10 Aktivitas Wisata Gili Trawangan dan Fakta Uniknya

Tour di Gili Trawangan Lombok
Gili Trawangan Lombok

Gili Trawangan Lombok

Bagi Traveller tentunya tau Gili Trawangan merukapan salah Objek Wisata di Pulau Lombok yang sangat indah dan banyak peminatnya. Namun di balik keindahan dan populernya Gili Trawangan ada banyak hal yang harus anda ketahui sebagai pedoman anda saat berkunjung ke Objek Wisata ini. Kebayankan wisatawan hanya tau Gili Trawangan Lombok itu adalah pulau kecil yang memiliki keindahan pantai serta berbagai macam biota lautnya yang masih alami. Kamu juga harus tau fakta unik dan menarik yang tersembunyi tentang Gili Trawangan. Berikut ini kami uraikan secara lengkap Fakta Unik Gili Trawangan Yang Harus Kamu Tahu.

Sejarah Gili Trawangan. 

Sejarah Gili Trawangan
Sejarah Gili Trawangan

Tentunya yang sudah berkunjung atau yang lagi di Gili Trawangan belum tentu tahu tentang sejarah gili trawangan pulau kecil yang indah ini. Dulunya Kerjaan Karang Asem Bali ingin memperluas kekuasaannya sampai di Pulau Lombok dan Raja Bali mengutus Patih AA Gede Alit untuk menduduki Lombok dan pada saat itu pula Patih AA gede Alit membuang sekitar 350 orang pemberontak dari suku sasak ( penduduk asli pulau lombok ) ke Gili Trawangan. Ada alasan lain juga tahanan pemeberontak dari suku sasak yang waktu itu jumlahnya 350 orang tidak memiliki tempat tahanan yang akhirnya di buang ke Gili Trawangan.
Kemudian pada masa penjajahan Belanda di tahun 1870 seorang pelaut asal Sulawesi Selatan yang bernama Wak Sokna dari Suku Kerajaan Mandar Balanipa dan beberapa pelaut dari Suku Bugis berdatangan ke Pulau kecil ini dan menetap hingga turun menurun bersama suku sasak sampai saat ini.

Sejarah Nama Gili Trawangan 

Ada 2 versi cerita tentang Sejarah Nama Gili Trawangan yang beredar di masyarakat dan dari semua versi tersebut belum ada penelitian yang Autentik mengenai asal usul nama Gili Trawangan. berikut ini kami ulas dua versi sejarah nama Gili Trawangan.

  • Dalam bahasa sasak pulau kecil itu di sebut 'Gili' sedangkan Trawangan sendiri berasal dari kata 'Terangang' yang dimana Terangang ini artinya dalam bahasa sasak yaitu bertelurnya penyu, karna di Gili terdapat banyak penyu pada saat itu. Kemudian penyebutan kata Terangang ini agak sulit bagi suku sasak saat itu dan selalu menyebut Trawangan dan lama kelamaan kata Terangang berubah menjadi Trawangan akhirnya populerlah nama Gili Trawangan sampai detik ini.
  • Pada masa jaman penjajahan Jepang, Pulau kecil ini yaitu Gili Trawangan dimanfaatkan oleh pasukan tentara jepang untuk menerawang atau mengintai kapal - kapal musuh dari sekutu belanda. Pada masa itu masyarakat suku sasak lombok belum begitu pandai berbahasa Indonesia dalam penyebutan menerawang namun selalu tersebut kata "Trawangan" akhirnya masyarakat suku sasak memberi nama pulau kecil ini bernama Gili Trawangan yang sampai saat ini populer dengan nama tersebut.

Suku / Penduduk Asli di Gili Trawangan

Penduduk Asli Gili Trawangan

Dari cerita di atas tentang Sejarah Gili Trawangan tentunya kita bisa mengambil kesimpulan bahwa Suku Asli di Gili Trawangan ada 3 Suku yang mendiami pulau tersebut yaitu Suku Bugis, Suku Sasak dan Suku Mandar Balanipa, namun menurut Budi Hermana seorang jurnalis kompasiana bahwa penduduk yang saa ini lebih dominan di Gili Trawangan adalah Suku Bugis dan Suku Sasak yang kedua suku tersebut hidup berdampingan hingga kawin - mawin sampai lahirlah suku baru di Gili Trawangan yaitu Suku Busak ( Bugis - Sasak ). Suku Busak inilah yang sampai saat ini mendiami Gili Trawangan. Tak heran jika anda ke gili trawangan bahasa dan adat istiadat yang di gunakan oleh penduduk asli pulau ini berbeda dengan bahasa sasak dan adat istiadat sasak yang sering kita dengar dan lihat di Pulau Lombok.

Lokasi Strategis Gili Trawangan

Liburan ke Gili Trawangan
Lokasi Gili Trawangan

Gili Trawangan memiliki Lokasi yang Stategis yang sangat mudah di kunjungi. Karna Lokasi yang Strategis ini Gili Trawangan memberikan dampak Positif bagi kemajuan Pariwisata 2 daerah yaitu Bali dan Lombok. Wisatawan dari Bali dan Lombok menjadikan Gili Trawangan sebagai Destinasi Favorit mereka.

  • Kenapa Bali juga mendapat dampak Positifnya..? karna akses dari Bali menuju ke Gili Trawangan sangat mudah di kunjungi melalui jalur laut. Perhari sampai ribuan wisatawan mancanegara yang datang dari bali ke gili trawangan menggunakan transport laut fast boat. Jadi jangan heran, kamu akan banyak melihat bule yang berkeliaran di Gili Trawangan.
  • Dan Para Pelaku Wisata di Lombok menjadikan Gili Trawangan sebagai Destinasi unggulan mereka dalam mempromosikan produk wisata mereka. Karna jaraknya yang lebih dekat jadi wisatawan bisa tour seharian di Gili Trawangan dan sore hari kembali ke lombok tanpa harus menginap.

Loksi Gili Trawangan yang Strategis ini menjadikan 2 Pulau Besar di Sekitarnya yaitu Bali dan Lombok mendapatkan manfaat yang besar untuk kemajukan Pariwisata mereka.
Namun Secara Administratif Gili Trawangan masuk dalam wilayah Pulau Lombok yaitu : Kabupaten Lombok Utara, Kecamatan Pemenang dan Desa Gili Indah.

Peta Gili Trawangan



Akses Menuju Ke Gili Trawangan

Akses ke Gili Trawangan
Akses Menuju ke Gili Trawangan

Pulau kecil yang memiliki keindahan Pantai dan Trumbu Karang ini banyak di kunjungi Para Wisatawan dari berbagai belahan Dunia. Beberapa Wistawan yang ingin berlibur ke Gili Trawangan terkadangan belum mengetahui secara jelas dan detail jalan, rute atau akses yang bisa di tempuh untuk sampai di Gili Trawangan. Untuk Anda yang baru atau belum pernah ke Gili Trawangan berikut ini kami uraikan beberapa Akses yang bisa di tempuh untuk bisa sampai di Gili Trawangan.

  • Dari Airport Lombok : Akses dari Airport Lombok kami rekomundasikan bagi Anda yang ingin berlibur ke Lombok dan Sekalian mengunjungi Gili Trawangan. Anda Bisa Berangkat dari Airport Lombok melalui jalur Bypass kemudian menuju Kota Mataram dan sampai di Senggigi kemudain dari senggigi menuju ke pelabuhan bangsal atau teluk nare. Di Pelabuhan ini Anda akan menaiki boat untuk menyebrang ke Gili Trawangan sekiatar 20 menit. Jika Anda tak ingin repot Anda Bisa Memesan Paket Wisata Lombok yang include Tour ke Gili Trawangan di Travel Local Area Lombok.
  • Dari Pulau Bali : Ketika Anda selesai menikmati liburan di Bali sesekali Anda bisa mencoba Tour ke Gili Trawangan berangkat dari Pulau Bali. Anda bisa menuju ke Pelabuhan Padang Bay kemudian menaiki Fast Boat yang menuju ke Gili Trawangan dengan Biaya sekitar 350.000/One Way/Orang dan waktu yang di tempuh dalam perjalanan laut untuk sampai di Gili Trawangan sekitar 2 jam. Untuk lebih detail dan jelas Anda bisa membuka beberpa Website Jasa Penyebrangan Fast Boat Bali Lombok. 
  • Dari Pelabuhan Lembar : Untuk Anda Para Backpackers yang biasanya datang dari Pelabuhan Lembar Anda bisa menaiki Transportasi umum yang rutenya dari Pelabuhan Lembar ke Senggigi kemudian dari Senggigi Anda bisa naik Sutle Bus yang menuju ke pelabuhan bangsa atau teluk nare dan menaiki boat menuju ke Gili Trawangan. 

Karang Langka Gili Trawangan dan Akuarium Raksasa 

Karang Langka di Gili Trawangan

Gili Terawangan yang luasnya sekitar 338 hektare baru dikembangkan menjadi destinasi wisata pada Tahun 1980-an dan Gili Trawangan mengandalkan wisata bahari dengan keindahan pantai dan taman bawah lautnya.  Pulau Kecil ini menawarkan keindahan biota laut, berbagai jenis karang, ikan hias yang beraneka ragam, ikan napoleon, selain itu terdpat pula  kura-kura dan manta (pari). Semua keindahan Bawah Laut ini dengan mudah di dapati hanya dengan keberanian beranang sedikit saja untuk snorkling semua akan terlihat jelas bak Akuarium Raksasa. Biaya Sewa Alat Snorkling Rp. 75.000 dan Bisa Gabung di Snorkling Trip harian Gili Trawangan.

Gili Trawangan sampai saat ini banyak diminati oleh wisatawan mancanegara yang hobi akan Diving. Di mancanegara Gili Trawangan lebih terkenal dengan aktivitas divingnya karna banyak wisatawan mancanegara mengklaim bahwa di Gili Trawangan terdapat Karang Biru ( Blue Coral ) yang sangat indah dan langka dan Karang Biru ini hanya terdapat di 2 tempat saja di belahan dunia ini yaitu di Gili Trawangan dan  Lautan Karibia. Di Gili Trawangan terdapat banyak Dive Center, penyewaan alat diving dan pelatihan dive serifikat internasional.
Foto

Tour ke Komodo Island dari Gili Trawangan

Tour Komodo dari Gili Trawangan

Karna Gili Trawangan banyak di minati oleh para wisatawan Mancanegara para pelaku Wisata di pulau ini mengambil kesempatan yang baik dengan memberikan pelayanan yang lain dari tempat wisata yang ada di Pulau Lombok yaitu menjual Tour menuju ke Pulau Komodo yang berangakat dari Gili Trawangan dan dari Pulau Komodo menuju ke Gili Tarwangan. Tour ini biasa di sebut Sailing Trip Gili - Komodo. Saat Anda berkujung ke Gili Trawangan tersedia Pusat Info Wisata yang ada di Gili Trawangan Anda Bisa memesan Paket Sailing Trip Gili Trawangan - Komodo dengan berbagai fariasi harga yang di tawarakan.

Transportasi di Gili Trawangan 

Transportasi di Gili Trawangan

Untuk kamu yang baru pertama kali Liburan ke Gili Trawangan jangan kaget kalau disini kamu gak bakalan menemukan mobil bahkan sepeda motor karna di Gili Trawangan atau Masyarakat setempat menerapakan transportasi yang mereka gunakan hanya ada 2 yaitu Sepeda dan Cidomo. Gili Trawangan menjadi Tempat Wisata di Lombok yang sangat unik. Saat anda berkunjung ke Gili Trawangan Anda akan merasakan kesegaran udara tanpa polusi asap kendaraan di pulau kecil ini. Gili Trawangan sangatlah cocok bagi Anda yang ingin berolahraga tanpa mengirup udara yang terkena polusi asap kendaraan.

Jika Anda ingin mencoba naik cidomo atau berkendara dengan sepeda berikut baiaya yang harus Anda keluarkan. Untuk sewa Sepeda Anda cukup membayar 30.000/Jam saja, dan untuk keliling Gili Trawangan dengan cidomo hanya 150.000/Cidomo yang hanya bisa di naiki tiga orang saja. Untuk Jasa transfer dari Hotel ke Pelabuhan Gili Trawangan atau dari pelabuhan ke Hotel biayanya 100.000. Berikut adalah informasi mengenai Transportasi yang ada di Gili Trawangan.

Mendapat Penghargaan Bergengsi 

Dengan semakin banyaknya pengunjung yang berwisata di Gili Trawangan dengan itu pula Masyarakat dan Para Pelaku Wisata setempat berbenah diri untuk memperbaiki pelayanan untuk para wisatawan yang berlibur di Gili Trawangan dan perjuangan mereka berbuah hasil dengan mendapatkan beberapa penghargaan bergengsi dari salah satu situs perjalan terbesar di dunia yaitu Tripadvisor memberikan penghargaan Travellers Choice Island untuk Gili Trawangan dan Penghargaan ini diberikan juga kepada 100 pulau terbaik di dunia. Dan untuk Kawasan Asia, Gili Trawangan masuk jajaran 10 pulau terbaik. 

Selain mendapat penghargaan di atas Gili Trawangan juga pernah mendapatkan atau meraih Rekor Muri terhadap pemasangan payung merah putih saat moment hari kemerdekaan Indonesia di sepanjang jalan utama Gili Trawangan. Ketua TIM Penggerak PKK Pusat dr. Erni Guntari Tjahjo Kumolo memberikan apresiasi dan berpesan agar para pelaku wisata di Gili Trawangan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan demi kenyamanan dan keamanan para wisatawan yang berkunjung dan berlibur di Gili Trawangan. 

10 Aktivitas Wisata di Gili Trawangan

Aktivitas Wisata di Gili Trawangan

Para pelaku wisata di tempat ini tak mau mengecewakan para pengunjung pulau ini mereka memberikan banyak fasilitas untuk berbagai Aktivitas yang bisa di lakukan di Gili Trawangan saat berlibur di Pulau ini. Dengan banyaknya pelayanan aktvitas wisata di Gili Trawangan membuat para wisatawan ingin berlama - lama berada di Pulau ini. Berikut ini beberapa Aktivitas Wisata yang ada di Gili Trawangan. 

Snorkeling Trip 3 Gili

Snorkeling di Spot Cantik Gili Trawangan

Saat Anda berlibur di Gili Trawangan Snorkeling Trip Menjadi salah satu Aktivitas yang banyak di minati oleh para wisatawan. Snorkeling memang menjadi hal yang mengasikan karna Anda akan melihat keindahan bawah laut Gili Trawangan yang masih alami. Ikan - ikan yang lucu dan warna warni trumbu karang menjadi daya tarik saat snorkeling trip 3 gili. Di Gili Trawangan Anda bisa join Snorkling Trip 3 Gili yang di mulai dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore hari dengan biaya Rp. 75.000/orang . Jika Anda ingin Private Snorkling Trip Anda bisa menyewa Boat Snorkeling dengan biaya sekitar 1 juta Rupiah untuk sekali trip 3 gili.

Keliling Pulau dengan Sepeda

Bersepeda Keliling Gili Trawangan

Untuk Anda yang tak hoby dengan Aktivitas di laut Anda bisa mencoba melihat keindahan Gili Trawangan dengan berkeliling menggunakan sepeda. Anda Bisa dengan puas menelusuri perkampungan di Gili Trawangan yang jarang orang ketahui. Anda bisa menyewa sepeda dengan biaya sekitar Rp. 30.000/jam.

Keliling Gili dengan Cidomo

Keliling Gili Trawangan dengan Cidomo

Aktivitas Wisata Gili Trawangan yang satu ini banyak diminati Oleh para ibu - ibu atau wisatawan yang tak muda lagi. Anda akan di ajak oleh Kusir Cidomo untuk mengelilingi dan menelusuri keindahan Pulau Kecil ini dengan menggunakan Cidomo ( Andong ). melihat keindahan Pantai di Gili Trawangan, mengexplore Perkampungan yang ada di Gili Trawangan. Biaya untuk Keliling Gili Trawangan dengan Cidomo hanya Rp. 150.000/Cidomo dengan kapasitas 3 orang untuk satu cidomo.

Tour Glass Bottom Boat

Tour Glass Bottom Boat Gili Trawangan

Jika Anda senang melihat keindahan alam bawah laut tapi Anda tidak bisa Snorkeling Anda bisa mencoba Tour Glass Bottom Boat. Boatman akan mengajak Anda menuju lokasi Spot - Spot cantik yang masih alami tempat berkumpulnya ikan - ikan lucu. Anda bisa melihat kehidupan bawah laut dari atas perahu yang di bawahnya transparan atau dari kaca. sehingga memudahkan Anda melihat dasar laut Gili Trawangan yang indah. Disini Anda bisa menyewa Glass Bottom Boat dengan biaya sekitar Rp. 850.000 untuk sekali trip di banyak spot cantik.

Diving di Spot yang Cantik

Diving di Gili Trawangan by @gilidivers

Untuk aktivitas yang satu ini banyak diminati oleh para wisatawan mancanegara, mereka rela jauh2 datang dari negara mereka hanya untuk melakukan aktivitas diving di laut Gili Trawangan. Yang seperti yang telah di ulas di atas para wisatawan yang melakukan diving ingin melihat keindahan Trumbu Karang Biru ( Blue Coral ) yang sangat langka dan indah. Blue Coral jenis di Gili ini hanya ada di Dua tempat di Dunia ini. Di Gili Trawangan Tersedia banyak penyedia jasa Diving yang resmi mulai dari Kursusnya sampai penyewaan Alat dan Trip Divingnya.

Berkuda di Pantai Gili Trawangan

Berkuda di Gili Trawangan by @astonsunsetbeachresort @jorodobrev

Bagi wisatawanyang menyukai aktivtas berkuda kini di Gili Trawangan menyediakan Fasilitas bagi para wisatawan minta khusus yaitu berkuda, tapi disini Anda menaiki kuda buka di lapangan rumput atau lapangan kuda melainkan Wisatawan akan menikmati keindahan pantai Gili Trawangan dengan menaiki kuda selain itu Anda juga akan mandi pantai bersama kuda. Pemandu kuda akan mengajak Anda ke tengah pantai yang Air nya dangkal sehingga menjadi hal yang menarik saat wisatawan melakukan aktivitas wisata berkuda di Gili Trawangan.

Menikmati Keindahan Sunset dan Sunrise

Menikmati Sunset dan Sunrise di Gili Trawangan by @bringyourpassport_

Saat Anda liburan di Gili Trawangan Anda akan menemukan atau mendapatkan 2 moment yang indah sekaligus dalam satu tempat yaitu menikmati keindahan Sunset dan Sunrise. Karna Pulau ini terbilang cukup kecil sehingga memudahkan Anda untuk dapat melihat sunset dan sunrise. Di sisi sebelah barat pulau ini keindahan sunset yang menemani Anda dan sisi sebelah timur di pagi hari dengan indahnya sunrise menyapa pagi Anda.

Wisata Kuliner di Gili Trawangan

Wisata Kuliner di Gili Trawangan

Pulau kecil ini selalu di kunjungi oleh wisatawan dari barbagai negara dan daerah di Indonesia yang menikmati keindahannya kesempatan ini manfaatkan oleh para pengusahan hotel dan restaurant di Gili Trawangan mereka membuka berbagai macam menu makanan dari berbagai negara dan daerah. Jangan ragukan rasa masakan restaurant di Gili Trawangan karna mereka mendatangkan langsung Chef dan Koki dari negara asal khas makanan itu. Di Gili Trawangan banyak chef dan Koki dari negara Eropa dan Australia.

Aktivitas Seru Water Sport di Gili Trawangan

Water Sport di Gili Trawangan by @vilaombak @astonsunsetbeachresort

Permainan dan Olahraga Air ini banyak tersedia di Gili Trawangan dengan sangat mudah Anda akan temui di sepanjang jalan Gili counter - counter penyedia jasa Water Sport. Beberapa Water Sport yang bisa anda lakukan di Gili Trawangan seperti, Banana Boat, Kayaking, Surfing, Water Sky dan Memancing.  Selain itu pihak Hotel juga menyediakan jasa Aktivitas Water Sport. Tinggal Anda Pilih mana saja sih Water Sport yang Anda Sukai.

Boat Party di Gili Trawangan

Boat Party Gili Trawangan

Aktivitas yang yang satu ini paling banyak di minati oleh para wisatawan mancanegara dari Eropa dan Australia. Boat Party yang selalu di tunggu - tunggu jadwalnya selalu di penuhi wisatawan bule. Para wisatawan akan di Ajak keliling Pulau Gili dan ke beberapa tempat dengan menaiki Boat yang cukup besar dan dalam perjalan di tengah laut Wisatawan di suguhkan pesta atas boat live musik, menikmati sunset di tengah laut, bar untuk semua jenis minumam tersedia di Boat ini. Aktivitas Boat Party di jadwalkan setiap hari Minggu, rabu dan kamis.

Lihat Juga : Tour di Gili Trawangan

Hotel di Gili Trawangan 

Jika Anda berlibur di Gili Trawangan dan ingin stay selama beberapa malam Anda jangan khawatir tak dapat penginapan. Pulau Kecil ini tersedia begitu banyak penginapan dari kelas Melati atau Backpacker sampai Private Villa. Banyak para Investor dan pengusaha Hotel yang membangun Penginapan di Gili Trawangan bahkan sampai Hotel bertaraf Internasional. Berikut ini kami uraikan beberapa Hotel yang dapat Anda coba jika berlibur di Gili Trawangan.

Villa Ombak

Harga Kamar mulai dari Rp. 1.450.000/Malam.
Lihat Detail di www.vilaombak.com
Hotel Vila Ombak - Gili Trawangan

Pearl Of Trawangan

Harga Kamar mulai dari Rp. 1.300.000/Malam
Lihat Detail di www.pearloftrawangan.com
Pearl Of Trawangan - Gili Trawangan

Pinkcoco Gili Trawangan

Harga Kamar mulai dari Rp. 800.000/Malam
Lihat Detail di www.pinkhotels.com/gili-trawangan
Pinkcoco - Gili Trawangan

Jambuluwuk Oceano Resort

Harga Kamar mulai dari Rp. 800.000/Malam
Lihat Detail di www.jambuluwuk.com
Jambu Luwuk Resort - Gili Trawangan

Ponte Villas

Harga Kamar mulai dari Rp. 1.400.000/Malam
Lihat Detail di https://pontevillas.com/
Ponte Villas - Gili Trawangan

Pesona Beach Resort

Harga Kamar mulai dari 900.000/Malam
Lihat Detail di www.pesonaresort.com
Pesona Beach Resort - Gili Trawangan

Bale Sampan Bungalows

Harga Kamar mulai dari 700.000/Malam
Lihat Detail di https://balesampanbungalows.com
Bale Sampan Bungalows - Gili Trawangan

La Favela

Harga Kamar mulai dari 400.000/Malam
Lihat Detail di https://www.lafavelagili.com
La Favela - Gili Trawangan

Gili Sands Beach

Harga Kamar mulai dari 600.000/Malam
Lihat Detail di http://gilisands.com
Gili Sands Beach - Gili Trawangan

Natya Hotel Gili Trawangan

Harga Kamar mulai dari 700.000/Malam
Lihat Detail di https://natya-hotel-gili-trawangan.business.site/
Natya Hotel - Gili Trawangan

Marc Hotel Gili Trawangan

Harga Kamar mulai dari 1.000.000/Malam
Lihat Detail di https://www.marchotelgilitrawangan.com
Marc Hotel - Gili Trawangan

Coco Cabana

Harga Kamar mulai dari 700.000/Malam
Lihat Detail di www.cococabanagili.com
Coco Cabana - Gili Trawangan

M Box

Harga Kamar mulai dari 300.000/Malam
Lihat Detail di http://mboxgili.com/
M Box - Gili Trawangan

Deep House Bungalows

Harga Kamar mulai dari 300.000/Malam
Lihat Detail di https://web.facebook.com/deephousebungalows/
Deep House Bungalows - Gili Trawangan

Laguna Beach Resort

Harga Kamar mulai dari 500.000/Malam
Lihat Detail di https://lagunagili.com/
Laguna Beach Resort - Gili Trawangan

Villa Paradesa

Harga Kamar mulai dari 500.000/Malam
Lihat Detail di https://paradesavilla.com/
Villa Paradesa - Gili Trawangan

Coconut Dream Bungalows

Harga Kamar mulai dari 350.000/Malam
Lihat Detail di https://www.coconutdreambungalow.com/
Coconut Dream Bungalows - Gili Trawangan

Island Beach Bungalows

Harga Kamar mulai dari 400.000/Malam
Lihat Detail di http://www.islandbeachbungalowgili.com/
Island Beach Bungalows - Gili Trawangan

Coral Beach 2 Bungalows

Harga Kamar mulai dari 300.000/Malam
Lihat Detail di http://coralbeach-2.blogspot.com/
Coral Beach 2 Bungalows - Gili Trawangan

Gili Exotic Vila

Harga Kamar mulai dari 500.000/Malam
Lihat Detail di http://www.giliexoticvillas.com/
Gili Exotic Villa - Gili Trawangan

Itulah 20 Hotel/Penginapan di Gili Trawangan yang bisa kami berikan informasinya dan masih banyak Hotel lainnya yang tersedia di Gili Trawangan. Dari data Google Map tersedia sekitar 554 Hotel/Pengiapan di Gili Trawangan. Lihat detail jumlah Hotel di Gili Trawangan

Wisata Gili Trawangan

Dari sekian banyak informasi wisata di Gili Trawangan yang telah kami uraikan di atas tentunya bisa menjadi refrensi sebelum Anda liburan di Pulau yang indah ini. Anda bisa mempersiapkan diri Anda untuk datang ke Gili Trawangan dan stay dalam beberapa hari. Jika tak ingin repot saat mengurus liburan Anda di Gili Trawangan Anda bisa memesan Paket Tour Lombok yang tripnya ke Gili Trawangan tentunya dengan jaminan harga terbaik.

Follow us on Instagram @WISATA_LOMBOK