahmad

Bukit Pergasingan adalah objek Wisata di Lombok yang cukup populer terutama di kalangan para pecinta alam yang punya hobi mendaki. Bukit ini dikenal sebagai jalur pendakian yang dimanfaatkan sebagai pemanasan sebelum naik ke Gunung Rinjani. Bisa juga jadi jalur pendakian alternatif bagi yang belum bisa kesampaian naik ke Rinjanji karena jalurnya yang ditutup atau karena alasan lain. Bagi Kamu yang belum punya banyak pengalaman mendaki atau ketahanan fisik yang belum banyak terlatih, mendaki Bukit Pergasingan bisa Kamu coba karena jalurnya yang lebih mudah untuk pemula. Dari atas Bukit Pergasingan Kamu akan disuguhi dengan pemandangan Gunung Rinjani yang indah dan megah.

Bukit Pergasingan letaknya ada di Desa Sembalun, Lombok Timur, tidak jauh dari lokasi Gunung Rinjani. Bukit ini memiliki tinggi 1.700 mdpl yang puncaknya bisa ditempuh dengan pendakian yang tidak terlalu sulit. Namun bagi Kamu yang ingin mendaki tetap mempersiapkan diri dengan perlengkapan daki standar terutama baju hangat, alas kaki yang tepat, dan juga makanan dan minuman untuk menjaga agar tubuh tetap punya energi dan tidak dehidrasi. 
Sampai di puncak, Kamu akan menemukan pemandangan gunung dan lembah yang luar biasa indah. Dengan desa lembah yang dipenuhi dengan petak-petak sawah dan pertanian, dan juga kontur Gunung Rinjani yang membuat suasana jadi serasa sakral. Banyak pula pendai Bukit Pergasingan yang mendirikan tenda untuk berkemah  di atas puncak. Pemandangan matahari terbit yang indah adalah tujuan para campers untuk rela melawan dingin dan kerasnya tanah karena bayaran keindahan alam yang didapatkan tak ternilai harganya.

Bukit Pergasingan Wisata Lombok Timur by @dentajaya


Alamat / Lokasi : 

Sembalun Lawang - Lombok Timur

Maps : Klik Koordinat

Akses Dari Airport Lombok : 

Waktu yang ditempuh dari Airport Lombok ialah 2 jam 26 menit berkendara melalui rute jalan raya labuan lombok. Klik Rute

Tiket Masuk : 

Fasilitas Umum : 

Di Sekikar Sembalun atau di bewah perbukitan pergasingan tersedia beberapa penginapan bagi wisatawan yang ingin melakukan pendakian ke Bukit Pergasingan.

Fakta Unik : 

Dari tempat ini Anda bisa melihat dengan jelas keindahan gunung Rinjani.

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Lihat Ulasan


32. Keindahan Pasir Putih dan Jernihnya Air di Gili Kondo

Wisata Lombok Timur Gili Kondo by @diane_persephone

Gili Kondo merupakan sebuah pulau kecil yang termasuk dalam bagian wilayah Lombok Timur dan menjadi salah satu destinasi wisata untuk Kamu yang suka menjelajahi hal-hal baru dan belum banyak dikunjungi orang sebelumnya. Pulau Lombok yang merupakan bagian dari Provinsi Nusa Tenggara Barat punya tiga pulau kecil yang reputasinya sudah terkenal. Ketiga pulau tersebut adalah Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Selain dari tiga pulau tersebut, masih banyak sebenarnya pulau-pulau kecil yang pemandangan pantai dan bawah lautnya tidak kalah kece. Salah satunya adalah Gili Kondo  yang bersih dan masih asli. 

Gili Kondo memiliki pemandangan pantai kelas dunia dengan hamparan pasir putih yang lembut, warna gradasi biru laut yang menyimpan misteri kehidupan bawah laut, dan juga langit cerah yang terbentang seakan jaraknya sangat dekat dengan permukaan bumi tanpa halangan gedung pencakar langit. Di pulau ini Kamu bisa menyewa kamar akomodasi yang sudah disediakan, atau mendirikan tenda sendiri tanpa dipungut biaya asalkan tetap menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan.  Aktivitas yang bisa Kamu lakukan di Gili Kondo antara lain adalah berenang di laur, snorkeling dan juga diving maupun plesir sambil menikmati pemandangan yang super cantik.

Gili Kondo Wisata Lombok Timur by @irwan17081991

Untuk bisa mencapai Gili Kondo dibutuhkan usaha yang agak ekstra karena pulau kecil ini belum mainstream sehingga papan penunjuk jalan pun belum bagus. Dari wilayah manapun di Lombok Kamu bisa menuju Kecamatan Sambelia, Kabupaten Lombok Timur dengan menggunakan kendaraan pribadi. Kemudian dari Sambelia menuju ke arah Pantai Padak Guar  di mana Kamu bisa menyewa perahu untuk menyeberang.

Alamat / Lokasi : 

Desa / Kelurahan Labuan Pandan, Kec. Sambelie. Kab. Lombok Timur.

Maps : Klik Disini

Akses Dari Airport Lombok : 

Perjalan yang akan di Tempuh dari Airport Lombok menuju ke Gili Kondo yaitu 1 jam 55 menit melalui Jl. Raya Labuan Lombok. Klik Rute

Tiket Masuk : 

Di kenaka baiay masuk ke tempat wisata ini 5000/orang dan Anda menyewa boat untuk sampai di tempat ini.

Fasilitas Umum : 

Tempat Wisata yang berlokasi di Lombok Timur ini belum tersedia fasilitas pendukung bagi para wisatawan atau pengunjung. Karena Pulau kecil ini tak ada penghuninya.

Fakta Unik : 

Pulau ini menjadi salah satu tujuan wisata atau tempat singgah bagi para bule yang akan melakukan Trip dari Gili Trawangan ke Pulau Komodo.

Hotel di Sekitar  : 

Karena Pulau ini tak ada penghuninya dan Pulau ini merupakan pulau pribadi jadi di tempat wisata ini tidak tersedia hotel dan penginapan.

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik Ulasan

33. Explore Keindahan Tebing Tanjung Bloam

Wisata Lombok Timur Tanjung Bloam by @ivan_chendana

Tanjung Bloam merupakan salah satu Tempat Wisata di Lombok Timur yang underrated, alias tidak begitu populer di kalangan wisatawan mainstream namun sebenarnya punya keindahan alam yang tidak kalah indah dibandingkan dengan objek wisata di Lombok lainnya. Untuk Kamu yang ingin dengan tenang hunting foto sambil menikmati suasana pantai yang masih asli, dijamin Tanjung Bloam adalah lokasi yang  bisa memuaskan jiwa liburan serumu.  Tidak hanya pantai dengan pemandangan indah yang bisa dinikmati namun ada juga elemen lainnya yang bisa mengisi waktu liburanmu jadi lebih seru.

Tanjung Bloam merupakan objek wisata yang letaknya ada di bagian selatan Lombok Timur. Lokasinya tidak jauh dari Pantai Tanjung Ringgit dan Pantai Kaliantan yang lebih banyak jadi sasaran wisatawan. Kalau Kamu kebetulan main ke dua pantai tersebut bisa langsung mampir ke Tanjung Bloam  yang lebih dikenal dengan tembok-tembok bukitnya yang cadas sehingga dan perairannya cenderung agak berbahaya jika digunakan untuk snorkeling karena itu jarang dikunjungi.

Tanjung Bloam Wisata Lmbok Timur by @afnida

Meski tidak direkomendasikan untuk mandi atau snorkeling di laut karena ombaknya yang cukup besar, Kamu masih bisa menjelajahi spot-spot di tepian tebing dan di atas bukit untuk hunting foto yang bagus. Di Tanjung Bloam ini Kamu  juga bisa melihat tempat penangkaran Penyu dan juga perahu-perahu nelayan yang datang dan pergi untuk mencari ikan.

Alamat / Lokasi : 

Jl. Pantai Beloam, Tanjung Ringgit, Jerowaru, Sekaroh, Lombok Timur

Maps : Klik Disini

Akses Dari Airport Lombok :

Waktu yang di tempuh hanya 1 jam 41 menit dengan berkendara melalui Jl. Raya Batunyala untuk sampai di tempat wisata tanjung bloam. Klik Rute

Tiket Masuk : 

Hanya di kenakan biaya parkir kendaraan saja.

Fasilitas Umum : 

Belum Tersedia fasilitas umum bagai para wisatawan.

Fakta Unik : 

Tempat wisata ini di juluki sebagai raja ampatnya Lombok.

Hotel di Sekitar  : 

Hanya tersedia 1 penginapan saja yaitu Jeeva Bloam. Penginapan yang bangunannya unik yang membuat Anda merasakan liburan di alam bebas. Lihat detail Jeeva Bloam

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik disini

34. Snorkeling Trip di Pantai Pink

Pantai Pink Wisata Lombok Timur

Pantai Pink adalah objek wisata yang paling populer di Lombok yang bisa dibilang menjadi pembuka pintu masuk bagi Wisata Lombok yang ternyata menyimpan keindahan alam dan bisa menjadi objek wisata yang menarik. Sesuai dengan namanya Pantai Pink memiliki warna pasir pantai yang sangat unik yaitu berwarna merah muda yang asal warnanya adalah dari sejenis kerang merah yang mati  kemudian cangkangnya remuk menjadi pasir dan bercampur dengan pasir pantai. Sebelum memiliki nama Pantai Pink, oleh warga lokal sebenarnya pantai ini memiliki nama Pantai Tangsi. Dari pantai ini pun Kamu bisa melihat pulau-pulau kecil atau gili yang bisa diseberangi dan dijelajahi.

Pantai Pink ada di sebelah timur Pulau Lombok, tepatnya ada di Desa Sekaroh, Kecamatan Jerowaru, Lombok Timur. Seperti kebanyakan cara untuk menuju ke objek-objek wisata yang ada di Lombok, untuk menuju ke Pantai Pink sebaiknya Kamu menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan, karena di Lombok belum begitu umum ditemukan transportasi umum. Sampai di Pantai Pink dijamin akan langsung takjub dengan lanskap warna yang indah perpaduan warna biru laut  yang tergradasi, pasir pantai yang pink, dan juga bukit hijau menawan.

Wisata Lombok Timur Pantai Pink

Air laut di Pantai Pink memiliki karakter yang tidak terlalu dalam pada bibir pantainya. Jadi Kamu bisa menyeburkan diri relatif lebih aman karena ombaknya juga tidak terlalu besar. Sayangnya belum ada fasilitas wisata yang bisa diandalkan di sekitar Pantai Pink sehingga Kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya secara mandiri.

Alamat / Lokasi :

Desa Sekaroh, Kec. Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur.

Maps : Klik Disini

Akses Dari Airport Lombok :

Waktu yang akan di tempuh dari Airport Lombok menuju Dermaga Tanjung Luar dengan berkendara sekitar 1 jam 2 menit melalui Jl. Raya Batunyala atau Jl. Sengkol - Mujur kemudian menaiki boat menuju ke Pantai Pink Lombok . Lihat Rute

Tiket Masuk : 

Dikenakan biaya 10.000/Orang dan Biaya Parkir serta Sewa Boat jika melalui jalur laut.

Fasilitas Umum : 

Tersedia pelayanan penyewaan boat menuju ke pantai pink dari Dermaga Tanjung Luar atau Telong Elong.

Fakta Unik : 

Tempat Wisata Lombok yang satu ini memiliki keindahan Alam yang masih alami serta pasir pantainya yang berwarna pink ketika di pagi hari.

Hotel di Sekitar  :

Di sekitar objek wisata ini belum tersedia hotel / penginapan.

Ulasan Wisatawan / Pengunjung : Klik disini


35. Liburan Menyenangkan di Gili Lampu

Gili Lampu Wisata Lombok Timur by @__annika__

Gili Lampu adalah salah satu pulau kecil yang mengitari Lombok dan letaknya ada di bagian timur pulau utama. Nama Gili Lampu didapatkan karena di pulau ini terdapat mercusuar dengan lampu yang fungsinya adalah untuk menjadi peringatan bagi para kapal yang lewat terutama di malam hari. Mercusuar yang ada di Gili Lampu ini sudah ada sejak jaman penjajahan Jepang lho, jadi meski masih  dalam kondisi yang baik, mercusuar ini menyimpan nilai sejarah ketika jaman pendudukan Jepang dulu. Dulunya, Gili Lampu hanya digunakan sebagai pelabuhan kecil bagi perahu-perahu nelayan yang sedang istirahat, baru pada tahun 90an pulau kecil ini dikembangkan jadi objek wisata dan kini sudah banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun asing.

Gili Lampu terkenal dengan kejernihan air lautnya sehingga bisa jadi spot snorkeling atau diving yang tidak mengecewakan. Kamu bisa dengan jelas melihat ke bawah air yang dipenuhi dengan biota laut yang indah. Kebanyakan turis yang datang ke Gili Lampu suka dengan karakter perairan yang ombaknya tidak besar dan karang yang tidak banyak sehingga lebih mudah untuk diselami.

Wisata Lombok Timur Gili Lampu by @zazaen_syachbandie

Datang ke Gili Lampu saat bukan musim liburan sekolah, karena kalau musim liburan sekolah bianya pulau ini banyak dikunjungi oleh sekolah-sekolah untuk wisata. Karena sudah biasa dikunjungi oleh wisatawan, Gili Lampu sudah menyediakan fasilitas umum seperti kamar kecil dan ruang ganti, serta warung-warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman sederhana. 

36. Lingkoq Datu, Pantai Penyisok

Lingkoq Datu, Pantai Penyisok adalah tujuan Wisata di Lombok yang belum banyak dikenal oleh wisatawan baik lokal maupun wisatawan asing sehingga suasananya masih sepi. Sepinya pengunjung juga bisa jadi karena jalan akses untuk menuju ke tempat ini memberikan tantangan tersendiri. Apalagi kalau habis hujan deras, seringkali jalannya tidak bisa dilewati oleh kendaraan karena berlumpur dan terlalu beresiko kalau dilewati. Namun apa yang menanti di balik jalan yang menantang ini adalah pemandangan laut luar biasa dari ketinggian tebing yang seperti berada di pinggir dunia. Untuk Kamu yang ingin memiliki cerita petualangan tersendiri bisa menjajal Lingkoq Datu, Pantai Penyisok.

Nama Lingkoq Datu memiliki arti sumur kerajaan di mana sekitar 1 km dari lokasi Pantai Penyisok Kamu bisa melihat ada sumur yang dipagari menggunakan kayu. Sedangkan Penyisok diambil dari kegiatan masyakarat lokal yang kerap mencari sisok atau siput laut ketika rawa yang ada di dekat pantai kering saat musim kemarau. Lingkoq Datu, Pantai Penyisok memang masih sepi dan belum ada fasilitas umum yang bisa digunakan, tapi justru karena ini Kamu bisa asyik menikmati pemandangan sambil foto-foto tanpa harus antri spot yang bagus.

Lokasi Lingkoq Datu, Pantai Penyisok ada di Kecamatan Jerowaru yang bisa dilewati melalui jalur Aro Inaq yang mengarah ke Pantai Pink. Namun saat sampai di pertigaan Dusun Aro Inaq Kamu harus belok ke kanan, sedangkan untuk ke Pantai Pink tetap lurus (agak ke kiri). Hati-hati dalam membawa kendaraan karena kondisi jalan yang tidak bagus. Jangan sungkan bertanya kepada warga lokal untuk memastikan Kamu berada di jalur yang benar. 

37. Air Terjun Mangku Sakti

Air Terjun Mangku Sakti bisa jadi tempat liburan alternatif di Lombok untuk Kamu yang agak bosan dengan pantai dan segala aktivitas airnya. Meski masih berhubungan dekat dengan air, namun main ke air terjun ini memberikan sensasi dan pengalaman tersendiri untuk waktu liburanmu. Air Terjun Mangku Sakti adalah air terjun yang letaknya ada di Desa Sajang, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur. Air terjun ini berada di kaki Gunung Rinjani sehingga merupakan daerah dengan dataran tinggi yang udaranya sejuk dan masih bersih bebas polusi. Air Terjun Mangku Sakti adalah tempat wisata pribadi yang cocok untuk Kamu yang ingin mendapatkan petualangan berbeda selama liburan ke Lombok.

Air Terjun Mangku Sakti memiliki ketinggian sekitar 40 meter dengan kedalaman kolam 2 hingga 4 meter yang bisa Kamu manfaatkan untuk berenang dan bermain air sepuasnya. Karena bukan merupakan objek wisata mainstream, air terjun ini masih sepi kok jadi Kamu bisa menikmati air terjun alami layaknya kolam pemandian sendiri. Oh ya, warna air di Air Terjun Mangku Sakti ini berwarna hijau toska lho. Hal ini disebabkan karena air gunung yang bercampur dengan sulfur. Mandi di kolam sulfur bisa membuat kulitmu bebas penyakit dan bagus untuk kecantikan.

Selain punya spot yang asyik untuk foto dan main air, Air Terjun Mangku Sakti ini juga punya cerita yang unik. Konon dulu ada seorang penjaga gunung Rinjani yang oleh warga lokal disebut dengan nama mangku. Tidak lama setelah mangku meninggal, warga menemukan air terjun yang diapit oleh dua batu yang salah satu sisinya membentuk seperti wajah. Bebatuan tersebut diyakini adalah wujud dari Sang Mangku oleh karena itu dinamakan Air Terjun Mangku Sakti. 


Wisata Lombok Kota Mataram

Wisata Lombok Kota Mataram bisa jadi tujuan pertama Kamu untuk liburan di Pulau Lombok karena selain sebagai ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat, Kota Mataram juga punya banyak tempat tujuan wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan yang lainnya. Sebelum Kamu main ke pantai dan ke gili-gili yang biasanya jadi tujuan utama wisatawan datang ke Lombok, pemanasan berkeliling Kota Mataram yang kental dengan suasana Islaminya ini bisa menambah pengalaman liburanmu. Beberapa Objek Wisata menarik di Kota Mataram yang bisa dikunjungi misalnya Masjid Islamic Center, Pura Meru, hingga kawasan Kota Tua yang bergaya vintage peninggalan sejarah asli.

Dulunya Lombok merupakan daerah kekuasaan kerajaan Islam, namun karena letaknya yang berdekatan dengan Bali, maka di Kota Mataram Kamu bisa melihat sendiri perpaduan budaya yang sangat unik antara Islam dengan Hindu. Kota Mataram dijuluki sebagai kota seribu masjid dengan Masjid Islamic Center adalah masjid yang terbesar di sini. Tapi Kamu juga bisa menemukan ada banyak pura yang dibangun salah satunya adalah Pura Meru yang merupakan pura Hindu terbesar di Lombok.

Objek wisata Lombok Kota Mataram menarik lainny adalah Museum Negeri Nusa Tenggara Barat yang menyimpan banyak koleksi sejarah kuno dan juga kerajinan-kerajinan Suku Sasak yang merupakan masyarakat asli Lombok. Kota Tua Ampenan juga bisa jadi lokasi kunjungan yang dulunya adalah kota pelabuhan pada jaman Belanda. Di sini Kamu akan menemukan bangunan-bangunan tua plus dermaga yang dulunya difungsikan sebelum akhirnya ditutup karena perairan Selat Lombok yang beresiko tinggi. 

38. Wisata Kota Tua Ampenan

Kota Tua Ampenan - Wisata di Lombok by @masyhar13

Kota Tua Ampenan adalah daya tarik wisata sejarah yang ada di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Kota yang masih banyak ditemui bangunan-bangunan tuanya ini dulunya ramai dan menjadi pusat kota di Mataram karena merupakan sebuah kota pelabuhan di mana pusat perdagangan terjadi di sini pada masa jaman pendudukan Belanda. Karena dulunya merupakan pusat perdagangan yang dipenuhi oleh para pedagang asing yang masuk ke Indonesia, Kota Tua Ampenan banyak dihuni oleh masyarakat keturunan Tionghoa dan juga Arab. Kamu bisa main ke kampung-kampung etnis yang ada di Kota Tua Ampenan untuk merasakan sendiri budaya yang menjadi ciri khas karakter mereka.
Pantai Ampenan juga menjadi salah satu daya tarik yang bisa Kamu kunjungi kalau sedang main ke kota tua ini. Di pantai yang dulunya merupakan dermaga kapal-kapal dagang ini masih nampak lho konstruksi bangunan tua jaman Belanda yang memberikan kesan misterius. Nongkrong di Pantai Ampenan paling mantab kalau di sore hari di mana Kamu akan disuguhi dengan pemandangan matahari terbenam yang romantis ditemani dengan jagung bakar yang nikmat.

Wisata Kota Tua Ampenan - Wisata di Lombok by @salmiyuli_

Kota Tua Ampenan adalah cerminan budaya Indonesia yang menjunjung tinggi kerukunan umat beragama dan juga antar etnis. Karena latar belakang budaya dan sejarah yang unik, Ampenan banyak dihuni oleh masyarakat yang memeluk agama berbeda dan juga dari etnis yang berbeda. Tidak hanya menangkap kokohnya bangunan tua peninggalan Belanda ketika mampir ke Kota Tua Ampenan, tapi kamu juga bisa sambil belajar mengenai toleransi di sini.


39. Wisata Religi Masjid Islamic Center

Wisata Lombok Masjid Islamic Center by @gunturrudy

Masjid Islamic Center yang menjadi masjid termegah dan terbesar di Lombok ini bisa jadi tempat Kamu untuk menjalankan ibadah umat muslim sambil mengagumi desain arsitektur masjid yang indah. Dilihat dari jauh pun kemegahan Masjid Islamic Center ini sudah nampak dengan kubahnya yang besar dan juga tiang menara yang tingginya mencapai 99 meter. Tinggi tiang 99 meter ini memang disamakan dengan nama Allah SWT yang berjumlah 99. Di siang hari, warna masjid yang emas dipadukan dengan aksen biru toska akan berubah menjadi super cantik dan magis di malam hari dengan lampu-lampu yang dipasang di sekitar bangunan masjid.

Masjid Islamic Center yang terletak di Kota Mataram ini dibangun pada tahun 2011 dan baru diresmikan pada akhir tahun 2013. Pemerintah daerah pun menetapkan masjid ini sebagai pusat Wisata Religi di Lombok bahkan hingga di tingkat internasional. Di bagian dalam masjid ini Kamu akan disambut dengan langit-langit kubah dengan desain yang unik. Motif kain tradisional Lombok tampak menghiasi nama Allah SWT yang berada di tengah kubah.

Masjid Islamic Center Wisata Kota Mataram Lombok by @ihsanculun

Masjid Islamic Center menempati lahan seluas lebih dari 7 hektar, dengan bangunan yang terdiri dari 4 lantai dan bisa menampung hingga 15.000 orang atau jamaah. Kamu juga bisa melihat pemandangan Lombok dari ketinggian dari menara masjid. Menara masjid yang memiliki tinggi 99 meter ini sudah dilengkapi dengan lift yang bisa menampung pengunjung untuk naik ke atas. 


40. Wisata Budaya Pure Mayure

Pure Mayure Wisata Kota Mataram Lombok by @shanndr13

Pure Mayure adalah peninggalan jaman kerajaan Hindu yang bisa Kamu kunjungi ketika berlibur ke Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Pure ini didirikan oleh Anak Agung Ngurah Karangasem  pada tahun 1744 yang pada awal didirikannya dulu diberi nama Taman Kelepug, dan diganti jadi Mayure pada tahun 1866. Kenapa diganti? Karena dulu konon katanya taman pure ini banyak dihuni oleh ular sehingga didatangkan burung-burung merak yang asalnya dari Palembang untuk memangsa ular-ular tersebut. Setelah bebas dari ular, Taman Kelepug diubah namanya jadi Mayure yang artinya merak dalam Bahasa Sansekerta. Seakan menjadi bukti dari legenda tersebut, Kamu bisa menemukan adanya relief-relief burung merak pada bangunan pure.

Pure Mayure tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah yang suci namun juga bisa jadi tempat wisata yang menyenangkan untuk Kamu. Suasana pure yang menyatu dengan alam, membuat kawasan pure ini rasanya sangat pas untuk bermeditasi dan merilekskan pikiran. Taman yang ditata dengan rapi dan diisi dengan berbagai macam tanaman menjadi pelengkap area komplek pure yang terdiri dari 4 pure utama. Pure utama yang ada di komplek Pure Mayure ini adalah Pure Gunung Rinjani, Pure Ngelurah, Pure Padmasana, dan juga Pure Gedong. 

Wisata Kota Mataram Lombok - Pure Mayure by @gnwn.marisa

Untuk Kamu yang mau mengunjungi Pure Mayure, ada beberapa hal yang  mesti diperhatikan. Pertama, Kamu harus mengenakan selendang merah yang cara mengikatnya di pinggang tergantung dengan statusmu apakah sudah menikah, punya kekasih, atau sendiri. Layaknya tempat ibadah yang suci, perbuatan yang tidak sopan juga sebaiknya jangan dilakukan di area pure. 

41. Wisata Kerajinan di Desa Cukli Jangkuk

Desa kerajinan cukli Jangkuk bisa jadi tempat Kamu untuk berburu oleh-oleh yang khas ketika liburan di Lombok. Apalagi produk kerajinan saat ini merupakan produk yang banyak diburu oleh wisatawan karena nilai seninya yang tinggi dan juga memberikan kesan tradisional dan etnis yang eksotis. Kerajinan cukli adalah kerajinan yang unik karena jarang ada di wilayah lain di Indonesia. Kerajinan cukli adalah memasang kerang-kerang putih yang sudah dipotong dengan bentuk tertentu kemudian ditempelkan pada produk furniture, guci, menjadi pajangan, dan berbagai macam produk kerajinan lainnya. di Lombok, kampung Rungkak Jangkuk adalah sentranya kerajinan cukli.

Desa kerajinan cukli Jangkuk letaknya ada di Kelurahan Satang-sayang, Mataram, Lombok. Kamu bisa mendatangi langsung ke pengrajin untuk mendapatkan harga yang lebih murah, syukur-syukur bisa melihat langsung proses pembuatannya. Yang menyukai souvenir cukli ini tidak hanya wisatawan dalam negeri saja lho, turis-turis asing juga banyak yang tertarik dengan kerajinan ini karena bentuknya yang unik namun cantik.

Harga souvenir di desa kerajinan cukli Jangkuk beragam tergantung dari jenis souvenir dan juga tingkat kerumitan motifnya. Satu set kursi sofa bisa dihargai hingga jutaan rupiah. Tapi Kamu bisa membeli produk-produk kecilnya seperti asbak, pot-pot kecil, pajangan, dan sebagainya. Produk kerajinan yang ditempel dengan cukli adalah produk kayu sehingga kesan alami dan tradisional memang sangat kental pada produk ini. 

Tempat Wisata di Lombok yang Hits Saat ini

Berikut telah kami uraikan seraca lengkap dan detail semua Tempat Wisata di Lombok yang sedang hits saat ini. Anda bisa merencaranakan liburan Anda di Pulau Lombok dengan memilih Tempat Wisata yang mana saja yang Anda sukai mulai dari Wisata Budaya, Wisata Pantai, Laut, Air Terjun dan Pegunungan semua itu akan menemani aktivitas yang menyenangkan saat Anda liburan di Lombok. Sampai Jumpa di Lombok. 

Follow us on Instagram @WISATA_LOMBOK