Pemasangan 2.292 Payung Merah Putih di Gili Trawangan Lombok Masuk Rekor Dunia

WISATADILOMBOK.com - Pemasangan 2.292 payung warna merah dan putih yang berada pada 382 baris (line) – masing masing berisi enam payung – di sepanjang jalan pantai Gili Trawangan sejauh 1,5 kilometer menjelang peringatan Kemerdekaan R I 17 Agustus 2015 lalu hingga hari ini memperoleh penghargaan rekor duni dari Museum Rekor Indonesia (MURI), 30 September 2015 siang. 

Penganugerahan tersebut dilakukan oleh Wakil Direktur MURI Osmar Semesta Susilo disaksikan 10 istri Menteri Kabinet Joko Widodo yang dipimpin Erni Guntarti - istri Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo selaku ketua Tim Penggerak PKK Pusat yang sedang berkunjung ke Nusa Tenggara Barat (NTB).

Osmar Semesta Susilo mengatakan penghargaan MURI ke 7.103 tersebut adalah karena pertama kali dilakukan pemasangan payung warna warni merah putih tersebut. Ini unik karena dilakukan untuk merayakan Kemerdekaan di pulau wisata yang banyak wisatawannya. ‘’Kami apresiasi sekali walaupun pengusaha pariwisata tetapi masih peduli bangsa ini,’’ katanya.

Payung Merah Putih di sepanjang jalan gili Trawangan (c) beritadaerah.co.id
View Udara payung merah putih di Gili Trawangan (c) youtube.com
Penyerahan piagam MURI diberikan kepada penggagas kegiatan Acok Zani Baso, pelaksana Safril, pendamping Malik yang kesemuanya pengusaha di kawasan Gili Trawangan bersama pendukung kegiatan Kepala Desa Gili Indah Taufik. Mereka bergotong royong dari pengusaha hingga setiap kepala keluarga penduduk membiayai pengadaan 2.292 payung yang setiap bijinya seharga Rp 40 ribu atau keseluruhannya termasuk biaya pengiriman sekitar Rp 100 juta.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal memuji kawasan wisata Gili Trawangan yang tanpa dipromosikan secara besar-besaran tetapi mampu mendatangkan wisatawan. Di sana kunjungan wisatawan mancanegara sangat menonjol sehingga tidak heran kalau ada nada sumbang warganya kurang nasionalis. ‘’Selama ini warga di sana dianggap kurang merah putih,’’ ujarnya.

Ketua Tim Penggerak PKK NTB Erica Zainul Majdi – istri Gubernur NTB, menyebutkan pemasangan payung warna merah putih ini sebagai inisiatif kreatif melakukan ekspose sehingga diharapkan dapat meningkatkan kunjungan ke NTB sesuai target 2 juta wisatawan. ‘’Pasti jika kunjungan wisatawan meningkat, perekonomia masyarakat juga meningkat,’’ ucapnya.

Ia juga menyebut adanya tantangan dari Ketua Tim Penggerak PKK Pusat Erni Guntarti Tjahjo Kumolo meminta dijaganya kebersihan, kesehatan, keamanan, kenyamanan, keramahan dan orisinalitasnya serta mewujudkan cagar budaya asli NTB. ‘’Jaga budaya sopan santun dan sebaliknya juga wisatawan menghormati tata cara budaya kita,’’ kata Erni Guntarti Tjahjo Kumolo. 

Gili Trawangan adalah pulau wisata ternama di NTB yang menurut Kepala Desa Gili Indah Taufik dikunjungi lebih 500 ribu wisatawan. Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah Kabupaten Lombok Utara Achmad Rifai, terjadi pertambahan angka kunjungan wisatawan sebesar 24 persen.(sk)



Sumber : Lombok News

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top