Gili Trawangan Masuk ke 6 Destinasi Wisata Bebas Kendaraan di Dunia

Berita Wisata Lombok - Bukan mimpi jika ingin mendatangi destinasi yang bebas kendaraan, sehingga wisatawan bisa puas berjalan kaki. Berikut 7 destinasi yang bebas kendaraan di dunia. Indonesia juga punya lho, yuk intip! Meski ada jalur khususnya, tetap saja jalan kaki di sebelah kendaraan bermotor tak terlalu menyenangkan. Nah, dengan mengetahui destinasi bebas kendaraan ini, traveler bisa puas jalan kaki tanpa ada saingan. Dikumpulkan detikTravel, Kamis (5/2/2015), inilah 7 destinasi bebas kendaraan bermotor di dunia :

1. Gili Trawangan, Lombok
Indonesia punya banyak pulau yang bisa bebas jalan kaki, salah satu yang terkenal adalah Gili Trawangan. Di sini, pengunjung bisa bebas jalan kaki tanpa takut terserempet mobil atau motor. Karena Pulau Gili Trawangan ini memang didesain bebas kendaraan bermotor.

Hanya ada cidomo, sejenis delman, yang beroperasi di sana. Wisatawan yang datang juga bisa berkeliling pulau dengan berjalan kaki atau naik sepeda sewaan. Asyik banget kan?
Gili Trawangan Lombok Beach
Pantai Gili Trawangan Lombok (c) clairedejonge.wordpress.com
2. Sark Island, Prancis
Sark Island adalah pulau kecil di Kepulauan Channel, barat daya English Channel, lepas pantainya Normandy, Prancis. Meski begitu, Sark Island masuk dalam bagian Britania Raya. Dalam pulau seluas 110 km persegi, tak ada kendaraan yang bisa berkeliaran di pulau ini.

Hanya ada kendaraan yang ditarik dengan kuda. Ada juga sepeda yang bisa digunakan baik untuk penduduk atau wisatawan. Tidak ada bandara di pulau ini, jadi semua kegiatan keluar masuk pulau melalui kapal ferry saja.

3. Mackinac Island, AS
Di Lake Huron, Michigan, AS, ada sebuah pulau yang bebas kendaraan bermotor. Bernama Mackinac Island, ini adalah pulau sekaligus resor. Wisatawan bisa bebas berjalan kaki ke mana saja sambil menghirup udara segar.

Seperti di kebanyakan pulau-pulau bebas kendaraan lain, hanya delman yang boleh beroperasi di sini. Uniknya, delmannya dibuat dengan konsep klasik. Siapa saja yang menaikinya, akan merasa seperti di film-film zaman dahulu. Lucu!

4. Medina Fes-al-Bali, Maroko
Sebuah Situs Warisan Budaya UNESCO di Maroko merupakan area bebas kendaraan bermotor. Secara tidak langsung, Medina Fes-al-Bali jadi destinasi surga bagi traveler yang ingin jalan kaki.

Karena bangunannya yang sudah ada dari ratusan tahun lalu, kendaraan bermotor dilarang masuk ke kawasan ini. Selain itu, jalan-jalan di sini kebanyakan sempit dan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Asyik kan!

5. Hydra, Yunani
Kini ke Kepulauan Saronic di Yunani. Ada Hydra yang merupakan desa bebas kendaraan bermotor. Tidak ada kendaraan yang boleh masuk ke desa ini kecuali truk sampah.

Desa di kawasan tebing yang langsung ke pantai ini hanya boleh diakses dengan menggunakan perahu, kuda atau keledai. Namun kebanyakan wisatawan yang datang akan dengan senang hati keliling desa dengan berjalan kaki.

6. La Cumbrecita, Argentina
Dinobatkan sebagai kota pedestrian, La Cumbrecita jadi contoh sempurna destinasi untuk berjalan kaki. Kota ini memfokuskan diri menjadi destinasi eko wisata, sehingga hanya bisa diakses dengan berjalan kaki saja.

Jalan-jalan di sini dibuat dari bebatuan yang nyaman dipijak. Pemandangan rumah-rumah yang cantik membuat pengunjung betah berkeliling meski dengan kedua kaki mereka. Ada hotel, penginapan bahkan traveler diperbolehkan kemping di setiap sudut kotanya.

7. Venesia, Italia
Terakhir, ada kota kanal yaitu Venesia di Italia. Hanya ada dua opsi transportasi yang ada di sini yaitu dengan menggunakan perahu gondola atau dengan berjalan kaki. Kota kuno ini memang tidak boleh diakses dengan kendaraan bermotor.

Oleh karena itu, Venesia menjadi area bebas kendaraan bermotor paling besar di Eropa. Siapkan kaki Anda untuk berkeliling di sini ya!.

Sumber : Travel Detik

Tidak perlu bingung mencari-cari hotel lagi, agoda.com telah menawarkan Anda akomodasi terbaik di Gili Trawangan dengan harga terendah yang tidak tersaingi. Ekplorasilah daftar penuh akomodasi di Lombok dan temukan pilihan sempurna yang paling cocok dengan Anda. Lihatlah penawaran hotel terfavorit di Gili Trawangan dengan mengklik link ini !

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top