Asem-Manis Rujak Buah Obel-obel Khas Pulau Lombok



Rujak. Dari katanya saja bisa membuat kamu langsung tergiur. Rasanya yang segar asam dan pedas pasti akan membuatmu mencari makanan ini apalagi ketika cuacana panas. Nah, di Lombok ada buah khas Lombok. Namanya buah obel-obel. Buah ini unik dan kamu mesti mencoba rujak obel-obel khas Lomboknya. Mantap deh!

Untuk membuat rujak obel-obel digunakan buah obel-obel muda. Buah obel-obel muda tidak bisa dipelodeh tetapi harus dirujak. Rasanya tentu segar, unik, dan mantap. Buah obel-obel memang unik, karena buah ini bentuknya keras kalau tidak tahu cara makannya tidak akan enak.

Kamu pasti penasaran buah dengan buah obel-obel. Namanya saja lucu.Ketika kamu melihat bentuk buah obel-obel pasti kamu merasa buah ini bentuknya bulat mirip seperti buah anggur, warnanya juga cantik campuran dari warna ungu dan merah maron. ketika kamu mengigit buah obel-obel, kamu akan merasa sepat dan sama sekali tidak ada aroma buah.  Rasa sepat pada buah ini bukan karena salah buahnya tetapi karena cara kamu makan salah.

Buah obel-obel memiliki cara unik sebelum kamu makan, pertama kamu harus mengambil buah obel-obel dan menaruhnya di telapak tangan kemudian kamu gerakan  kedua telapak tanganmu seperti kamu sedang kedinginan.  Bahasa setempatnya disebut peloden atau diputer-puter sambil ditekan menggunakan tangan agar buahnya menjadi empuk.

Ketika kamu membuka telapak tangamu yang berisi buah tadi kamu akan terkejut, karena ajaibnya gesekan tanganmu buah obel-obel akan menjadi lebih lunak. Hal itu juga akan membuat aroma buah ketika kamu membuka kulit akan tercium harum. Dan kerennya ketika kamu mengigit dan mengunyah buah obel-obel akan terasa manis. Cara makannya unik bukan?

Kok bisa, ya? Penasaran kenapa rasa sepat bisa berubah jadi manis pada buah obel-obel ini? ini karena sebelum di ploden buah ini masih memiliki getah yang masih ada di dalam buahnya. Nah, setelah di peloden getah yang menjadikan buah tersebut keras pun akan larut dan membentuk semacam cairan yang nantinya menjadi buahnya manis.

Buah obel-obel khas Lombok ini bisa kamu temui di pasar-pasar tradisional. Misalnya, di Pasar tradisional Kopang. Kamu juga bisa mencari rujak obel-obel di pasar tradisional, ataupun membeli buah obel-obel muda dan membuat rujaknya sendiri di rumah. Bumbu rusak sama seperti rujak yang lain, yang membedakan adalah rasa khas buah obel-obelnya.


Bye Zahratul Wahdati

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top