Akhir Pekan Ini, Festival Lombok Sumbawa Digelar di Bandung

MATARAM, KOMPAS.com - Provinsi Nusa Tenggara Barat akhir pekan ini akan mempromosikan obyek wisata dan beragam budayanya dalam ajang Lombok Sumbawa Festival di Kota Bandung, Jawa Barat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Moh Faozal di Mataram, Kamis (1/10/2015), mengungkapkan hal tersebut mengingat Pulau Lombok dan Sumbawa kini menjadi salah satu tujuan para wisatawan untuk datang berkunjung menikmati destinasi wisata dan budayanya.

Akhir Pekan Ini, Festival Lombok Sumbawa Digelar di Bandung
Ratusan penari menampilkan tari Rai Sa Ida di padang sabana Doro Ncanga, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat, saat puncak acara peringatan 200 tahun meletusnya Gunung tambora, Sabtu (11/4/2015). Acara yang dihadiri oleh Presiden Joko Widodo itu juga dijadikan momentum untuk menetapkan Taman Nasional Gunung Tambora.
"Festival ini dirancang sebagai bagian dari promosi wisata dan budaya Pulau Lombok dan Sumbawa yang akan di gelar pada Minggu ini di Kota Bandung," kata Faozal.

Tujuan dari kegiatan ini, lanjutnya, tidak lain untuk meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun luar negeri. "Agar terget kita mendatangkan dua juta pengunjung dapat terlampaui di akhir tahun, promosi Lombok Sumbawa kepada segmen wisatawan nusantara terus dilakukan, salah satunya yang akan di gelar di Bandung ini," ujarnya.

Lombok Sumbawa Festival akan di gelar 3-5 Oktober mendatang, dalam serangkaian acaranya, akan ditampilkan parade budaya seperti adat nyongkolan, presean, tenun khas Lombok Sumbawa, penampilan adat Samawa dan Mbojo, serta turut menampilkan pentas seni khas Lombok Sumbawa.

Selain itu, kata dia, NTB juga akan turut menampilkan pameran potensi wisata, investasi dan ekonomi kreatif di Museum Konferensi Asia Afrika Bandung. Seminar Geopark Rinjani pun, juga akan di gelar di tempat yang sama.

Lombok Festival 2015, lanjutnya, juga akan dimeriahkan oleh asosiasi dari para pelaku wisata, seperti INCCA yang akan melakukan Lombok Sumbawa MICE gathering dan ASITA dengan pertunjukan "table top" bersama asosiasi pariwisata di Kota Bandung.

Lebih lanjut, agar kegiatan ini berjalan lancar, panitia Lombok Sumbawa Festival 2015 turut menggandeng sejumlah mahasiswa dan masyarakat NTB yang ada di Kota Bandung untuk ikut serta ambil bagian membantu promosi Lombok Wisata.

Sumber : Kompas

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top