Kepudung Khas Pulau Lombok, Khasiat dan Manfaat Berjuta Juta!


Kepudung Khas Pulau Lombok (c) ranyoga.files.wordpress
Kamu pernah mendengar buah kepudung? Nama buah khas Lombok ini memang sudah jarang terdengar. Buah kepudung juga sudah mulai langka. Tetapi, ketika kamu berlibur ke Lombok, sempatkan ke pasar-pasar tradisionalnya. Kamu akan menemukan buah kepudung ini. Tentu, kamu harus mencicipinya.

Sebelum  kamu lebih mengetahui mengenai buah kepudung, lebih baik mengetahui sekilas tentang khasiat daun kepudung dan kulit pohon kepudung. Jika kamu mengalami masalah haid dan mencert kamu bisa menggunakan daun kepudung. Untuk mengobatinya. Ini dia caranya untuk peluruh haid yaitu dipakai kurang lebih 20 gram daun segar kepudung, cucilah terlebih dahulu sebelum direbus, kemudian direbus dengan dua gelas air selama lima belas menit, kemudian dinginkan. Hasil saringan tersebut kamu minum dua kali sama banyaknya pagi dan sore. Kamu juga bisa menggunakan kulit pohon ini jika matamu bengkak.

Pohon buah kepudung cukup besar. Ukurannya berdiameter 25 sampai 70 cm. Sedangkan untuk tinggi 10 sampai 25 meter. Kamu bisa menemui pohon ini di daerah tropik dataran rendah. Buah kepudung memiliki batang tegak, berkayu, bulat, kasar, bercapang, simpodial. Ukuran buah kepudung sebesar buah duku atau kelengkeng, kulitnya seperti duku, kuning kecokelatan. Ketika kamu membuka kulitnya, kamu akan menemukan bagian dalam berwarna merah. Cantik. Lalu ketika kamu menyicipinya, akan ada rasa unik. Akan ada perpaduan rasa manis, asam, dan segar. Cara memakannya, kamu bisa langsung menelan buah tersebut dengan bijinya yang menempel pada daging buahnya.

Banyak manfaat dari uah kepudung ini yang harus kamu ketahui. Memang pohon kepudung dipelihara utamanya untuk menghasilkan buah. Kamu juga bisa menemukan asinan, fermentasi seperti anggur, atau stup dari buah kepudung. Sebab biasanya masyarakat melakukan hal tersebut ketika panen atau buah melampai batas. Ini bisa menjadi alternatif kamu untuk oleholeh kerabat di rumah.

Buahnya memang sagat segar, tetapi bukan buahnya yang bisa dimanfaatkan. Tetapi kayunya juga memiliki kualitas yang sangat baik. Kayunya biasa dimanfaatkan untuk membangun rumah, perahu, dan mebel. Tak hanya itu, pohon buah kepudang juga bisa kamu bawa pulang sebagai hiasan di rumah.  Kulit kayunya juga sangat berguna loh. Kamu sudah tahu? Kalau kulit kayu pohon kepudung ini digunakan untuk berbagai ramuan, untuk mewarnai sutra menjadi warna kuning, merah atau lembayung muda untuk proses pewarnaan pada kain sutra.


By Zahratul Wahdati

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top