Berziarah Di Lombok? Kamu Bisa Datangi Makam Keramat Cemare


Pelabuhan Lembar via lombokexploring.files.

Mau berwisata religi di Lombok? Kamu bisa datangi makam keramat Cemare. Makam ini berada di dekat Pelabuhan Lembar. Bentuknya seperti daratan yang menjorok ke laut. Di tempat inilah terdapat makam tersebut. Makam Cemere diyakini oleh penduduk sebagai tempat peristirahatan seorang tokoh agama di Lombok pada masa lampau.

Jangan heran jika Makam Cemare sering ramai, karena makam ini merupakan makam yang sering didatangi para peziarah khususnya pada hari besar keagaamaan Islam. Lokasinya yang dekat dengan Pelabuhan Lembar, memudahkan akses menuju objek wisata religi ini. Apalagi pemerintah juga sedang memperbaiki dan meningkatkan sarana-prasarana menuju objek wisata religi Makam Keramat Cemare.

Istimewanya di Makam Kemaramat Cemare, kamu bukan hanya bisa berdoa di Makam Cemare, tetapi kamu juga bisa menikmati pemandangan yang indah. Kamu bisa melihat pelabuhan lembar dan aktifitasnya. Kamu bisa melihat deburan ombak dan batas laut yang indah, burung-burung laut, langit yang biru, dan aroma air asin. Tentu suasana alam ini akan membuat suasana menjadi khuyuk.

Untuk sampai di Makam Keramat Cemare, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi dari kota Mataram menuju Pelabuhan Lembar. Kira-kira 22 kilometer dari pusat Kota Mataram. Tenang saja, setiap 90 menit sekali kamu bisa mendapatkan kapal feri yang beroperasi hilir mmudik dari Pelabuhan Padang Bai Bali. Di perjalanan, kamu akan merasa semakin bersyukur kepada Allah karena keindahan ciptaannya. Bagaimana tidak, kamu akan melewati laut yang biru jernih dan gugusan-gugusan pulau-pulau yang cantik.

Selain Makam Keramat Cemare kamu juga bisa mendatang objek wisata religi lainnya yaitu makam Loang Balog, makam batu layar, dan lain-lainnya. Tempat-tempat tesebut diyakini masyarakat setempat sebagai makam pensiar agama Islam di Lombok.

Jadi, kalau kamu liburan ke Lombok tidak ada salahnya untuk berwisata religi di Makam Keramat Cemare.Jangan lupa juga membawa bunga dan perlengkapan berziarah yang lainnya. Selamat menentramkan diri di Makam Keramat Cemare, ya.

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top