Teluk Mekaki, Pantai Perawan yang Merangsang

Wisata Lombok - Pantai Teluk Mekaki terletak di ujung selatan barat pulau Kecil Lombok. Mungkin tidak se-populer Pantai Kuta di Lombok Tengah, tidak setenar Pantai Senggigi di Utara, tidak tersohor seperti Gili Trawangan atau Gili Nanggu di Sekotong. Namun jika sudah berkunjung kesana, maka disanalah kesadaran akan mulai timbul, bahwa pantai terpencil ini juga layak untuk menjadi destinasi wisata di Lombok.
Perjalanan menuju pantai mekaki sama indahnya dengan keindahan Teluk Mekaki itu sendiri. Sepanjang perjalanan anda mencapainya, anda akan disuguhkan panorama pantai-pantai nan indah. Salah satunya adalah Pantai Elak – elak (Baca : Wisata Pantai di Sekotong).

Selain pantai, dalam perjalanan anda bisa menyaksikan hamparan sawah, bukit bukit berbatu, juga gugusan beberapa gili yang tak tersentuh peradaban. Bentuk jalan yang berliku dan naik turun membuat anda dengan mudah bisa menyaksikan keindahan pantai-pantai Sekotong lainnya dari kejauhan selama perjalanan.

Ketika anda menanjak menuju jalur Teluk Mekaki, di sisi kiri kanan jalan daerah Rembut Petung sana, nuansa berbeda akan banyak ditemukan. Beberapa titik di pegunungannya yang menjadi sumber batu emas akan dengan mudah dijumpai di pinggiran jalan. Perjalanan menanjak dan berliku menambah suasana extreme perjalanan anda.
Photo Teluk Mekaki di Sekotong Lombok
Pasir dan karang cantik di Teluk Mekaki (c) twicsy.com
Sesampainya di puncak perbatasan, kita sudah bisa melihat bibir pantai dengan samudera luasnya dari kejauhan. Deburan ombak yang menciptakan buih buih putih berbaur dengan kilau pasir putih pantai Mekaki. Pantai Mekaki dari sudut pandang ini akan terlihat begitu indah karena airnya yang membiru berada di sebuah “Ceruk” yang dikelilingi bukit bukit hijau. Dan sekitar 100 meter dari bibir pantai, jalanan tanah berbatu tidak beraspal akan anda lalui, namun tetap bisa dilalui dengan nyaman karena tidak bergelombang.

Sesampainya di pantai Mekaki, kita akan menyaksikan bibir pantai yang membentuk lengkungan bulan sabit. Pasir pantai dengan butiran putih berbiji besar , deburan ombak yang kalem dan juga kadang-kadang terlihat sangat extreme. Kombinasi warna air lautnya yang berwarna hijau toska di tepian dan semakin membiru ke bagian tengahnya membuat para wisatawan yang datang merasa betah untuk berlama lama ditempat ini. Kerang-kerang indah yang terdapat di sepanjang pantainya menambah hiasan keindahan pantai ini. Panorama pantai dan pegunungannya agak sedikit mirip dengan Pantai Mawun, hanya yang membedakannya adalah ombak di Mekaki lebih besar dan kerang-kerang dan tekstur pasirnya.
pantai mekaki yang indah di lombok
Teluk Mekaki di Sekotong (c) meihva.com
Teluk Mekaki Lombok Barat NTB
Jalanan menurun menuju teluk Mekaki (c) google.com
Pantai Mekaki yang berada di bagian selatan Sekotong ini bisa ditempuh melalui darat. Infrastruktur jalan yang sudah bagus akan mempersingkat waktu anda menuju kesana. Hanya membutuhkan waktu 1.5 – 2 jam untuk mencapai Mekaki yang terbentang di 70 km sebelah barat daya Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dan sebaiknya untuk berwisata kesana, anda menyewa mobil atau motor di daerah Kota Mataram, sehingga anda dengan leluasa bisa mengambil view point yang menarik selama perjalanan.

Pantai teluk Mekaki menurut saya merupakan sebuah pantai tersembunyi, jauh dari keramaian, jauh dari peradaban. Sebuah Pantai Perawan yang merangsang atau mungkin lebih cocok disebut sebagai “hidden paradise”. Namun, seperti kelemahan objek pariwisata di Lombok lainnya, pantainya yang tersembunyi dibalik bukit-bukit yang tinggi dan tanpa ada marka penunjuk jalan yang bisa diandalkan untuk sampai kesini. Hanya Mengandalkan “ask the audience” atau peta digital standard.

Jika anda ingin berlibur di Lombok dan melihat beberapa destinasi wisata lain, beberapa hotel di Mataram seperti Lombok Garden Hotel, Grand Legi Hotel dan Griya Asri Hotel menjadi rekomendasi saya. Jika ingin berlama-lama atau ingin menginap di kawasan Sekotong, Cocotinos Hotel Sekotong Lombok menjadi pilihan yang tepat untuk anda.
Hmmm… Lombok memang menyimpan sejuta pesona, dan beruntungnya saya bisa lahir di pulau ini..

***
Sekotong adalah tempat yang sempurna untuk mengeksplorasi Lombok secara mendalam. Dengan sejumlah atraksi untuk dinikmati, Sekotong tidak akan berhenti memukau Anda. Sebagai salah satu destinasi yang disukai para tamu, Lombok adalah tempat berlibur yang berkesan dengan sejumlah tempat terkenal dan makanan lezat.

Menemukan penawaran terbaik telah dipermudah dengan kehadiran agoda.com yang menawarkan hotel-hotel murah di Sekotong atau daerah mana saja di Lombok. Dengan sejumlah hotel di Lombok seperti Cocotinos Hotel Sekotong Lombok, menemukan tempat menginap yang tepat untuk penginapan yang sempurna adalah mudah. Untuk menemukan penawaran hotel terbaik di Sekotong, cukup dengan mengklik link ini !.

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top