Buah Renggak, Buah Berbentuk Unik Khas Pulau Lombok

Buah Renggak (c) 3.bp.blogspot


Di Lombok ada buah yang unik namanya buah renggak. Jadi, jika kamu jalan-jalan ke Lombok. biar semakin seru kamu bisa mencoba berburu buah yang satu ini.

Kamu perlu tahu sekilas mengenai buah khas Lombok yang satu ini. Pohon-pohon buah renggak banyak tumbuh di pinggir kali. Pohonnya juga hidup liar dan terpencar-pencar di hutan atau kebun talun. Terutamanya pada tanah lembap yang kaya akan humus. Sebenarnya menanam tubuhan ini sangat mudah, karena tumbuhan ini dapat diperbanyak. Kamu cukup mengambil  ujung rimpang yang berakar, lalu menanamnya. Hal ini jarang sekali orang yang sengaja  menanamnya buah renggak. Tetapi, karena buah ini enak dan kamu bisa ketagihan kamu bisa menanamnya di rumahmu.

Tinggi pohonnya kira-kira seperti pohon laos, bisa dibilang cukup tinggi. Ketika kamu mengamati daunnya, kamu akan merasa daun itu mirip dengan daun kunyit.  Dan buahnya yang pasti kamu penasaran tentang rasanya ini tumbuh di luar batang dekat akar. Aroma buah ini menggoda, rasanya sedikit asam dan manis. Ditambah lagi bentuk buahnya yang menggerombol, rasanya ingin segera mencengramnyanya. Hmmm!

Buah renggak memang tergolong pada jenis aromatis, jadi kamu pasti akan suka dengan harumnya. Buah renggak masih anggota suku jahe-jahean. Tetapi rasanya bukan seperti jahe, lebih manis agak asam dan berbau harum. Kamu bisa memakannya secara langsung atau segar setelah dipetik, buah mudanya bisa dimakan setelah direbus sebagai sayuran ataupun dimakan dengan sambal. Buah ini disukai karena salut bijinya yang mengandung banyak sari buah yang manis dan kadang-kadang agak masam rasanya.

Bentuk buahnya kecil-kecil, dan mudah sekali dibelah. Kamu bisa beradu membelah buah renggak dengan teman-temanmu sebagai permainan yang seru.

Buah renggak Khas Lombok ini merupakan pohon tahunan yang subur, tingginya sekitar 3 m. Daunnya berbentuk jorong atau jorong lonjong, sisi atasnya gundul. Buah renggak dipercaya dapat mengobati beberapa penyakit. Di India bahkan buah ini diperdangkan sebagai kapulaga pengganti. Sedangkan di Cina digunakan sebagai ramuan obat.

Buah renggak ternyata bukan hanya ada di Lombok tetapi juga tersebar luas di luar negeri seperti Nepal, Bangladesh, Yunan, dan Thailand. Tetapi, kalau kamu malas ke luar negeri kamu bisa datang ke Lombok dan mencoba buah renggak yang unik bentuk dan enak rasanya ini. selamat mencoba!


Bye Zahratul Wahdati

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top