Ingin Awet Muda? Datanglah ke Taman Narmada

OBJEK WISATA LOMBOK - Sekitar 30 tahun yang lalu, nama Lombok dari sudut pandang dunia pariwisata belum dikenal dan sepopuler pulau tetangganya, Pulau Dewata - Bali. Sebagian besar para wisatawan, khususnya dari mancanegara mampir ke Lombok setelah berlibur di Pulau Dewata. Di pulau Lombok bagian barat, destinasi wisatanya di dominasi oleh beberapa peninggalan bersejarah, peninggalan ketika masa Kerajaan Karangasem Bali yang dulunya pernah memperluas wilayah kekuasan dengan membuat sebuah taman air yang indah, antaranya Taman Mayura di wilayah Cakranegara dan Taman air Narmada di perbatasan Lombok bagian Barat dan Timur.

Maka, tidak aneh pula jika pengaruh Agama Hindu di Lombok banyak mewarnai peninggalan peninggalan masa lalu yang sekarang menjadi objek wisata religi di Lombok bagian Barat. Sesuai slogan promosi wisata NTB tahun 1980 yang lalu : "Di Lombok, anda dapat melihat Bali, tetapi di Bali anda tidak dapat melihat Lombok."
Secara sederhana, slogan promosi tersebut  berarti bahwa para pelancong yang berlibur ke Lombok bisa menyaksikan beberapa adat istiadat, objek wisata, kesenian ukiran Bali, maupun adat istiadat dan budaya asli Lombok. Dan sebaliknya, di Pulau Bali, para wisatawan tidak akan pernah melihat kultur, budaya ataupun kesenian dan adat istiadat suku Sasak.

Sekarang, dunia pariwisata Lombok semakin maju, bahkan hampir dapat menyaingi pariwisata Bali. Pulau Lombok dan Pulau Sumbawa kini tak ubahnya seperti sebuah magnet yang menarik minat industri pariwisata domestik maupun mancanegara. Terlebih lagi setelah beroperasinya Bandara Internasional Lombok (BIL) yang berlokasi di wilayah Tanaq Awu Lombok Tengah menggantikan Bandara Selaparang yang dulunya di Kota Mataram. 

Begitu banyak pilihan dan aneka ragam tujuan berlibur di Lombok, sebut saja destinasi wisata pantai, gunung, wisata religi, rumah tradisonal, maupun tempat tempat unik dan bersejarah peninggalan kerajaan di masa lampau. Taman Air Narmada termasuk salah satu diantaranya dan bisa menjadi tujuan Wisata Favorite yang harus anda masukkan ke daftar kunjungan ketika anda berlibur ke Lombok.

Wisata Taman Air Narmada Lombok
Taman Air Narmada (c) loveindonesia.com
Taman air yang dijuluki Taman Air Awet Muda ini hanya berjarak kurang lebih 10Km atau sekitar 30 menit perjalanan dari Jantung Kota Mataram. Dalam perjalanan menuju kesana, anda akan menjumpai jalan raya yang dipenuhi "cidomo" yang berseliweran, sebuah transportasi unik sejenis delman khas Lombok. 

Taman Air Narmada memiliki area dengan luas sekitar 2 Ha, dibangun pada tahun 1727 yang silam oleh Raja Mataram Lombok "Anak Agung Ngurah Karangasem". Pemberian nama "Narmada" merupakan penamaan dari agama Hindu yang dianut pada masa itu. Diambil dari kata dasar "Narmadani" yang merupakan nama sebuah anak Sungai Gangga di India yang dianggap suci oleh umat Hindu di dunia.
Taman Narmada dulunya biasa digunakan sebagai tempat melangsungkan upacara "Pekelem" pada kurun tanggal dan bulan tertentu, biasanya pada bulan Oktober dan November. Selain sebagai tempat merayakan upacara Pekelem, Taman Narmada merupakan tempat beristirahat keluarga raja saat musim Kemarau tiba.
Taman Air Awet Muda Narmada di Lombok
Taman Narmada (c) wikimedia.org
Taman Air Awet Muda Narmada
Taman Narmada Lombok (c) kampoengholidays.com
Taman Air Narmada Lombok
Saluran Air Taman Narmada (c) panoramio.com
Uniknya, desain arsitektur dan struktural taman Air Narmada dikatakan sebagai replika Gunung Rinjani, sebuah gunung tertinggi nomor 2 di Indonesia, dimana Puncak Pura Kelasa di Taman Narmada ini digambarkan sebagai Puncak Gunung Rinjani, dan kolam kolam sekelilingnya digambarkan sebagai Danau Segare Anak.

Di kompleks Taman Narmada, ada beberapa bagian bangunan yang difungsikan berbeda beda, beberapa bangunan yang bertekstur kuno dan bernilai sejarah yang tinggi serta penataan taman yang asri membuat taman Narmada akan terasa sejuk dan memanjakan para pengunjungnya. Ada juga sebuah bangunan bagian dari Taman Narmada yang disebut Balai Pertirtaan, sebuah mata air kiriman dari Gunung Rinjani yang merupakan pertemuan antara 3 sumber mata air besar yakni Lingsar, Suranadi dan Narmada. Karena mata airnya yang berasal dari Gunung Rinjani, Balai Pertirtaan dipercaya oleh para tokoh jaman dahulu sebagai sumber mata air yang ketika diminum atau digunakan untuk membasuh muka, dipercayai akan membuat orang tersebut terlihat awet muda.

Hotel hotel murah pilihan yang terdekat dengan Narmada ada di sekitar Kota Mataram, Klik disini untuk detail !

Referensi : Kompas Travel

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top