Festival Bau Nyale 2015 ditetapkan tanggal 9 - 10 Februari 2015

Jadwal Festival Bau Nyale 2015 di Lombok, 9-10 Februari. 
Bagi Anda yang tertarik untuk menyaksikan Festival Bau Nyale 2015, Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah telah menetapkan jadwal pelaksanaan pada 9-10 Februari di Pantai Seger Desa Kuta Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Dalam keterangannya Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB HL, Putria mengatakan penetapan Festival Bau Nyale 2015 yang setiap tahun diselenggarakan biasanya pada hari ke-20 bulan ke-10 menurut penanggalan tradisional Sasak.
Agenda Festival Bau Nyale tahun 2015 ini, merupakan kado spesial bagi warga Gumi Tatas Tuhu Trasna khususnya dan NTB umumnya” ungkap Putria, Jumat (10/1/2014).
Menurut dia kegiatan tahunan di Kecamatan Pujut ini ditargetkan akan dihadiri puluhan ribu orang dan akan diramaikan berbagai kompetisi tradisional. Pada puncak acara pemerintah menyiapkan tontonan gratis dengan mendatangkan band asal ibu kota Noah, didampingi band papan atas ibu kota lainnya.
Tidak ketinggalan juga band-band lokal daerah, khususnya lagi tradisional khas Sasak. “Kedatangan band Noah di Festival Bau Nyale pada 9-10 Februari itu, menjadi salah satu upaya strategis pemerintah daerah untuk mengingatkan warga agar menyaksikan tradisi tahunan di pantai Seger Desa Kuta Kecamatan Pujut” tambahnya seperti yang dilansir Kompas.
Bau Nyale Festival (c) adventurephotograpy.blogspot.com
Ia menambahkan dalam rangka Festival Bau Nyale 2015, pemerintah secara resmi membentuk panitia Festival Bau Nyale. “Setelah kepanitiaan ini terbentuk barulah seluruh rencana kita susun. Untuk kedatangan band Noah, Insya Allah kita terus mengupayakannya” tegasnya.
Selain membicarakan hiburan nasional, pemerintah juga menyusun tiga rangkaian jadwal Bau Nyale. Yaitu pra acara, kegiatan inti dan pasca acara. Untuk pra acara diakuinya telah dilaksanakan. Dengan ditetapkannya hari Bau Nyale yaitu pada 9-10 Februari, maka acara puncaknya pada Selasa malam 10 Februari di pantai Seger.
Disamping itu pada pelaksanaan pra acara pihaknya menyiapkan jenis kegiatan meliputi pemilihan Putri Mandalika, gendang beleq, peresean, parade budaya, lomba bersepeda, pacuan kuda dan lain-lainnya. Bukan hanya itu pada acara acara inti yaitu pentas seni tradisional dan nasional, drama kolosan Putri Mandalika, serta ritual penyambutan Putri Mandalika. Khususnya, bau nyale atau menangkap cacing di laut lepas pantai Seger.
Sumber : Aktual Pos

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top