Kenalkan 4 Buah Langka dan Unik Asal Lombok

1.   Durian Gundul Khas Lombok Cuma Bisa Bilang Mantap!

durian gundul khas Lombok
Namanya Durian Gundul Khas Lombok. Namanya memang unik. Nama itu dikarena buah durian khas lombok ini tidak memiliki duri seperti durian seperti biasanya.
Kamu pasti akan memperhatikan bentuk durian ini yang lucu, sebelum mencicipinya. Bentuk buahnya jika dilihat-lihat mirip dengan tempurung kelapa dengan ukuran sebesar buah melon. Bobot buah ini sekitar 800-900 gram. Bau harum durian akan terasa semerbak ketika durian gundul ini matang. Rasanya tentu saja mantap dan manis.

2. Kepudung Khas Pulau Lombok, Khasiat dan Manfaat Berjuta Juta!
kepudung khas Lombok
Sebelum  kamu lebih mengetahui mengenai buah kepudung, lebih baik mengetahui sekilas tentang khasiat daun kepudung dan kulit pohon kepudung. Jika kamu mengalami masalah haid dan mencert kamu bisa menggunakan daun kepudung. Untuk mengobatinya. Ini dia caranya untuk peluruh haid yaitu dipakai kurang lebih 20 gram daun segar kepudung, cucilah terlebih dahulu sebelum direbus, kemudian direbus dengan dua gelas air selama lima belas menit, kemudian dinginkan. Hasil saringan tersebut kamu minum dua kali sama banyaknya pagi dan sore. Kamu juga bisa menggunakan kulit pohon ini jika matamu bengkak.
Buahnya memang sagat segar, tetapi bukan buahnya yang bisa dimanfaatkan. Tetapi kayunya juga memiliki kualitas yang sangat baik. Kayunya biasa dimanfaatkan untuk membangun rumah, perahu, dan mebel. Tak hanya itu, pohon buah kepudang juga bisa kamu bawa pulang sebagai hiasan di rumah.  Kulit kayunya juga sangat berguna loh. Kamu sudah tahu? Kalau kulit kayu pohon kepudung ini digunakan untuk berbagai ramuan, untuk mewarnai sutra menjadi warna kuning, merah atau lembayung muda untuk proses pewarnaan pada kain sutra.

3. Buah Obel-obel  Khas Pulau Lombok
buah obel-obel khas Lombok
Kamu pasti penasaran buah dengan buah obel-obel. Namanya saja lucu.Ketika kamu melihat bentuk buah obel-obel pasti kamu merasa buah ini bentuknya bulat mirip seperti buah anggur, warnanya juga cantik campuran dari warna ungu dan merah maron. ketika kamu mengigit buah obel-obel, kamu akan merasa sepat dan sama sekali tidak ada aroma buah.  Rasa sepat pada buah ini bukan karena salah buahnya tetapi karena cara kamu makan salah.
Buah obel-obel memiliki cara unik sebelum kamu makan, pertama kamu harus mengambil buah obel-obel dan menaruhnya di telapak tangan kemudian kamu gerakan  kedua telapak tanganmu seperti kamu sedang kedinginan.  Bahasa setempatnya disebut peloden atau diputer-puter sambil ditekan menggunakan tangan agar buahnya menjadi empuk.
Ketika kamu membuka telapak tangamu yang berisi buah tadi kamu akan terkejut, karena ajaibnya gesekan tanganmu buah obel-obel akan menjadi lebih lunak. Hal itu juga akan membuat aroma buah ketika kamu membuka kulit akan tercium harum. Dan kerennya ketika kamu mengigit dan mengunyah buah obel-obel akan terasa manis. Cara makannya unik bukan?

4. Buah Renggak, Buah Berbentuk Unik Khas Pulau Lombok
buah rengggak khas Lombok
Kamu perlu tahu sekilas mengenai buah khas Lombok yang satu ini. Pohon-pohon buah renggak banyak tumbuh di pinggir kali. Pohonnya juga hidup liar dan terpencar-pencar di hutan atau kebun talun. Terutamanya pada tanah lembap yang kaya akan humus. Sebenarnya menanam tubuhan ini sangat mudah, karena tumbuhan ini dapat diperbanyak. Kamu cukup mengambil  ujung rimpang yang berakar, lalu menanamnya. Hal ini jarang sekali orang yang sengaja  menanamnya buah renggak. Tetapi, karena buah ini enak dan kamu bisa ketagihan kamu bisa menanamnya di rumahmu.
 Tinggi pohonnya kira-kira seperti pohon laos, bisa dibilang cukup tinggi. Ketika kamu mengamati daunnya, kamu akan merasa daun itu mirip dengan daun kunyit.  Dan buahnya yang pasti kamu penasaran tentang rasanya ini tumbuh di luar batang dekat akar. Aroma buah ini menggoda, rasanya sedikit asam dan manis. Ditambah lagi bentuk buahnya yang menggerombol, rasanya ingin segera mencengramnyanya. Hmmm!

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top