Tips dan Rute Backpacker ke Lombok dari Jakarta

Info Paket Wisata di Lombok

Info Paket Wisata di Lombok

Tips dan Rute Backpacker ke Lombok dari Jakarta

Backpacker ke LombokPulau Lombok adalah salah satu tujuan Liburan favorite setelah Bali. Pulau ini sudah memikat hati banyak orang, termasuk traveller lokal yang suka backpacker-an alias melakukan perjalanan sendiri tanpa Travel Agent. Banyaknya variant aktifitas travelling yang bisa dilakukan disini menjadi salah satu alasan utama para backpacker untuk berlomba-lomba mengunjungi Lombok. Apalagi beberapa waktu yang lalu Lombok masuk ke urutan nomor 5 pulau favorite versi traveller di Tripadvisor (Baca : Lagi Lagi, Lombok masuk urutan No. 5 Pulau Tervaforite se-Asia)

Beberapa aktifitas air seperti kayaking, snorkeling, fun diving, glass bottom atau banana boat bisa menjadi aktifitas menarik ketika berada di Lombok. Selain itu, para pecinta alam juga bisa mencoba menjajaki keindahan Gunung Rinjani yang merupakan gunung tertinggi nomor urut 2 di Indonesia ini. Objek wisata Lombok khususnya Gili Trawangan memang selalu bikin traveller tidak pernah kehabisan ide untuk mencoba beragam aktifitas, bahkan di malam hari pun anda bisa ikut menikmati party di beberapa bar dan restaurant yang ada disana. 
tips dan rute Backpacker ke Lombok dari Jakarta
Ilustrasi Backpacker (c) flickr.com
Berlibur ke Lombok bisa dilaksanakan oleh siapa saja, bahkan dengan budget yang sangat minim sekalipun. Anda bisa memilih liburan ke Lombok ala backpacker. Biasanya budget yang paling menguras dompet ketika liburan adalah hotel, transport, makan atau juga aktifitas wisatanya. Nah, melalui artikel ini, kami akan coba share Tips Backpacker ke Lombok untuk meminimalisasi pembengkakan budget tersebut.

Jika anda adalah seorang backpacker dari Jakarta, tips terbaik adalah menggunakan kereta. Bisa saja anda menggunakan pesawat jika memang memiliki budget lebih, namun tentunya harus selalu memantau berita seputar info tiket promo. Beberapa pesawat yang melayani rute Lombok antara lain Citylink, Garuda dan juga Lion Air. 
Jika anda tidak mendapatkan tiket promo, alternatif terbaik adalah dengan menggunakan kereta api dengan detail sebagai berikut :

RUTE BACKPACKER KE LOMBOK DARI JAKARTA :

  1. Naik Kereta Api dari Pasar Senen Jakarta menuju rute Gubeng-Surabaya dengan kisaran harga promo tiket Ekonomi DIR 65.000 saja. 
  2. Setelah itu, melanjutkan perjalanan dengan kereta menuju Stasiun Kereta Banyuwangi. Harga tiket berkisar antara IDR 40.000 s/d IDR 50.000  (sebelum naik kemarin)
  3. Dari Stasiun Banyuwangi, jalan kaki menuju Pelabuhan Ketapang sekitar 15 menit perjalanan
  4. Dari Pelabuhan Ketapang, gunakan kapal Ferry menuju Pelabuhan Gilimanuk di Bali. Harga tikel Ferry berkisar antara IDR 10.000 s/d IDR 35.000 dengan jarak tempuh sekitar 30 menit.
  5. Dari Pelabuhan Gilimanuk di Bali, anda bisa melanjutkan perjalanan dengan BUS menuju pelabuhan Padang Bai. BUS dari Gilimanuk menuju Padang Bai beroperasi dari jam 02.30 dinihari dengan harga tiket sekitar IDR 50.000
  6. Dari Padang Bai, lanjut lagi menuju Pelabuhan Lembar di Lombok menggunakan Ferry dengan tiket IDR 55.000 per orang. Ferry dari Pelabuhan Padang Bai menuju Pelabuhan Lombok setiap 30 menit dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan di atas laut. Selama perjalanan dari Padang Bai menuju Pelabuhan Lembar anda akan menyaksikan pemandangan laut dengan gunung gunung kecil dan teluk yang indah, sedikit mirip dengan view Gili Laba di Komodo NTT.
  7. Setiba-nya anda di Pelabuhan Lembar Lombok, lanjutkan perjalanan menuju Kota Mataram dengan shutle transport atau publik transport. Biaya sekitar IDR 35.000 per orang tergantung transport yang anda gunakan.
  8. Di Kota Mataram, anda bisa mencari penginapan kelas melati atau standard hostel dengan kisaran harga IDR 250.000 s/d 350.000 permalam. Jika ingin murah, carilah di sekitaran Cakranegara. Beberapa hotel rekomendasi kami yang masih tergolong murah meriah di Mataram adalah : 
INFO TAMBAHAN UNTUK BACKPACKER KE LOMBOK :

Jika ingin langsung dekat dengan tujuan wisata yang ingin anda kunjungi, sebaiknya memilih penginapan di sekitaran Central Pariwisata Senggigi atau di Gili Trawangan. Beberapa diantaranya yang menjadi rekomendasi kami adalah :
  1. Ellen Hotel | Kisaran Harga : Rp. 215.000 | Link
  2. Pondok Siti Hawa | Kisaran Harga : Rp. 200.000 | Link
  3. Sendok Hotel | Kisaran Harga : Rp. 392.000 | Link
  4. Hotel Bumi Aditya | Kisaran Harga : Rp. 227.000 | Link
  5. Indah Homestay | Kisaran Harga : Rp. 150.000 | Link
  6. Sonya Homestay | Kisaran Harga : Rp. 150.000  | Link
  7. Sunset House Lombok | Kisaran Harga : Rp. 650.000 | Link
  8. Graha Senggigi Beach Hotel | Kisaran Harga : Rp. 404.000 | Link
  9. Raja’s Bungalow | Kisaran Harga : Rp. 230.000 | Link
  10. Baleku Hotel | Kisaran Harga : Rp. 125.000 | Link
  11. Transit Hotel Lombok | Kisaran Harga : Rp. 310.000 | Link
  12. Puri Saron Hotel Senggigi | Kisaran Harga : Rp. 469.000 | Link
  13. Pasific Beach Cottages | Kisaran Harga : Rp. 315.000 | Link
  14. Ressa Homestay | Kisaran Harga : Rp. 115.000 | Link
  15. d’Oria Boutique Resort Lombok | Kisaran Harga : Rp. 415.000 | Link
  16. Pondok Shinta Homestay | Kisaran Harga : Rp. 125.000 | Link
  17. Central Inn Senggigi | Kisaran Harga : Rp. 315.000 | Link
  18. La Casa Homestay | Kisaran Harga : Rp. 100.000 | Link
Selain hotel hotel di Senggigi tersebut, anda juga bisa memilih penginapan di Gili Trawangan dengan berbagai tipe penginapan yang tersedia, mulai dari kelas melati dan standard hostel, atau resort resort dengan bintang 2 atau 3 yang masih promo di Agoda.  Dalam memilih type penginapan, anda sebaiknya mempertimbangkan rute wisata dan jarak tempuh dari penginapan agar liburan anda lebih efektif dan tentunya bisa menghemat budget untuk transportasinya. 
backpacker ke Gili Trawangan
Pearl Beach Bar Gili Trawangan (c) lesunshine.com.au
backpacker ke Gili Trawangan
Suasana Gili Trawangan (c) www.daysontheroad.be
Sebagai saran, jika tujuan utama anda adalah liburan ke Gili Trawangan, sebaiknya malam pertama menginap di kawasan central pariwisata Senggigi jika tiba di Lombok-nya agak sore. Namun jika anda tiba di Lombok di pagi hari atau siang hari bisa langsung menuju Gili Trawangan dengan rute sebagai berikut : Pelabuhan Lembar - Mataram - Senggigi - Pelabuhan Bangsal - Penyeberangan ke Gili Trawangan. Atau jika ingin cepat, hubungi salah satu jasa travel di Mataram yang biasanya menyediakan jasa antar jemput dari Lembar ke Mataram atau sebaliknya.
Kisaran biaya untuk rute tersebut adalah sebagai berikut :
  • Pelabuhan Lembar ke Mataram :
    Menggunakan Publik Transport/Shutle Bus : Publik Transport di Pelabuhan Lembar biasanya melayani rute Terminal Mandalika di Sweta. Dari Sweta anda bisa mencari publik transportasi dengan rute Senggigi atau menunggu Damri. Kisaran harga publik transport menuju Terminal Mandalika adalah Rp. 35.000
    Menggunakan Ojek : Jika mencari jasa Ojek di Pelabuhan Lembar, sebaiknya anda mencari jasa ojek yang berseragam yang merupakan jasa ojek resmi di Pelabuhan Lembar. Sebelum naik ojek, sebaiknya negosiasi harga dulu di awal biar nyaman. Untuk tarif Lembar ke Mataram biasanya berkisar antara Rp. 20.000 sampai Rp. 45.000 tergantung penawaran anda. Menggunakan Taxi : Argo dari pelabuhan Lembar menuju kota mataram berkisar antara Rp. 100.000 sd Rp. 150.000 tergantung rute.
    Menggunakan Jasa Travel : Beberapa Jasa Travel di Lombok khususnya di Mataram dan Senggigi mematok tarif sekitar Rp. 200.000 dari Pelabuhan Lembar menuju Mataram atau Senggigi, tergantung negosiasi, menggunakan private transport.
  • Mataram ke Senggigi :
    Dari Kota Mataram menuju Senggigi anda bisa menggunakan jasa Ojek atau publik Transport dengan rute Mataram ke Ampenan atau ke Kebon Roek menggunakan Bemo Kota berwarna kuning dengan kisaran budget maksimal Rp. 10.000 dan melanjutkan perjalanan dari Ampenan/Kebon Roek menuju Senggigi menggunakan Publik Transport dengan budget Rp. 5000 per orang.
  • Senggigi ke Pelabuhan Bangsal :
    Publik Transport dari Senggigi ke Pelabuhan bangsal jarang ditemui. Alternatif lain adalah menggunakan taxy atau jasa Travel di Senggigi dengan kisaran budget maksimal Rp. 200.000
    atau menggunakan ojek dengan budget sekitar Rp. 50.000
  • Penyeberangan ke Gili Trawangan
    Penyeberangan ke Gili Trawangan dilayani hampir setiap jam, menggunakan publik boat (perahu kayu) berkapasitas 20 orang dengan harga tiket Rp. 15.000 per orang. Sayangnya untuk publik boat, anda harus menunggu tiket tercapai sampai 20 atau 20 dulu baru boat nya berangkat.
Nah, jika sudah sampai di Gili Trawangan, anda tinggal memilih tempat menginap yang sesuai budget anda. Jika memilih di pinggiran pantai, beberapa alternatif penginapan yang murah bisa anda cari di link ini. Jika ingin yang lebih murah lagi, carilah informasi tentang standard hostel yang berlokasi agak di dalam pulau dengan kisaran harganya antara Rp. 200.000 s/d Rp. 300.000, tergantung type dan fasilitas yang di sediakan oleh penginapan terkait.

Beberapa aktifitas menarik yang bisa anda lakukan di Gili Trawangan seperti mengelilingi pulau dengan sepeda atau Cidomo (Andong). Jika menggunakan sepeda, anda hanya butuh budget sekitar Rp. 25.000 atau Rp. 75.000 untuk seharian. Jika menggunakan Cidomo, anda harus merogoh kantong Rp. 150.000 per sekali jalan dengan maksimal penumpang 3 orang.

Bagi anda yang suka snorkeling, tinggal mencari tempat penyewaan alat snorkeling di pinggiran pantai atau di beberapa restoran lokal dengan kisaran harga sewa Rp. 25.000 per alat. Mau yang lebih menarik? anda bisa mencoba mengambil paket snorkeling ke tiga pulau (Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air) dengan budget Rp. 100.000 per orang menggunakan publik glass bottom boat yang beroperasi 1x sehari yakni jam 09.00 pagi. Anda akan dibawa snorkeling ke spot spot yang indah dengan jutaan ikan yang jinak. Menyenangkan bukan??

Oya,  jangan lupa untuk mencoba dahsyatnya kuliner khas Lombok yakni Ayam Taliwang yang biasanya dipadukan dengan pelecing kangkung yang pedas. Kedua menu kuliner ini akan memanjakan lidah anda dan akan membuat anda ketagihan. Selain Ayam Taliwang, anda juga bisa mencoba beberok Terong, Bebalung, Sate Bulayak, Nasi Balap Puyung dan kuliner kuliner khas Lombok lainnya. Beberapa jenis makanan tersebut bisa anda temukan di pasar malam Gili Trawangan dan juga di Kota Mataram dan sekitarnya.

Selain Gili Trawangan, anda juga perlu melirik destinasi lain yang ada di Lombok, yakni Pantai Tanjung Bloam, Pantai Semeti, Gili Kondo di Lombok Timur, Pink Beach di Lombok Timur, Teluk Mekaki & Pantai Sekotong, Air Terjun Asin, Air Terjun Tiu Teja, Air Terjun Tiu Kelep, Pantai Kuta & Tanjung Aan, Air Terjun Sendang Gila, Taman Air Narmada, dan lainnya di menu destinasi wisata

Untuk mengexplore beberapa destinasi wisata Lombok ini anda sebaiknya menyewa sepeda motor di sekitaran Senggigi agar lebih menghemat budget anda. Hal ini disebabkan beberapa rute destinasi tersebut tidak dilewati angkutan umum. Jika takut kesasar, manfaatkan GPS dan maps di HP android anda sebagai penunjuk jalan atau silahkan bergabung dengan komunitas kami di Facebook dan bertanyalah disana.

Semoga Tips dan Rute Backpacker ke Lombok dari Jakarta kali ini bisa memberikan gambaran aktifitas dan detail perjalanan anda selama di Lombok. Selamat mencoba yaa.
Salam Backpacker :D

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top