Mau Wisata Religi di Lombok? Ini Dia 5 Makam Keramat yang Bisa Kamu Kunjungi

Lombok memang tidak hanya menawarkan wisata pantai, kuliner, dan alam saja. Namun, Lombok juga menawarkan wisata religi. Kamu bisa mengunjungi beberapa makam yang dianggap keramat yang sering dikunjungi para peziarah. Para peziarah akan berdoa dan ada beberapa ritual juga. Nah, ini dia 5 makam keramat yang bisa kamu kunjungi.

1. Makam Wali Nyatoq, Objek Wisata Religi di Lombok

Makam Wali Nyatoq via http://lombokxplorer.com

Wisata untuk memuaskan duniawi memang perlu, tetapi kamu jangan lupa untuk berwisata religi juga, ya. Nah, di Lombok ada beberapa wisata religi yang bisa kamu datangi. Salah satunya adalah Makam Wali Nyatoq. Wisata ini berada di Desa Rembitan, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. Untuk sampai di tempat ini kamu harus menempuh jarak sekitar 49 km dari pusat Kota Mataram.
Menurut masyarakat setempat Wali Nyatoq  alah seorang wali yang melegenda di kawasan Lombok. Masyarakat yakin bahwa Wali Nyatoq benar-benar ada dan dapat memperlihatkan tanda-tanda kewaliannya. Hal ini sesuai dengan namanya, Nyatoq yang berarti nyata. Dari postur tubuhnya, konon Wali Nyatoq merupakan keturunan Arab.

Sebenarnya Wali Nyatoq memiliki beberapa nama, sampai 33 nama. Salah satu namanya adalah Sayyid Abdullah yang banyak dikenal masyarakat luas. Karena diyakini benar bahwa makam itu merupakan makam penyiar agama Islam, makam makam ini sangat dikeramatkan. Makam Wali Nyatoq sangat dihormati dan dipelihara dengan baik oleh masyarakat setempat. Banyak peziarah yang datang untuk berdoa di makam ini. Doa yang sering dilantunkan di tempat ini adalah doa keselamatan atau diberi kesembuhan dari penyakit.

2. Makam Batu Layar, Destinasi Wisata Religi di Lombok yang Menentramkan

Makam Batu Layar via 3.bp.blogspot.
Lombok tidak hanya menyimpan destinasi wisata pantai, alam, dan kuliner saja. Lombok juga menjadi salah satu tempat populer untuk berwisata religi. Salah satu objek wisata religi yang bisa kamu datangi adalah Makam Batu Layar yang menurut masyarakat setempat menjadi makam keturunan Nabi Muhammad SAW. Ada versi lain yang mengatakan bahwa makam tersebut merupakan tempat peristirahatan tokoh Islam berkebangsaan Baghdad bernama Sayid Duhri Al Haddad Al Hamdrami.

Sayid Duhri Al Haddad Al Hamdrami adalah tokoh yang dipercaya sebagai salah satu tokoh yang menyebarkan agama Islam di Indonesia, termasuk di Lombok. Ada versi lain mengatakan bahwa tokoh dari Baghdad tersebut bernama Syeh Syayid Muhammad Al Bagdadi. Nama tersebut masih simpang siur, masih menjadi tanda tanya. Yang terpenting ia datang ke Lombok untuk mensiarkan agama Islam.

 Tidak hanya masyarakat Lombok yang datang ke sini, tetapi dari luar Lombok pun sering ke sini. Sebab Makam Batu Layar merupakan salah satu destinasi wisata religi di Lombok. Kamu mau mengunjungi Makam Batu Layar. Kamu bisa datang dengan mobil pribadi ke Lombok Barat. Letak makam batu layar berada sekitar 9 km dari utara kota Mataram.

3. Berziarah dan Membuktikan Mitos di Makam Selaparang Lombok

Makam Selaparang via 3.bp.blogspot.
Kamu bisa mengunjungi makam ini kapan saja, tetapi kebanyakan peziarah datang pada waktu-watu tertentu. Misalnya, ketika musim keberangkatan haji dan beberapa waktu khusus lainnya. Di Komplek Makam Selaparang  terdapat tiga makam yang sering dikunjungi yakni Raja Selaparang, makam orang tua Raja Selaparang dan makam panglima gajah mada. Di ketiga makam ini, peziarah sering menabur bunga dan membasuh muka dengan air yang sudah disediakan. Konon dengan membasuh muka dengan air tersebut akan mendekatkan jodoh. Jejak-jejak keislaman di makam ini bisa dilihat dari nisa salah satu makam yang bertuliskan huruf Arab dan huruf yang merupakan peralihan dari huruf Jawa Kuno ke HURUF Bali yang terdiri atas lima baris dan terpahat dalam bentuk relief timbul yang berbunyi “La ilaha ilallah, wa muhammadun radul, ulla, maesan gegawean dan prayuga”

Mitos memang lekat dengan masyarakat Indonesia, apalagi mitos memang kental dengan tempat-tempat pribadatan. Salah satu tempat beribadatan yang memiliki mitos yang kental adalah di Makam Selampang Lombok.Mitos yang dipercayai oleh masyarakat mengenai makam ini adalah jika kamu lajang berkunjunglah ke sini dan kamu akan cepat didekatkan jodohhnya. Wah bagi para lajang atau jomblo kamu bisa membuktikan hal ini.

4. Berwisata Religi di Makam Loang Baloq Lombok

Makam Selaparang via 3.bp.blogspot.

Kamu salah satu seorang yang suka berwisata religi? Jika kamu ke Lombok sempatkan diri untuk mendatangi beberapa wisata religi pulau Lombok. Salah satu tempat favorit wisata religi di Lombok adalah Makam Loang Baloq merupakan makam yang terkenal di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Letaknya di Kelurahan Tanjung Karang, Kecamatan Ampenan. Kira-kira 6 kilometer dari Mataram.

Mari yang pertama membahas mengenai nama Loang Baloq. Nama ini berasal dari kata dalam bahasa Sasak yang artinya pohon beringin yang berlubang. Ya, kamu bisa melihat sebuah pohon beringin tua yang umurnya ratusan tahun di tempat ini. Di Makam Loang Balog kamu akan melihat makam-makam yang jumlahnya puluhan. Ada beberapa makam yang sering dikunjung para peziarah,  yaitu makam Maulana Syech Gaus Abdurrazak, Makam Anak Yatim dan Datuk Laut.

5.   Berziarah Di Lombok? Kamu Bisa Datangi Makam Keramat Cemare

Pelabuhan Lembar via lombokexploring.files.
Mau berwisata religi di Lombok? Kamu bisa datangi makam keramat Cemare. Makam ini berada di dekat Pelabuhan Lembar. Bentuknya seperti daratan yang menjorok ke laut. Di tempat inilah terdapat makam tersebut. Makam Cemere diyakini oleh penduduk sebagai tempat peristirahatan seorang tokoh agama di Lombok pada masa lampau.

Istimewanya di Makam Kemaramat Cemare, kamu bukan hanya bisa berdoa di Makam Cemare, tetapi kamu juga bisa menikmati pemandangan yang indah. Kamu bisa melihat pelabuhan lembar dan aktifitasnya. Kamu bisa melihat deburan ombak dan batas laut yang indah, burung-burung laut, langit yang biru, dan aroma air asin. Tentu suasana alam ini akan membuat suasana menjadi khuyuk.

Untuk sampai di Makam Keramat Cemare, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dari kota Mataram menuju Pelabuhan Lembar. Kira-kira 22 kilometer dari pusat Kota Mataram. Tenang saja, setiap 90 menit sekali kamu bisa mendapatkan kapal feri yang beroperasi hilir mmudik dari Pelabuhan Padang Bai Bali. Di perjalanan, kamu akan merasa semakin bersyukur kepada Allah karena keindahan ciptaannya. Bagaimana tidak, kamu akan melewati laut yang biru jernih dan gugusan-gugusan pulau-pulau yang cantik.

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top