Coba dan Rasakan Jajanan Tradisional Khas Lombok Cerorot dan Tombek


Kalau kamu suka mengemil dan sedang jalan-jalan di Lombok, kamu perlu mencoba jajanan unik khas Lombok yang satu ini. Namanya Cerorot. Nama lain makanan ini kue mata bor, unik, ya? Ini karena bentuknya mirip mata bor.
Makanan yang bentuknya unik ini biasa dijumpai dan disunguhkan ketika kamu menghadiri acara pernikahan maupun syukuran, dan acara-acara adat yang lain di Lombok. Kamu yang suka ngemil, pasti suka dengan cerorot yang memiliki rasa manis. Cara memakannya pun unik. Kamu tidak usah membuka bungkus yang terbuat dari daun kelapa, akan tetapi kamu kamu cukup menggelindingkan cerorot di kedua telapak tanganmu.
Selain cerocot, kamu juga bisa mencoba jajanan khas Lombok yang lain yaitu tombek. Nama jajannya unik-unik, ya! Seperti cerorot, jajanan tombek juga memiliki rasa yang unik dan manis. Tombek ini memiliki bahan dasar yaitu tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah yang membuatnya memiliki perpaduan manis dari gula dan gurih dari parutan kelapa.
Kedua jajanan khas Lombok yang unik ini, meskipun sama rasanya manis, tetapi memiliki beberapa perbedaan. Dari mulai cara memakannya. Kalau cerorot sebelum memakannya kamu harus mengguling-ngulingkan di telapak tangan, sedangkan tombek cara makannya yaitu dengan membuka lipatan daun enau yang membungkusnya.
Perbedaan yang lain yaitu kamu akan lebih sering menemukan cerorot dibandingkan tombek. Karena jajanan cerorot ini lebih sering dihidangkan di acara-acara perayaan yang ceria, berbeda dengan tombek yang lebih sering dibuat oleh mayarakat Lombok untuk acara peletakan batu nisan.
Tombek memang memiliki aroma horor, tetapi sebenarnya tombek dalam acara peletakan batu nisan dimaksud atau bertujuan untuk memanjakan dan bentuk ungkapan terimakasih bagi kamu yang mau perziarah dan datang ketika peletakan batu nisan tersebut. Menghadiri acara peletakan batu nisan ini, kamu juga mendapati jajanan-jajanan lain sebagai pelengkap yaitu cerorot, wajik, banget, dan lain-lain. Jajanan tersebut hukumnya sunah. Sedangkan untuk tombek sepertinya harus atau lebih sering ada di acara tersebut.
Jajanan-jajanan khas Lombok seperti cerorot dan tombek ini mesti kamu coba dan mesti kamu mengambadikan momenmu ketika memakan jajanan unik ini. Selain di acara-acara tersebut, tenang kamu bisa menemui jajanan-jajanan khas Lombok di Jalan Ahmad Yani Perigi Gerung Selatan Gerung Lombok Barat NTB. Di tempat ini kamu juga bisa belajar cara pembuatannya, lho!

By Zahratul Wahdati

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top