Durian Gundul Khas Lombok Cuma Bisa Bilang Mantap!

Durian Gundul Khas Lombok
Buah yang menjadi rajanya buah ini memang banyak peminatnya bahkan menggilanya. Nah, di Lombok , Nusa Tenggara Barat, ada buah durian yang unik. Namanya Durian Gundul Khas Lombok. Namanya memang unik. Nama itu dikarena buah durian khas lombok ini tidak memiliki duri seperti durian seperti biasanya.

Kamu pasti akan memperhatikan bentuk durian ini yang lucu, sebelum mencicipinya. Bentuk buahnya jika dilihat-lihat mirip dengan tempurung kelapa dengan ukuran sebesar buah melon. Bobot buah ini sekitar 800-900 gram. Bau harum durian akan terasa semerbak ketika durian gundul ini matang. Rasanya tentu saja mantap dan manis.

Buah durian ini memiliki kandungan gula sekitar 14-15 eerajat brix akan membuatmu ketagihan. Dagingnya memiliki tebal 0,5 cm, mirip daging buah durian lokal pada umumnya. Kamu pasti akan tergoda dengan warna daging buah durian gundul yang kuning terang dan memikat untuk segera disantap.

Buah durian gundul ini setiap tahunnya memiliki produktifitas cukup tinggi per pohonnya yaitu mencapai 200-400 kilogram. Tanaman durian gundul juga sangat pandai untuk beradaptasi di dataran rendah sampai sedang dengan ketinggian 250 sampai 700 dpl.

Sekelumit tentang bagaimana tanaman durian gundul bisa tecipta yang bisa menambah wawasanmu. Tanaman durian gundul ini sebenarnya adalah tanaman durian yang mengalami mutasi bentuk. Mutasi bentuk ini bukan dibuat oleh manusia, tetapi secara alami oleh alam sehingga membuat duri-duri di sekujur buahnya tidak ada. Ketiadaan duri itu membuat kamu tidak akan terluka ketika mengelupas buahnya. Sehingga, menikmati buah durian gundul lebih mudah dibandingkan menikmati durian yang lain.

Durian gundul benar-benar tidak boleh kamu lewatkan jika mengunjungi Lombok. Sebab buah khas Lombok ini adalah salah satu buah yang terkenal dan ternama dengan rasanya yang super lezat dan nendang. Durian gundul yang cukup langka ini juga bisa kamu temui di Taman  Wisata Mekarsari. Di Taman Wisata Mekarsari para peneliti mengembangkan tanaman durian gundul yang unik itu.

Tetapi tentu jika kamu mengunjungi Lombok, tidak ada salahnya mencoba durian gundul ini. Memakan durian gundul dari tempat kelahirannya yaitu Lombok tentu akan lebih berkesan untuk liburanmu. Jangan lupa juga untuk share kepada teman-teman tentang keajiban buah durian gundul yang tidak memiliki duri ini. Dan tentu ceritakan juga kelezatan buah durian gundul yang membuatmu kangen untuk mencicipinya kembali.


By Zahratul Wahdati

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top