Erupsi Gunung Rinjani, Penerbangan ke Lombok dan Bali Ditutup

WISATADILOMBOK.com, CNN Indonesia -- Sejumlah penerbangan dari Bandara Internasional Juanda, Surabaya, menuju Bandara Internasional Ngurah Rai Bali terganggu menyusul adanya erupsi Gunung Rinjani, Lombok.

Humas Bandara Internasional Juanda Surabaya, Liza Anindya di Sidoarjo, Selasa, mengatakan sesuai dengan pengumuman yang diterima, akibat erupsi Rinjani tersebut, Bandara Ngurah Rai ditutup sejak pukul 18.30 WIB hingga pukul 22.30 WIB.

Erupsi Gunung Rinjani, Penerbangan ke Lombok dan Bali di Tutup
Bandara Ngurah Rai ditutup karena erupsi Gunung Rinjani, Selasa (3/11). (Dok.Istimewa)
"Kondisi itu mengakibatkan sejumlah penerbangan dari Juanda yang menuju ke Bandara Ngurah Rai menjadi terganggu akibat peristiwa tersebut," katanya saat dihubungi via telepon, seperti dikutip dari Antara, Selasa (3/11).

Dia mengemukakan, dari catatan pihak bandara terdapat sekitar tujuh penerbangan yang mengalami penundaan pemberangkatan.

"Namun, jumlah tersebut masih belum pasti karena kami masih harus melakukan koordinasi dengan pihak maskapai penerbangan terkait," katanya.

Liza mengatakan, penerbangan lanjutan akan dilakukan menyusul sampai dengan waktu yang belum ditentukan.

"Saat ini kami masih terus melakukan koordinasi terkait dengan jadwal pemberangkatan pesawat tersebut supaya para penumpang tidak menjadi cemas," ujarnya.

Dia mengatakan, untuk penumpang yang mengalami penundaan keberangkatan akan dikoordinasi dengan maskapai penerbangan terkait dengan penanganan lanjutan.

Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan JA Barata dalam keterangan tertulis mengatakan bandara yang terdampak saat ini yakni Bandara Selaparang, Lombok, dan Bandara Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

"Disampaikan bahwa sesuai 'update volcano actually activity' (VA) Gunung Rinjani data vaac dan plotting pukul 16.45 WIB serta data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika pukul 17.00 WIB. Sebaran VA dominan ke arah barat daya - barat laut. Bandara terdampak Selaparang, dan Ngurah Rai Bali," katanya.

Barata mengatakan dilakukan penutupan Bandara Lombok dan Ngurah Rai Bali pada pukul 18.30 WIB. "Bandara Banyuwangi diawasi ketat," ujarnya.

Dia merinci jarak bandara sekitar terhadap area VA, yaitu Bandara Lombok Praya berjarak 13 NM (nautical mile), Bandara Jember berjarak 21 NM.

Rute lalu lintas udara (ATS) terdampak, yakni W46, W41, W44, W42, W34, W45, W33, W13, M766, G326, A576, B349, G578 dan R592 dari permukaan sampai dengan FL 120 dan dikoordinasikan dengan Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI/Airnav Indonesia).

"Pantauan data 'volcano activity' dan lapangan terus dilakukan," kata Barata. (Antara)

Sumber : Cnn Indonesia

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top