Traveller, Ini Nih 3 Desa Objek Wisata Terpopuler di Lombok Yang Harus Kamu Kunjungi

Liburan di Lombok? Kamu bisa datangi tiga desa yang menjadi favorit para pelancong. Di desa-desa ini kamu akan menemukan dan lebih mengenal kebudayaan Lombok. Kamu juga bisa membeli cindrera mata  untuk oleh-oleh teman atau keluarga di rumah.

11. Desa Sukarara Lombok

Tenun Desa Sukarara Lombok (c) sianoktravel

Desa Sukarara memang menjadi destinasi liburan khususnya untuk kamu yang ingin mengenal lebih jauh budaya Lombok. Di desa yang letaknya di Kecamatan Jonggat, Lombok Utara ini, kamu akan mendapati moyaritas penduduknya mengoprasikan alat tenun. Dari tangan-tangan terampil penduduk Desa Sukarara ini menghasilkan pakaian tradisional, taplak meja, selimut, dan selendang dengan motif-motif yang indah dan berkualitas. Kamu pasti akan terpesona melihat karya seni bernilai tinggi itu.

Untuk mengunjungi tempat ini kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum. Ini jalur ketika kamu menggunakan kendaraan pribadi rutenya sebagai berikut Mataram-Cakaranegara-Kediri-Sukarara. Sedangkan jika kamu ingin menggunakan kendaraan umum, kamu bisa naik angkuran dengan jurusan Mataram-Bertais dengan membayar Rp. 3.000 dan melanjutkan perjalanan ke Desa Sukarara dengan menggunakan Cidomo dengan membayar Rp.5.000.

22. Desa Segenter

Rumah Tradisional  Desa Segenter (c) 1.bp.blogspot

Desa Segenter kamu akan menemukan rumah tradisional Lombok. Pemukiman rumah tradisional lombok ini akan mengenalkanmu ilmu tata ruang suku Sasak yang terkenal sejak zaman lampau.

Untuk mengungunjin Desa Segenter kamu bisa melalui jalur Pantai Barat Pulau Lombok. Jaraknya sekitar 90 kilometer dari Kota Mataram. Rutenya jika kamu menggunakan kendaraan pribadi adalah Mataram-Senggigi-Pemenang-Tanjung-Selengen-Segenter. Saat sampai di KM 97 kamu akan menemukan rambu jalan yang menunjukan arah ke Seda Segenter. Sebuah Desa yang letaknya tidak jauh dari Desa Bayan.

Di Desa Segenter ini terdapat sekitar 81 eumah adat, yang ditinggali 101 keluarga. Untuk mengunjungi Desa Segenter yang lokasinya berada di Desa Sukadana, Kabupaten Lombok Barat ini lebih baik kamu mengunakan mobil sewaan.

33. Desa Labuapi Lombok

Topeng Tanpa Ekspresi Desa Labuapi Lombok (c) id.lombokindonesia

Ketika kamu berlibur ke Lombok, kamu pasti akan menemukan di sudut-sudut pulau ini beberapa topeng yang dijual sebagai merchandise. Jika kamu teliti, kamu akan menemukan topeng-topeng tersebut, yaitu topeng-topeng tersebut tidak memiliki ekpresi terlihat dingin. Kamu bisa membelinya dan melihat pembuatannya di Desa Labuapi Lombok.

Di Desa Labuapi kamu tidak hanya akan melihat pembuatan topeng saja, kamu juga akan melihat barang-barang seni tradisional lainnya. Seperti patung, tempat buah, baki, hiasan dinding, dan lain sebagainya. Barang-barang seni itu kebanyakan terbuat dari kayu, atau ada juga yang dikombinasikan dengan pecahan kulit kerang atau cukil. Tentu yang paling memikat adalah topeng tanpa ekspresi tersebut.

Letak dari Pusat Kerajinan Kayu Desa Labuapi ini hanya 11 kilometer dari kota Mataram. Kamu bisa mengunjunginya dengan kendaraan pribadi. Menempuh jalur menuju Pelabuhan Lembar, kemudian kamu bisa menanyakan jalan menuju Desa Labuapi kepada penduduk setempat. Ini karena tanda jalan menuntunmu ke desa ini tidak ada.

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top