Surga Tersembunyi di Gunung Rinjani, Lombok Indonesia


WISATADILOMBOK.com - Indonesia memang kaya akan keindahan alamnya. Gunung, laut, persawahan, semuanya memperlihatkan betapa indahnya alam Indonesia. Salah satu pesona alam Indonesia adalah Gunung Rinjani. Gunung dengan ketinggian 3.726 mdpl ini, memang merupakan salah satu pilihan bagi para pendaki, baik pendaki dalam negeri maupun dari luar negeri. Bagaimana tidak, cerita yang tersebar tentang keindahannya, membuat setiap pendaki pasti tertantang untuk mengeksplorasi gunung yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat ini.

Pendakian Rinjani dari Rute Sembalun
View Rinjani dari Sembalun (c) blj.co.id
Pendakian Rinjani dari Bawaq Nao, Sembalun
Pendakian dimulai dari Bawaq Nao, Sembalun (c) blj.co.id
Medan pendakian Gunung Rinjani, bisa dikatakan tidak terlalu sulit, apabila sudah menemukan jalur yang tepat. Ada beberapa jalur pendakian yang biasa dipilih, yaitu Sembalun, Senaru, Timba Nuh, dan Torean. Biasanya, jalur yang favorit bagi pendaki adalah Jalur Pendakian Sembalun, karena jalur tersebut cukup mudah dibandingkan jalur pendakian lainnya.


Dalam Jalur Pendakian Sembalun, Anda akan melewati padang savana yang datar. Namun penting untuk diketahui, bahwa krim pelindung matahari sangat dianjurkan mengingat udara bisa terasa sangat panas di siang hari. Tetapi, di sore hari, udara di sekitar padang savana tersebut bisa dikatakan tidak terlalu panas, dan Anda juga bisa menikmati kicauan burung-burung yang merdu. Ada 4 pos yang harus dilalui dalam pendakian Gunung Rinjani ini, yaitu pos 1, pos 2, pos 3, dan yang terakhir adalah pos Plawangan Sembalun. Dalam pendakian ini, sangat disarankan untuk membawa air minum secukupnya, karena tidak semua pos yang Anda lewati terdapat mata air.

Keindahan Sunset dari Plawangan Sembalun, Gunung Rinjani Lombok
View Sunset dari Plawangan Sembalun (c) blj.co.id
Rinjani Trekking Lombok
Keindahan Panorama di Rinjani (c) blj.co.id
Pendakian ke Puncak Gunung Rinjani Lombok
Pendakian ke Puncak Rinjani (c) blj.co.id
Keindahan Gunung Rinjani memang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Baik di pagi hari, siang hari, sore hari, serta malam hari, pesona Gunung Rinjani selalu terlihat dengan megahnya. Terutama di malam hari, dimana Anda akan melihat keindahan langit yang bertabur bintang. Apalagi jika Anda memandangnya sambil tiduran di luar tenda Anda, hmmm…bagaikan indah berselimutkan bintang-bintang yang gemerlapan..sungguh suatu pengalaman yang tak akan terlupakan pastinya..

Menjemput sunrise di puncak gunung rinjani
Panorama di pagi hari melalui Puncak Rinjani (c) blj.co.id
Salah satu tempat yang tidak dilewatkan para pendaki dalam pendakian Gunung Rinjani adalah Danau Segara Anak. Ya, danau cantik ini bisa ditemukan setelah menempuh pendakian melalui dua jalur, yaitu Jalur Pendakian Sembalun dan Jalur Pendakian Senaru. Untuk mencapai Danau Segara Anak dari Jalur Pendakian Sembalun, memerlukan waktu sekitar minimal 8 jam, sedangkan melalui Jalur Pendakian Senaru, memerlukan waktu sekitar minimal 7 jam. Di sekitar Danau Segara Anak, biasanya orang melakukan beberapa kegiatan seperti berkemah, berendam di air belerang yang hangat, dan juga memancing ikan. Untuk mencapai danau ini, memang waktunya tidak sebentar, namun Anda tidak akan menyesal jika sudah melihat keindahannya.

Negeri diatas awan gunung rinjani
Seperti Negeri di atas awan (c) blj.co.id
Panorama Padang Savvana di Sembalun Lombok
Panorama Padang Savvana Sembalun (c) blj.co.id
Banyak hal yang bisa disaksikan di Gunung Rinjani yang begitu indah. Untuk menuju ke Gunung Rinjani, Anda bisa memulainya dari Mataram menuju Sembalun, Lombok Timur dengan menempuh perjalanan sekitar 2 jam. Jika Anda berada di luar Lombok, Anda bisa memulainya dengan mengunjungi Lombok menggunakan pesawat. Setelah tiba di bandara, Anda harus menuju ke Selong, Lombok Timur dengan menggunakan kendaraan. Dari Selong, teruskanlah perjalanan Anda ke Pasar Air Mel, Lombok Timur. Dari Pasar Aik Mel, barulah Anda menuju ke Sembalun, Lombok Timur untuk memulai pendakian Anda. 

Hmmm…menarik, bukan? Apakah Anda ingin mengeksplorasi keindahan Gunung Rinjani yang tersohor di Lombok? Jika ya, mulailah merencanakannya sejak sekarang!

Fanny Sue/Journalist/VMN/BL
All photos by Ms. Flora Andriany
Editor : Fanya Jodie
Source : http://blj.co.id/2015/10/08/gunung-rinjani-yang-penuh-pesona/

Ingin Mendaki Rinjani dengan harga bersahabat? Lihat Penawaran kami disini !

Related Post

Cari Artikel