Ada Pulau Pemilik Kutukan Kematian di Lombok, namaya Pulau Gunung Wayang

Pulau Gunung Wayang  via cdn1-a.production.liputan6.static6.

Pulau Lombok yang eksotis tenyata menyimpan beberapa tempat yang berbau mistis dan memiliki mitos yang menakutkan. Salah satunya adalah Pulau Gunung Wayang. Pulau ini tidak boleh dikunjungi secara sembarangan, karena memiliki kutukan. Kutukannya sangat mengerikan. Katanya, jika kamu mengunjugi Pulau Gunung Wayang dan berdiri di pasirnya kamu akan mati.

Bisa kamu tebak asal muasal namanya? Nama Pulau Gunung Wayang ini berasal dari bentuk pulau ini yang terlihat seperti segitiga.  Sehingga suku sasak, yang tak lain adalah masyarakat setempat memberi nama Gunung Wayang, karena bentuknya yang seperti gunungan ketika pentasan wayang kulit.

Mitos mengenai siapa yang mengunjungi Pulau Gunung Wayang Lombok akan meninggal sudah dipercaya sejak zaman bahela. Masyarakat percaya, Pulau Gunung Wayang Lombok memiliki kutukan kematian. Sehingga, pulau ini dikeramatkan, dan tidak boleh dikunjungi.

Mitos ini juga dipercaya oleh pengunjung. Namun jika kamu lihat dari kejauhan Pulau Gunung Wayang sangat cantik meskipun memiliki aura yang gelap mengenai kutukan kematian itu. Kamu masih boleh kok melihat Pulau Gunung Wayang dari jauh yaitu di Pantai Selong Belanak. Nah dari Pantai Selong Belanak ini kamu bisa melihat dengan jelas pulau keramat itu.  Kalaupun kamu penasaran, kamu jangan coba-coba untuk mengunjungi pulau itu. Mending cari aman saja, ya.

Bentuk segitiga pulau itu menjadikan Pulau Gunung Wayang unik dan semakin memperindah objek wisata Pantai Selong Belanak. Jika rasa penasaranmu tidak bisa dikontrol, dan ingin melihat dan mengunjungi Pulau Gunung Wayang Lombok ada satu cara yang bisa kamu tempuh. Yaitu kamu harus meminta izin kepada pemangku adat Suku Sasak. Namanya dalah Amaq Salmah.Setelah itu, pemangku adat tersebut akan membuat semacam ritual khusus terlebih dahulu sebagai upaya meminta izin para penunggu pulau tersebut sebelum akhirnya mengantarkan kamu menuju Pulau Gunung Wayang Lombok.

Sebagai pengunjung yang baik, lebih baik kamu mematuhi peraturan-peraturan di objek wisata yang kamu kunjungi, termasuk di Pulau Gunung Wayang. Hal ini agar kamu aman dan liburanmu menjadi sempurna. Meskipun Pulau Gunung Wayang menyimpan mitos yang mengerikan, tetapi berfoto dengan latar belakang pulau itu menjadi salah satu favorit para pengunjung yang tidak boleh dilewatkan. 

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top