Wisata Budaya dan Sejarah di Jogja

Daerah Istimewa Yogyakarta atau yang ngetrend di sebut Jogja terkenal dengan budaya dan sejarahnya di daerah ini terdapat banyak candi serta penginggalan kerajaan yang masih terawatt dengan rapi dan besih.  Destinasi wisata di Jogja  berbeda dengan daerah lainnya seperti Bandung, Jakarta maupun Bali. Daerah ini terkenal dengan budayanya serta tempat bersejarahnya.

Daerah Istimewa Yogyakarta masih memegang system pemerintahan dengan system kerajaan di daerah ini masih ada keluarga dan keturunan karajaan yang terjaga demi berlangsungnya system pemerintahan itulah kenapa Jogja di sebut daerah Istimewa. Sampai saat ini Yogyakarta masih di pimpin oleh keturunan sutan atau keturunan kerajaan.

Destinasi Sejarah dan Budaya di Jogja. 


Liburan kini menjadi salah satu kebutuhan setiap lapisan masyarakat selain menghilangkan rasa penak setelah hampir satu minggu dengan runitas berkerja dan hiruk piruknya kota, Apalagi anda yang tinggal di kota Jakarta tentunya ingin merasakan suasana yang nyaman saat liburan selain itu liburan dapat menambah wawasan kita mengenai sejarah dan budaya daerah yang kita kunjungi.  Liburan ke Jogja dengan naik kereta bogowonto menjadi hal yang unik dan menyenangkan untuk anda dan keluarga.

1. Candi Prambanan


Candi ini berlokasi  sekitar 17Km dari pusat kota Yogyakarta, Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan ini memiliki relief dengan menceritakan sebuah kisah mengenai Ramayana dan Krishnayana. Di sini wiatawan bisa mengenal sejarah dan budaya Hindu di Indonesia.
Di area Candi ini terdapat pula pertunjukan Rama Shinta digelar. Pada hari-hari biasa pertunjukan ini digelar di dalam ruangan, dan pada malam purnama pertunjukan ini hampir selalu digelar diruang terbuka dengan Candi Prambanan berperan sebagai latar belakang, memberikan pemandangan yang indah.
Dikarenakan letak candi ini yang tidak terlalu jauh dari pusat perkotaan, maka tidaklah sulit bagi wisatawan untuk mengunjungi candi ini. Transportasi umum pun banyak  tersedia di jogja untuk menuju tempat ini bagi Anda yang tidak membawa kendaraan pribadi. Tempat ini tidak kalah menariknya  dari setiap objek wisata baru di Jogja  yang terus bermunculan dan ngehits.

2. Benteng Vredeburg Yogyakarta


Satu lagi tempat wisata di Jogja dekat Malioboro. Benteng Vredeburg juga terletak di Jalan Malioboro, tepatnya di depan Gedung Agung. Benteng yang kini telah menjadi museum yang berisi diorama mengenai sejarah Indonesia itu sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang ingin menambah wawasan tentang sejarah Indonesia.

Pada waktu-waktu tertentu benteng ini juga dijadikan tempat penyelenggaran beberapa festival kebudayaan. Apabila Anda hanya ingin sekedar bersantai sambil menikmati suasana di benteng Belanda ini maka kunjungilah café yang menyajikan makanan khas Belanda yang berada di dalam benteng,yang bernama Indische Koffie.

3. Museum Ullen Sentalu


Museum Ullen Sentalu terletak di Jalan Boyong Km 25 Kaliurang Barat, Sleman,Yogyakarta. Tempat wisata Sleman ini dibangun diatas area seluas 1,2 hektar dengan suhu udara sekitar berkisar antara 15-20 derajat celcius. Arsitektur museum ini sangat unik, jalan masuk ke dalam museum sendiri terdiri dari undakan, kelokan dan labirin yang menuju ke salah satu ruang pameran yang berada di bawah tanah.

Museum Ullen Sentalu berisi koleksi mengenai sejarah dan budaya Kerajaan Mataram yang merupakan cikal bakal dari Kerajaan Yogyakarta dan Solo. Berkunjung ke Ullen Sentalu akan menambah wawasan Anda mengenai sejarah kebudayaan Jawa. Pemandu di museum ini akan memberikan penjelasan dengan detil mengenai semua benda seni di dalam museum ini. Museum Ullen Sentalu memiliki aturan yang sangat ketat.

Pengunjung tidak diperkenankan mengambil foto dari semua benda yang dipamerkan dalam museum ini selama tur berlangsung. Sangat disayangkan memang, tetapi satu nilai lebih dari aturan ini adalah Anda akan benar-benar fokus mendengarkan penjelasan pemandu, menikmati dan menghargai benda-benda seni yang berada di museum ini. Museum Ullen Sentalu sangat pantas untuk dikujunungi sebagai tempat wisata pendidikan dan budaya.

4. Keraton Yogyakarta


Salah satu tempat wisata budaya lainnya di Yogyakarta adalah Keraton Yogyakarta. Keraton ini adalah salah satu bangunan bersejarah kesultanan Yogyakarta yang ditempati oleh Sultan dan keluarga Sultan. Di keraton ini juga terdapat museum yang memamerkan barang-barang kesultanan Yogyakarta dari barang rumah tangga sampai barang-barang unik yang sebagian merupakan hadiah dari raja Eropa.

Waktu terbaik untuk mengunjungi keraton adalah dipagi hari karena tempat ini hanya dibuka sampai jam 2 siang. Bila Anda berminat, Anda juga bisa menyewa pemandu yang telah disediakan keraton untuk menjelaskan mengenai arsitektur dan sejarah keraton dengan harga yang tidak begitu mahal.

Follow us on Instagram @WISATA_LOMBOK