Lombok Masuk Nominasi Wisata Halal Terbaik di Dunia

WISATADILOMBOK.com, Mataram -- Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat berhasil masuk dua nominasi penghargaan Worlds Halal Travel di ajang The Worlds Halal Travel Summit di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UAE). Lombok menjadi satu-satunya destinasi wisata di Indonesia yang masuk nominasi Wisata Halal Terbaik di Dunia yang diselenggarakan pada 19-21 Oktober 2015 tersebut. 

Direktur Promosi Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, Uji Gaffar mengatakan, dari 14 kategori yang dilombakan, pulau Lombok berhasil masuk pada dua kategori nominasi. Yaitu World's Best Halal Honeymoon Destination dan World's Best Halal Tourism Destination.

“Panitia seleksi memliki kriteria dalam menentukan daerah dan destinasi wisata yang masuk nominasi berdasarkan voting yang dilakukan terhadap wisatawan muslim dunia," kata Uji di Kota Mataram, Senin (14/9). Wisatawan yang memberikan suara adalah yang pernah mengunjungan destinasi yang dikategorikan. "Termasuk kunjungan yang dilakukan panitia The World's Halal Travel Summit.” 

Lombok jadi Headline Majalah Travel (c) Taufan Rahmadi
Menurut dia, keberhasilan pulau Lombok masuk dalam dua kategori tersebut dilihat dari survei kepuasan wisatawan muslim yang datang ke pulau Lombok. Selain itu, mereka senang berada di Lombok karena setiap tempat penginapan selalu menyediakan fasilitas ibadah seperti sajadah dan arah kiblat. 

Uji mengatakan, terpilihnya pulau Lombok sebagai satu-satunya dari 13 destinasi wisata halal di Indonesia merupakan kebanggaan tersendiri. Itu menandakan pulau Lombok telah berhasil memperkenalkan destinasinya di mata dunia.

"Ini merupakan kesempatan strategis. Dengan ini dunia sudah melihat bahwa pulau Lombok telah berhasil menjual destinasi wisata halalnya," ungkapnya. "Untuk itu mari kita lebih tingkatkan pelayanan kepada para wisatawan."

Pada kategori World's Best Halal Honeymoon Destination (Destinasi Bulan Madu Halal Terbaik Dunia), Lombok akan bersaing dengan beberapa destinasi lain di dunia seperti Abu Dhabi (UAE), Antalia (Turkey), Krabi (Thailand), dan Kuala Lumpur (Malaysia).

Sementara pada kategori World's Best Halal Tourism Destination (Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia), pulau Lombok akan bersaing dengan tujuh destinasi dunia lain, yaitu Abu Dhabi, Antalia (Turkey), Aman (Jordan), Doha (Qatar), Istanbul (Turkey), Marakech (Maroko), dan Kuala Lumpur (Malaysia).

Sumber : Republika

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top