Makam Batu Layar, Destinasi Wisata Religi di Lombok yang Menentramkan

 
Makam Batu Layar via 3.bp.blogspot.
Lombok tidak hanya menyimpan destinasi wisata pantai, alam, dan kuliner saja. Lombok juga menjadi salah satu tempat populer untuk berwisata religi. Salah satu objek wisata religi yang bisa kamu datangi adalah Makam Batu Layar yang menurut masyarakat setempat menjadi makam keturunan Nabi Muhammad SAW. Ada versi lain yang mengatakan bahwa makam tersebut merupakan tempat peristirahatan tokoh Islam berkebangsaan Baghdad bernama Sayid Duhri Al Haddad Al Hamdrami.

Sayid Duhri Al Haddad Al Hamdrami adalah tokoh yang dipercaya sebagai salah satu tokoh yang menyebarkan agama Islam di Indonesia, termasuk di Lombok. Ada versi lain mengatakan bahwa tokoh dari Baghdad tersebut bernama Syeh Syayid Muhammad Al Bagdadi. Nama tersebut masih simpang siur, masih menjadi tanda tanya. Yang terpenting ia datang ke Lombok untuk mensiarkan agama Islam.

Ada kisah yang harus kamu ketahui mengenai makam ini. Ketika tokoh tersebut sudah selesai mensiarkan agama Islam di Pulau Lombok, ia akan kembali ke negara asalnya. Di pejalanan pulang ia diantar ke pinggir pantai Batu Layar oleh para muridnya. Setelah tiba, ia duduk di atas batu yang menyerupai sebuah layar. Tiba-tiba datanglah hujan lebat disertai angin dan petir. Pada saat itulah Syeh Sayid menghilang dan tinggal batu tersebut saja. Kisah ini menghadirkan kisah bahwa yang dimakamkan di makam Batu Layar bukanlah jasad Syeh Sayid namun kopiah dan sorban yang ia tinggalkan.

Hal tersebut membuat makam ini menjadi keramat dan sering digunakan sebagai tempat untuk membayar nazar. Nazar merupakan janji. Makam batu layar sangat ramai ketika musim haji, sebab penduduk tersebut telah mendapatkan keinginannya sebagai janjinya ia beziarah ke makam batu layar ini. Makam ini sangat ramai ketika perayaan lebaran topat, yakini lebaran yang diselenggarakan tepat tujuh hari setelah Idul Fitri. Diawali dari tradisi nyangkar oleh Wali Bupati Lombok. Dalam tradisi nyekar tersebut ada prosesi pengambilan air lingkuk emas untuk membasuh wajah anak-anak dengan harapan kelak mereka menjadi anak yang saleh.

 Tidak hanya masyarakat Lombok yang datang ke sini, tetapi dari luar Lombok pun sering ke sini. Sebab Makam Batu Layar merupakan salah satu destinasi wisata religi di Lombok. Kamu mau mengunjungi Makam Batu Layar. Kamu bisa datang dengan mobil pribadi ke Lombok Barat. Letak makam batu layar berada sekitar 9 km dari utara kota Mataram.


Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top