Air Terjun Asin Tanjung Jagog, Fenomena Unik Pantai Nambung di Lombok

Wisata di Lombok - Di Pesisir Pantai Nambung, Dusun Pengantap Desa Buwun mas Kecamatan Sekotong - Lombok Barat terdapat fenomena alam yang sangat unik. Pantai Nambung yang dijuluki "Tanjung Jagog" ini dipenuhi batuan karang yang besar bak Green Canyon di luar negeri sana. Deretan batuan karang yang tinggi tersebut ketika disapu oleh ombak besar yang datang dari sisi timur selatan akan membentuk sebuah panorama alam yang keren. Hantaman ombak yang datang ke batu karangnya akan terlihat seperti sebuah Air Terjun.

Pantai Nambung terletak di bagian selatan Pulau Lombok, berbatasan dengan Samudera Hindia yang berombak besar dan bergulung gulung. Ini kemudian menyebabkan beberapa titik di lokasi perbatasan samudera tersebut lebih menjadi prioritas tempat surfing atau berselancar, kurang aman untuk berenang atau bersnorkeling dengan keluarga dan anak anak.

Air terjun asin di Tanjung Jagog, Pantai Nambung Lombok
Air Terjun Asing di Tanjung Jagog, Pantai Nambung Lombok (c) Nandy Photography
Akan tetapi, dengan isi lautnya yang lebih banyak dihuni oleh ikan ikan berukuran besar dan monster, lokasi perairan yang berupa teluk di bagian ini juga sering kali menjadi tujuan memancing dan menangkap ikan para nelayan nelayan luar Lombok.

Pantai Nambung dengan Air Terjun Asin nya di Tanjung Jagog kini menjadi salah satu destinasi wisata Lombok yang mulai dilirik para pelancong asing maupun lokal. Sebuah hempasan ombak besar yang diikuti dengan turunnya air laut di tebing bebatuan dan karang setinggi 10 meter, menghadirkan view air terjun yang menakjubkan, aliran Air Terjun Asin ini hampir mirip dengan view air terjun Benang Stokel atau Benang Kelambu di Wilayah Lombok Tengah sana.

Keindahan Air Terjun Tanjung Jagog ini seringkali menggoda hati para pengunjungnya untuk mengabadikan moment-moment indah itu, namun saran saya jangan sekali sekali mencoba untuk memanjakan diri di bawah aliran air terjun tersebut hanya demi sebuah dokumentasi keren atau sekedar uji nyali, karena beberapa waktu yang lalu seorang pengunjung remaja yang mencoba uji nyali dibawah aliran air terjun ini mengalami cidera patah tulang punggung karena dihempas oleh terjangan air terjun ke bebatuan.

Pemandangan pesisir pantai berpasir putih seperti merica juga bisa anda temui ditempat ini, karena pantai Nambung ini masih segaris dengan wilayah Pantai Kute, Pantai Mawun ataupun Pantai Selong Belanak di Lombok Tengah sana. Selain lautan yang membiru dengan pemandangan gunung gunung indah di pinggirnya, Pantai Nambung juga masih dikategorikan destinasi wisata yang baru di Lombok, kenyamanan yang terkesan alami, keramahtamahan penduduk setempat, ataupun fasilitas fasilitas umum yang agak susah anda temui ditempat ini, bahkan untuk sekedar parkirpun anda harus menitipkan kendaraan di rumah rumah penduduk sekitarnya.

Untuk menuju ke Air Terjun Pantai Nambung, sebaiknya anda memakai kendaraan pribadi atau menggunakan jasa transportasi charter di sekitar wilayah Gerung. Jika starting point adalah Kota Mataram, anda membutuhkan waktu kurang lebih 2.5 Jam untuk mencapai Pantai Nambung, rutenya dari Mataram kemudian menuju Gerung dan terus ke arah Pelabuhan Lembar. Di pertigaan Segenter (Lembar) anda belok kiri menuju rute wilayah Sekotong. Jika sampai di Sekotong Tengah (ditandai dengan kantor polisi Sektor Sekotong sebelum pertigaan), setibanya di pertigaan Sekotong belok kiri saja, anda akan melalui jalur Teluk Sepi sekitar 8Km dengan akses jalan yang sudah beraspal bagus. 
Setelah melewati tanjakan dan turunan sepanjang 2Km ke arah Teluk Sepi, lurus saja di pertigaan Pasar Buwun Mas sejauh 4km ke arah timur. Sepanjang 1km sebelum mencapai Pantai Nambung anda akan disuguhkan dengan view pantai yang indah di sisi kanan jalan dengan beberapa gili di tengahnya. 

Sepanjang perjalanan dari Teluk Sepi ke Pantai Nambung memang terkesan sedikit sepi, namun tidak perlu khawatir, daerah ini cukup aman walaupun menyisiri tepian bebukitan dan sisi pantai yang dipenuhi pepohonan sejenis Mangrove. Sesampainya di sebuah tikungan dengan view bukit dan menanjak, anda akan melihat sebuah papan nama sederhana bertuliskan Pantai Nambung yang dibuat oleh warga. Mampir saja di rumah rumah penduduk dan tanyakan lokasi Tanjung Jagog, anda bisa memarkirkan kendaraan anda di rumah rumah penduduk atau di tempat parkir umum yang sudah di sediakan. 

Pantai Nambung di Sekotong
Pemandangan Sekitar Pantai Nambung (c) caderabdul.wordpress.com
Dari area rumah penduduk, anda harus berjalan kaki sejauh 500 meter menyisir pasir putih dan bebatuan pinggir pantai untuk menyaksikan fenomena alam yang cantik ini. Berhati-hatilah melewati bebatuannya, karena selain licin bebatuan ini juga sedikit tajam. Jika kurang yakin untuk berjalan sendiri, cari saja sebuah gubuk sederhana terdekat dengan air terjun tersebut, seorang nelayan tua bernama Pak Tahir akan senang sekali membantu anda menuju lokasi air Terjun asin Tanjung Jagog.

VIDEO AIR TERJUN TANJUNG JAGOG DI PANTAI NAMBUNG


Untuk mendapatkan view air terjun yang dahsyat, saran saya datanglah di kisaran jam 10.00 pagi sampai jam 03.00 sore, karena saat air laut surut maka volume ombak yang datang dan membentuk aliran air terjun akan kurang besar atau bahkan tidak ada sama sekali. Untuk pilihan akomodasi atau hotel di sekitar tempat ini belum ada, namun anda bisa memilih beberapa hotel terbaik yang ada di wilayah Sekotong Barat diantaranya adalah Cocotinus Sekotong, Krisna Bungalows, Villa Yukie dan lainnya. Klik disini untuk lebih detail.

Artikel Wisata Lombok Lainnya :

Scroll to top