Pantai Semeti dan Akuarium Alam yang Cantik

Wisata di Lombok - Beberapa hari yang lalu kami sudah muat berita tentang Pantai Lombok yang masuk dalam 10 daftar pantai tercantik di dunia versi Lonely Planet. Dalam daftar tersebut, keindahan Pantai di Lombok disejajarkan dengan keindahan pantai-pantai di Luar Negeri seperti Hawaii, Pantai Eleuthera di Bahama juga Pantai cantik di kepulauan Karibia.
Membaca berita tersebut rasanya tidak perlu membuat kami terlalu heran, karena Lombok memang menyimpan sejuta pesona tanpa tanding. Pulau kecil dengan ratusan pantai dan gili-gili ini rasanya tak henti-hentinya membuat para wisatawan takjub. Menjelajahi pantai pantai yang ada di Lombok sama seperti meminum air laut di saat haus, semakin banyak air laut yang diminum maka akan semakin haus. Begitu juga dengan pesona Lombok, semakin banyak yang anda kunjungi maka semakin banyak pula pantai dan gili yang menanti untuk dikunjungi.

Kecantikan alam Lombok dan Bali juga diakui sebagai salah satu pulau terbaik di Asia versi CN Traveler. Di antara lima pulau yang disebutkan itu, dua dari list pantai terbaik itu ada di Indonesia. Bali memang tetap menjadi primadona terbaik mengalahkan Phuket dan Koh Samui, Thailand, dan Lombok selalu bisa membayang-bayangi keindahan Pulau Dewata Bali.
Pantai Semeti Lombok (c) cosmunu / Muhyi Nurrasyid
Beberapa pantai di Lombok memang sangat menakjubkan, sebut saja Gili Trawangan, Gili Kondo, Teluk Mekaki, Pantai Pink, Pantai Nambung, Selong Belanak, dan lain lain. Salah satu pantai cantik yang tidak kalah menakjubkan adalah Pantai Semeti, sebuah Pantai yang terletak di kawasan wisata Selong Belanak, di deretan pantai pantai indah lain seperti Pantai Mawun, Pantai Ruwuk dan Pantai Mawi. Sekumpulan garis pantai yang berpasir putih nan indah. Sederetan garis pantai dengan panorama alam yang sama, berciri khas perbukitan dengan laut yang agak bergombak. Jika menempuh jalur darat dengan rute : Penujak - Selong Belanak - Kuta, maka diantara Pantai Selong Belanak dan Pantai Mawun akan anda temui tiga garis pantai cantik yang tersembunyi yaitu Pantai Semeti, Pantai Ruwuk dan Pantai Mawi yang berdekatan dan hanya dipisahkan oleh perbukitan.

Jika Pantai Mawi dipenuhi wisatawan asing yang mengadu nyali bermain selancar, maka pantai Semeti penuh dengan keheningan. Akses jalan menuju ketiga pantai cantik tersebut harus melewati sebuah areal tanah perusahaan (investor) yang belum mengembangkan pembangunan resort mereka. 
Untuk menuju ke Pantai Semeti Lombok, dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam perjalanan dari jantung kota Mataram. Jalanan yang dilalui pun masih tergolong kurang layak karena di penghujung jalan hanya berbentuk jalanan tanah dan tidak lebih bagus dari jalan menuju Pantai Mawi di sebelahnya. Tidak ada penduduk yang bermukim di dekat pantai ini, sangat sepi dan masih perawan nan alami, benar-benar seperti bidadari yang turun ke bumi!. 
Ya, Lombok memang serpihan surga di bumi.
Pesona Sunset di Pantai Semeti (c) google.com

Pantai Semeti Lombok (c) twitter.com / Safiuddin Kamsan
Batuan dengan Akuarium Alam di Pantai Semeti (c) caderabdul
Indahnya Bebatuan di Pantai Semeti (c) caderabdul
Pantai Tlawas di sebelah pantai Semeti (c) Caderabdul
Tebing batuan di Pantai Semeti (c) sasakpass.com

Pesisir Pantai Semeti (c) caderabdul
Tebing tebing cantik di Pantai Semeti (c) indrayana1988
Jelajahi-lah batuan-batuan tebing yang kokoh seperti Grand Canyon itu, taklukkan kekokohannya. Dibalik kekokohan tebing itulah tersimpan panorama dan keindahan alam yang luar biasa cantik, sekumpulan akuarium alam yang sangat mempesona yang berada diatas batuan karang di pantai Semeti. Akuarium alam yang dipenuhi terumbu karang yang mempesona dengan ikan ikan cantik mungil yang berkeliaran. Begitu ada ombak besar menghampiri, maka akuarium alam ini akan penuh dengan air laut, lalu buih buih air laut tersebut akan keluar melewati celah celah bebatuan. Keindahan akuarium itu akan dipenuhi ikan ikan kecil yang berbaur berhamburan diantara buih buih ombak. Begitu buih buih itu menghilang, ikan ikan hias yang cantik ini akan terlihat memenuhi akuarium Pantai Semeti.
Akuarium alam Pantai Semeti (c) cader abdul

Teruslah melangkahkan kaki, carilah keindahan keindahan lain di balik bebatuan Semeti ini. Anda akan menemukan akuarium akuarium alam lain yang tidak kalah indah. Dari kejauhan akuarium akuarium itu akan terlihat lebih cerah dengan terumbu karang yang berwarna warni. Akuarium yang berada di antara dua batuan yang besar yang sungguh mempesona. Akuarium ini bukan-lah seperti akuarium buatan yang ada dirumah berdinding kaca, namun akuarium ini adalah akuarium alam yang berupa cekungan cekungan batuan karang yang berisi air laut dengan biota laut dan ikan ikan hias yang indah yang terjebak di cekungan tersebut.

Ahh... Kecantikan pesisir pantai Semeti, batuan batuan dengan tebing tinggi, taman taman laut dan akuarium akuarium alam yang menyatu tersebut menunjukkan bahwa pulau Lombok memang begitu cantik kawan, Lombok memang indah. Jika memiliki waktu yang lama berliburlah ke tempat ini, nikmati keindahan keindahan yang di anugerahkan Tuhan di Lombok ini.

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top