5 Alasan Liburan Akhir Tahun di Lombok

WISATADILOMBOK.com - Saat Bali penuh kemana kalian akan pergi? Jawabannya tentu saja Lombok. Ya, tujuan wisata halal ini kini menjadi destinasi terbaik dunia dalam penghargaan World Travel Halal Award 2015. Lombok yang hanya dipisahkan oleh sebuah selat ini seperti saudara bagi Bali. Lombok sudah memiliki bandara Internasional Praya. Bahkan harga tiket pesawat ke Bali dan Lombok hampir sama. Jadi, kenapa tidak pilih Lombok untuk tujuan wisata liburan akhir tahun ini

Lombok sangat terbuka bagi beberapa jenis traveler. Tergantung bagaimana kamu memilih. Apakah kamu mencari hotel murah , hotel mahal atau bahkan kamu menjadi seorang backpacker yang tidak perlu menginap di hotel melainkan di pemukiman penduduk, berbaur dengan masyarakat, tidak masalah. Untuk mendirikan tenda sekalipun tidak ada yang melarang di Lombok asalkan kamu bisa menjaga adat dan menjunjung budaya yang sudah ada di Lombok.
Wisata ke Gili Trawangan Lombok
Gili Trawangan Lombok (c) www.jackysan.me
Berikut tim Reservasi.com berikan alasannya kenapa kalian harus memilih Lombok sebagai destinasi menyenangkan pada akhir tahun

1. Pantai Idaman

Pulau idaman rasanya sangat sulit di akses. Tidak begitu dengan pantai idaman di Lombok. Sebut saja Tanjung Aan di bagian selatan Lombok. Pesona keindahan pantai Lombok melebihi keindahan pantai Bali. Kesan pertama, keindahan pantai Tanjung Aan seperti melihat Bali yang masih perawan. Benar, keindahan asli Bali tercermin dari keindahaan pantai-pantai di Lombok, salah satunya Tanjung Aan. Jika belum yakin bahwa Lombok memilki pantai yang masih perawan, kalian bisa membandingkannya dengan Gili Meno di Gili Trawangan yang harus ditempuh dengan menyebrangi lautan. Semakin kalian menunda berkunjung ke Lombok, maka pesona asli keindahan pantainya akan semakin memudar, karena kalian kalah langkah dengan backpacker lainnya yang sudah menjadikan Lombok sebagai tujuan wisata utama mereka tahun ini.

2. Perbedaan Budaya yang Menarik

Indonesia terdiri dari beragam bahasa dan budaya. Salah satu suku yang berada di Lombok adalah suku Sasak. Suku yang memeluk agama Islam ini memiliki tradisi yang masih dipegang kuat anak cucunya hingga sekarang ini. Maka, akan sangat disayangkan jika kalian tidak berkunjung ke desa Sasak. Selain kalian bisa mengenal salah satu suku di Indonesia kalian juga bisa melihat proses kerajinan tangan suku sasak termasuk kain tenunnya. Mereka juga memiliki rumah adat yang khas. Belum lagi tarian tradisionalnya yang selalu mengharumkan nama Indonesia seperti halnya tari Kecak dan tari Saman yang sudah mendunia.

Lombok juga dikenal dengan julukan negeri seribu masjid. Kalian akan dengan mudah menemukan banyak masjid di Lombok. Bagi umat Islam, tidak akan kesulitan untuk melaksanakan ibadah lima waktu. Selama kalian berada di Lombok, masih ada beberapa kesan yang kalian dapatkan tentang Bali di Lombok. Karena letaknya yang bersebelahan.

3. Kuliner Nikmat dan Murah

Setiap daerah pasti memilki kuliner khasnya yang nikmat. Begitu juga Lombok yang memiliki beragam masakan yang harus kalian coba bahkan bisa kalian jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga dirumah. Banyak kulier siap saji yang begitu sayang untuk dilewatkan, salah satu yang populer adalah Plecing Kangkung, Ayam Taliwang, Babalung, Beberuk Terong dan lain sebagainya. Kuliner yang ada di Lombok pun banyak yang tidak berbeda dengan kuliner di Sumbawa atau Bali. Serupa dan bisa saja mirip tetapi memiliki kekhasan tersendiri. Selain itu sambal Lombok benar-benar memberikan citarasa pedas yang tidak terlupakan. Bagi wisatawan asing, nasi goreng tetaplah sebagai kuliner yang wajib di coba setiap kali berkunjung ke Indonesia.

4. Aktifitas Menarik

Karena dikelilingi oleh pantai-pantai yang Indah, destinasi yang harus dicoba di Lombok adalah snorkeling. Jika kalian memiliki budget lebih, jangan ragu untuk mencoba scuba diving. Namun, jika pertama kali mencoba kalian harus melewati serangkaian training. Memang harganya tak murah, namun sangat sepadan dengan apa yang akan kalian lihat di bawah permukaan laut Lombok yang sangat indah. Hitung-hitung pemanasan sebelum melihat keindahan pesona bawah laut Raja Ampat yang memiliki 70 % spesies laut diseluruh dunia.

5. Menaklukkan Rinjani

Tidak ada alasan lain bagi para mout climber selain menaklukkan gunung tertinggi kedua di Indonesia, gunung Rinjani. Pesona Rinjani begitu sulit untuk dikesampingkan begitu saja. Sekali mendaki pastilah terus didaki hingga puncak tertinggi. Namun, bukan tujuan tertinggi yang paling utama, keselamatan diri lebih berharga daripada sekdar memaksakan diri tanpa persiapan mendaki Rinjani. (reservasi.com)

Sumber : Liputan6

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top