Makam Wali Nyatoq, Objek Wisata Religi di Lombok

Makam Wali Nyatoq via http://lombokxplorer.com
Wisata untuk memuaskan duniawi memang perlu, tetapi kamu jangan lupa untuk berwisata religi juga, ya. Nah, di Lombok ada beberapa wisata religi yang bisa kamu datangi. Salah satunya adalah Makam Wali Nyatoq. Wisata ini berada di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Untuk sampai di tempat ini kamu harus menempuh jarak sekitar 49 km dari pusat Kota Mataram.

Kamu pasti ingin tahu siapa Wali Nyatoq, bukan? Menurut masyarakat setempat Wali Nyatowadalah seorang wali yang melegenda di kawasan Lombok. Masyarakat yakin bahwa Wali Nyatoq benar-benar ada dan dapat memperlihatkan tanda-tanda kewaliannya. Hal ini sesuai dengan namanya, Nyatoq yang berarti nyata. Dari postur tubuhnya, konon Wali Nyatoq merupakan keturunan Arab.

Sebenarnya Wali Nyatoq memiliki beberapa nama, sampai 33 nama. Salah satu namanya adalah Sayyid Abdullah yang banyak dikenal masyarakat luas. Karena diyakini benar bahwa makam itu merupakan makam penyiar agama Islam, makam makam ini sangat dikeramatkan. Makam Wali Nyatoq sangat dihormati dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat setempat. Banyak peziarah yang datang untuk berdoa di makam ini. Doa yang sering dilantunkan di tempat ini adalah doa keselamatan atau diberi kesembuhan dari penyakit.

Ada sebuah kepercayaan yang harus kamu ketahui mengenai Makam Wali Nyatoq yaitu kepercayaan bahwa berdoa di Makam Wali Nyatoq membuat permintaan cepat terkabul. Kepercayaan itu bukan hanya dipercaya oleh masyarakat Lombok, tetapi juga dipercaya oleh peziarah yang datang dari luar Lombok, misalnya datang dari Jawa.  Kepercayaan itu sudah sejak dulu ada dan menyebar bahkan sampai luar Lombok,

Kamu bisa datang ke Makam Wali Nyatoq hari Rabu, karena biasanya para peziarah datang pada hari ini. Para peziarah datang pada hari Rabu bukan karena tidak ada sebab. Mereka datang hari Rabu sebab ada cerita bahwa pada hari Rabu Wali Nyatoq akan mencurahkan berkah sepenuhnya kepada pengunjung dan peziarah di makamnya tersebut.

Tidak hanya itu saja, peziarah juga percaya bahwa masalah-masalah yang menimpa mereka akan selesai dan mendapatkan jalan keluar saat berziarah ke makam Wali Nyatoq. Bagi peziarah yang melakukan kesalahan tetap tak mau mengatakan maka orang ini akan dibawa ke makam tersebut untuk bersumpah kemudian diperintahkan meminum air tanah yang berasal dari tanah makam tersebut. Ini karena ada kepercayaan yang kental yaitu barang siapa yang bersalah maka setelah meminum air tersebut akan mengalami hal-hal buruk.


Selamat berziarah!

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top