Kenapa Dinamakan Pulau Lombok? Ini Dia Jawabannya Rasa Penasaranmu

Lombok via static.asiawebdirect

Pulau Lombok memang menarik untuk dijelajahi, bukan hanya objek wisatanya yang menarik dan memikat, tetapi budayanya. Nah, kamu tahu tidak kenapa Pulau Lombok dinamai Pulau Lombok?

Kalian penasaran kenapa pulau cantik ini dinamai Pulau Lombok? Pasti dipikiran kalian dinamakan Pulau Lombok karena di pulau ini banyak lomboknya atau cabai, ya? Itu salah besar. Nama pulau ini sebenarnya berasal dari bahasa sasak, “lomboq” artinya lurus.

Kamu tahu tidak? Kalau Pulau Lombok ini sudah tenar sejak zaman kerajaan Majapahit. Kamu bisa melihat bukti itu dalam buku Negarakertagama yang ditulis oleh Empu Prapanca. Buku Negarakertagama ditemukan di Lombok.

Untuk menjawab rasa penasaranmu tentang asal-usul nama Lombok. Kamu harus tahu dulu legenda masyarakat sasak yang satu ini. Pada zaman dahulu kala, ada raja wanita yang memimpin Mataram Lama di Jawa Tengah bernama Pramudawardhani konon ia ahli pemerintahan. Ia kawin dengan Rakai Pikatan yang ahli dalam peperangan. Sampai-sampai kekuasaan kerajaan itu dari barat yaitu Pulau Sumatra, sampai ke timur yaitu Pulau Flores.

Banyak rakyat mataram yang pergi berlayar ke arah timur melalui Laut Jawa kemudian mendarat di sebuah pelabuhan. Pelabuhan itulah yang diberi nama Lomboq (lurus) untuk mengenang perjalanan panjang. Sekarang bukan hanya pelabuhan itu yang bernama Lomboq tetapi nama Pulau tersebut juga dinama Lomboq. Lambat laut kata Lomboq berubah menjadi Lombok.

Kemudian rakyat mataram tersebut membaur dengan masyarakat, kemudian mendirikan kerajaan Lombok yang berpusat di Labuhan Lombok. Kerajaan Lombok menjadi berkembang dalam lima abad. Dikenal di Nusantara. Pelabuhan ramai oleh pedagang yang datang dari berbagai daerah di Indonesia. Sayangnya, Kerajaan Lombok kemudian dikalahkan oleh Kerajaan Majapahit. Raja dan Permainsuri Kerajaan Lombok lari ke gunung, kemudian mendirikan kerajaan baru yang diberi nama Watuparang, kemudian terkenal dengan nama kerajaan Selaparang.

Begitulah cerita singkat mengenai asal-usul nama Lombok. Jadi sekarang kamu sudah tahu kan? Nanti jangan sampai salah dan mengangaggap Pulau Lombok dinamakan Lombok karena banyak lomboknya atau orang-orang pedas seperti lombok atau cabai, ya. Intinya pulau Lombok berasal dari Lomboq yang artinya lurus

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top