Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2015

WISATADILOMBOK.com - Saat Anda berwisata ke Lombok bulan Agustus maka catat ada kalender pariwisata menarik untuk dilihat, yaitu Bulan Budaya Lombok-Sumbawa 2015. Acaranya akan dihelat pada 18 Agustus 2015 dengan mengambil tempat di Kompleks Islamic Center, sebuah kawasan yang akan menjadi ikon baru pariwisata syariah di NTB. 

Lokasi lain yang akan dijadikan arena kegiatan adalah Pasar Seni dan Pantai Senggigi untuk acara penutupan BLS dan pembukaan Festival Senggigi, kota tua Ampenan sebagai lokasi atraksi parade budaya lintas etnis dari 12 etnis di Indonesia, serta Taman Mayura dan Jalan Tenun untuk lokasi pameran kerajinan tenun tradisional dan industri kerajinan batu akik.

Event Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2015
Banner Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2015
Ada 24 kegiatan seni budaya dan ekonomi kreatif yang dijadwalkan diselenggarakan melibatkan 10 kota dan kabupaten se NTB. Disbudpar NTB sudah menyiapkan lima lokasi kegiatan mulai dari halaman Kantor Gubernur NTB untuk pentas lintas negara yang melibatkan 10 negara jiran Qatar, Kuwait, Jepang, Brunei Darusalam, Cina, Mongolia, Inggris, Jerman, Italia, Amerika Serikat. 

Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2015 melibatkan ribuan orang, termasuk pelaku dan industri wisata, juga peserta dari sepuluh negara, yaitu: Korea Selatan, Jepang, Tiongkok, Italia, Amerika Serikat, India, dan negara-negara di ASEAN. BCB  sendiri dilaksanakan dalam rangka meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke NTB yang ditargetkan 2 juta wisatawan pada 2015.

Acaranya nantinya dimulai dengan pelaksanaan Mataram Carnival. Panitia akan menampilkan pentas seni lintas etnis lainnya seperti suku Banjar, Tionghoa, Arab, Bugis, Jawa, dan Maluku. Selain itu, kerajinan khas NTB juga turut diperkenalkan seperti kerajinan Bumi Gora, yaitu berupa perak, mutiara, ketak, gerabah, anyam-anyaman, cukli, dan cenderamata lainnya.

Akan ada pula permainan rakyat dalam festival ini berupa gasing, barapan ayam, selodor, peresean, workshop dan pentas tradisi LISAN, serta pentas wayang Poteh ISI Yogyakarta.

Acara pendukung lainnya juga akan hadir seperti International Conference on Tropical Tourism Outlook, Konferensi Pariwisata Syariah, Internasional Green Island Forum (IGIF), dan pertemuan ahli arsitektur lansekap tingkat Asia Pasifik.

Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat selaku panitia akan mengusung tema tenun NTB dalam penyelenggaraan bulan citra budaya Lombok Sumbawa tahun ini. Tenun sudah menjadi ciri khas NTB. Bahkan, ketika masa jayanya dulu sangat diminati karena corak dan kualitasnya tetapi seiring waktu tenun NTB meredup. Nah, kali ini waktunya diperkenalkan kembali. Selain memproduksi kerajinan berupa kain tenun, di NTB terdapat produk lain yakni songket yang terbuat dari benang perak dan benang emas. Ada kain sasambo yaitu motifnya dari tiga etnis di NTB yakni Sasak, Samawa dan Mbojo yang merupakan gabungan motif dari kepulauan Lombok dan Sumbawa

Untuk informasi dan keterangan jadwal kegiatan (unduh) silakan klik disini !
 
Narasi : Indonesia Travel

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top