Gili Nanggu, Tidak Kalah Cantik dengan Gili Trawangan

OBJEK WISATA LOMBOK – Jika berbicara wisata Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB), maka biasanya yang terlintas pertama adalah Gili Trawangan sebagai destinasi wisata. Padahal, Lombok memiliki pulau-pulau kecil (gili) yang tak kalah cantik. Salah satunya adalah Gili Nanggu yang tengah “naik daun”. Apalagi sejak pemberitaan mengenai isu bahwa pulau ini dijual, Gili Nanggu semakin disebut-sebut.

“Gili Nanggu itu dari segi regulasi saja tidak boleh jual pulau, tidak bisa jual satu pulau yang utuh. Gili Nanggu itu sebenarnya dimiliki dua orang. Yang mau dijual itu sebagiannya. Bahasa iklannya memberi kesan pulau itu dijual,” jelas Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah NTB, Awanadhi Aswinabawa saat ditemui di Jakarta, Kamis (6/9/2012) malam. 
Pesona Gili Nanggu Lombok (c) petualanganku10.blogspot.com
Gili Nanggu merupakan pulau yang masuk dalam wilayah Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Untuk menuju Gili Nanggu, wisatawan dapat naik perahu dari Sekotong. Menurut Awanadhi, pemerintah kabupaten Lombok Barat memang tengah mengembangkan wilayah Sekotong.

“Senggigi yang ada di Lombok Barat, dikembangkan sebagai kawasan wisata karena lokasinya dekat dengan Mataram, dekat bandara dulu,” tutur Awanadhi.

Mulanya, lanjut Awanadhi, penduduk lokal sering ke Pantai Sengigi dan lama-lama semakin ramai dikunjungi. Pemerintah kabupaten pun mengembangkan Pantai Sengigi. Hanya saja, di selatan mulai dikenal pantai-pantai eksotis lainnya, begitu pula di kawasan utara dengan Gili Trawangan.

“Sengigi harus bisa menawarkan sesuatu yang baru agar tak kalah pamor dengan kawasan selatan dan utara. Makanya dikembangkan wilayah Sekotong. Sekotong ini seperti gabungan antara gili-gili di utara dan Pantai Sengigi,” lanjutnya.

Ada tiga gili utama di Sekotong yaitu Gili Nanggu, Gili Sudak, dan Gili Tangkong.

Awanadhi menuturkan di kawasan Sekotong yang berada di Kabupaten Lombok Barat, tepatnya di tepian pantai sudah banyak berdiri vila-vila.

“Jarak ke tiga gili ini juga dekat dari Pulau Lombok. Ke Gili Nanggu dengan perahu hanya 20 menit. Bandingkan kalau ke Gili Trawangan harus naik perahu 40 menit,” ungkapnya.

Selain itu, daerah Sekotong sebenarnya memiliki banyak pulau kecil. Jika dibandingkan dengan Kabupaten Lombok Utara, Sekotong mempunyai gugusan gili dengan jumlah gili yang lebih banyak.

“Sekotong ini wisata bahari yang lengkap. Snorkeling bisa, menyelam juga bisa,” katanya.

Sekotong juga menjadi menarik perhatian karena lokasinya yang dekat dengan bandara baru, yakni Bandara Internasional Lombok di Kabupaten Lombok Tengah.

Awanadhi mengatakan dari Bandara Internasional Lombok (BIL) menuju Sekotong dapat dicapai dengan waktu tempuh antara 45 menit sampai satu jam.

“Ada dua jalur. Pertama jalur ke (pelabuhan) Lembar, bandara ke Lembar hanya setengah jam. Lalu langsung ke pulau-pulau dengan perahu. Atau, jalan darat dulu ke Sekotong selama setengah jam,” jelas Awanadhi.

Sementara perjalanan darat dari BIL menuju akses penyeberangan ke Gili Trawangan perlu waktu tempuh sekitar tiga jam. Walaupun begitu, Gili Trawangan juga mudah dicapai dari Bali, sebab tersedia kapal cepat dari Tanjung Benoa (Bali) langsung ke Trawangan.


Butuh Info dan Rate Hotel di Sekitar Gili Nanggu? Klik Disini !

Sumber : Kompas Travel

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top