Pelecing Kangkung, Kuliner Andalan Pulau Lombok

KULINER LOMBOK - Pulau Lombok adalah surganya para wisatawan yang mencari ketenangan dan ingin berlibur untuk berbulan madu. Destinasi alamnya yang begitu memukau, juga didukung dengan jenis kuliner-kuliner khas yang memanjakan lidah akan membuat anda betah dan ingin berlama-lama di pulau Kecil ini. Bagi pecinta pedas dan masakan bernuansa sambal, ada dua kuliner Lombok yang wajib untuk anda cicipi, yakni Ayam Taliwang dan Plecing Kangkung.


Kurang lengkap rasanya menyicipi gurihnya Ayam Taliwang Lombok jika tidak ditemani oleh sepiring Plecing Kangkung. Makanan khas yang satu ini memang begitu menggoda selera, karena terbuat dari kangkung Lombok yang bertekstur berbeda dari jenis kangkung di daerah lain. Jenis kangkung Lombok ini biasanya ditanam di sungai dengan aliran / metode tertentu, sehingga menghasilkan jenis kangkung berbatang besar yang renyah dan gurih. Teksturnya akan terasa lebih lembut di lidah dan warna hijau muda nya yang terlihat segar, akan menciptakan sebuah sensasi berbeda ketika anda mengunyahnya, apalagi dipadukan dengan bumbu khas lombok yang super pedas. 
Pelecing Kangkung Kuliner Khas Lombok
Pelecing Kangkung Lombok (c) flickriver.com
Pelecing Kangkung Kuliner Khas Lombok
Pelecing Kangkung Lombok (c) Google Images

Untuk membuat Plecing Kangkung, terlebih dahulu rebuslah kangkungnya, lalu sajikan / siapkan dalam kondisi dingin dan segar dengan sambal tomat khas racikan Lombok, yang terbuat dari Cabai rawit, garam, terasi dan tomat, atau bisa juga ditambah tetesan jeruk limau. Sebagai pendamping kuliner ternama Ayam Taliwang, Plecing Kangkung juga biasanya akan disajikan dengan tambahan sayur mayur seperti taoge, kacang panjang, kacang tanah goreng, ataupun urap. Untuk anda yang ingin mencoba membuat Plecing Kangkung khas Lombok, berikut ini kami berikan resep nya :

Bahan yang Dihaluskan:

  • 10 buah cabai merah, bakar.
  • 4 buah cabai rawit, bakar.
  • 1 sdt terasi, bakar.
  • 5 buah kemiri, bakar.
  • 1 sdt garam.
  • 1 sdm minyak goreng.
  • 1/2 buah jeruk nipis, ambil airnya.Cara Membuat:
  • Campur semua bumbu yang dihaluskan,beri minyak goreng dan air jeruk nipis, aduk hingga rata. Hidangkan sambal dengan kangkung rebus.

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top